Hasil desain arsitektur Jorge Garibay Arquitectos dengan gaya brutalisme ini memfokuskan pada kesederhanaan material, seperti beton, baja, dan aksen kayu. Lujambio House yang terletak di Juriquilla, Meksiko, berdiri diatas lahan 452 meter persegi dengan tata letak interior yang dinamis dengan tambahan kesan natural dari kolam dan pepohonan.





Eksterior bangunan ini terbuat dari beton yang dibentuk seperti batu bata tetris. Namun, interior dari rumah ini menampilkan sisi hangat dengan masuknya cahaya dan tanaman yang ada di dalam rumah. Pusat dari interior ini adalah kolam air dengan halaman berbentuk L.





Lujambio House memiliki kekhasan arsitektur tradisional Meksiko, dari bentuk geometri, pemilihan material bangunan, dan warna beton yang merah jambu. Konstruksi rumah ini menggunakan palet warna dengan tekstur bersusun yang unik, sehingga terlihat kontras dengan lingkungan sekitar.





Di dalam bangunan ini, beton-beton terlihat lebih halus karena cahaya alami yang masuk dan furnitur rumah yang membuat suasana di dalam ruangan lebih hangat. Kesan yang diciptakan dari dalam ruangan rumah ini adalah keheningan.







Merancang bentuk dan tekstur bangunan, Jorge Garibay Arquitectos memadukan ruang terbuka pada lantai dasar, dimana ruang tamu dan ruang makan terhubung ke teras melalui jendela besar. Area dapur dan studio tertutup oleh dinding dengan kabinet hitam dan meja dari marmer.





garasi rumah ini berada di sebelah barat bangunan dengan memperlihatkan ekstrusi seperti batu bata tetris. pada dinding tangga terdapat pahatan yang mengarah ke ruang pribadi dan jendela persegi besar yang mengarah ke arah taman. lantai dua meliputi kamar tidur utama, dua kamar tidur sekunder, ruang keluarga, dan teras.






Sumber foto: César Belio/dwell.com
(Penulis: Rafi Fadillah)