Menata furnitur dan Televisi di ruang tengah bisa menjadi pekerjaan yang cukup memutar otak. Tetapi tenang, Anda tetap bisa menata dan mengisi ruang tengah Anda dengan praktis dan indah.

Seiring bergulirnya waktu, para desainer interior telah menemukan beberapa prinsip mudah untuk membuat ruang tengah di rumah Anda terlihat cantik dan menawan.

Ikuti panduan dari CASA bagaimana menata ruang tengah di rumah Anda. Dan Anda akan merasa bahwa kegiatan menata ruang tengah tidak sesulit itu.


1. Tentukan Titik Fokus Untuk Ruang Tengah


Jessica Nelson

Menentukan titik fokus untuk ruang tengah Anda merupakan sebuah fondasi awal dalam menata ruang tengah. Terkadang titik fokus tersebut sudah ada secara natural, contohnya seperti jendela ruangan yang cukup menonjol.

Atau jika titik fokus tersebut memang belum ada, Anda mungkin perlu menciptakannya sendiri, seperti meletakkan televisi di ruang tengah Anda sebagai titik fokus.


Louis Duncan - He

Anda perlu berpegang teguh terhadap titik fokus di ruang tengah Anda ketika Anda sudah menentukannya. Karena proses penataan furnitur berikutnya akan berpusat pada titik fokus tersebut.

2. Jangan Menata Furnitur Menempel Dengan Dinding


Interior Impressions


Untuk melakukan ini Anda perlu mengacu pada luas ruang tengah Anda. Dengan begitu Anda bisa menentukan seberapa jauh jarak antar furnitur dengan dinding.

Tetapi jika ruang tengah Anda tidak memiliki luas yang cukup besar, idealnya jarak antar furnitur dengan dinding tetap harus ada.



Interior Impressions


Dengan menata furnitur Anda seperti ini akan membuat ruang tengah Anda terasa lebih besar dan luas dari semestinya. Memberikan ruang bernafas yang ideal untuk furnitur Anda.


3. Menempatkan Posisi Televisi yang Ideal


Michelle Boudreau Design


Menonton televisi di ruang tengah Anda sembari melahap camilan merupakan aktifitas yang nyaman ketika Anda sedang bersantai di rumah. Posisi televisi pun menjadi faktor penentu, apakah akan meningkatkan kenyamanan Anda, atau malah membuat Anda merasa tidak nyaman.



Kate Marker Interiors


Demi kenyamanan yang maksimal, sebaiknya Anda meletakkan posisi televisi di tempat yang tidak terkena sinar cahaya secara langsung. Karena jika iya, pantulan cahayanya akan membuat pandangan Anda terganggu.



Michelle Boudreau Design


Lalu letakkan televisi Anda di posisi yang minim dilewatkan oleh penghuni rumah. Anda perlu pertimbangkan juga flow layout ruangan. Karena ini akan berpengaruh terhadap penempatan televisi Anda.

Dan yang paling penting, letakkan televisi Anda berhadapan dengan sofa. Tentu Anda ingin menonton acara kesayangan Anda tanpa harus membuat leher pegal.


4. Ciptakan Area Bercengkerama


HouseMill Design

Ruang tengah menjadi area untuk Anda dan anggota keluarga Anda bercengkerama dengan hangat. Area bercengkerama yang nyaman dan natural menjadi nilai plus dalam kenyamanan ketika anda sedang bersantai bersama keluarga. 



HouseMill Design


Untuk menciptakan area bercengkarama yang comfy, sebaiknya Anda posisikan sofa dan kursi Anda dengan menghadap satu sama lain – tidak selalu harus sejajar lurus.

Posisi ini untuk menciptakan area bercengkerama yang tight knit dan natural sehingga Anda dan anggota keluarga dapat mengobrol tanpa harus meninggikan suara. Jika ruang tengah Anda terlalu luas, Anda bisa menciptakan beberapa area bercengkerama, tidak hanya satu.


5. Keseimbangan Dalam Menata Furnitur Adalah Kunci


Kate Marker Interiors


Keseimbangan merupakan suatu hal yang esensial dalam mendekorasi interior, ini juga berlaku ketika Anda menata furnitur dan barang-barang kesayangan Anda yang ada di ruang tengah.

Anda perlu mempertimbangkan ukuran furnitur dan barang-barang Anda. Jangan mengelompokkan barang-barang berukuran besar di satu area dan barang-barang berukuran kecil di area lainnya. Ini akan membuat ruang tengah Anda terasa tidak seimbang.



Kate Marker Interiors

Memperkaya variasi dari segi bentuk juga tidak kalah penting. Contohnya jika Anda memiliki sofa dengan bentuk yang lurus dan tegas, akan lebih cantik dan menawan jika coffee table Anda berbentuk bundar.


6. Perhatikan Traffic Flow Penghuni Rumah

Lucas Browning Design

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menata furnitur baik di ruang tengah atau di ruangan lain adalah traffic flow para penghuni rumah ketika berpindah dari satu area ke area lainnya.





West Rose Design


Sebaiknya, furnitur atau barang lainnya yang ada di ruang tengah Anda tidak menjadi penghalang ketika Anda atau anggota keluarga Anda sedang berjalan di sekitar ruang tengah.

Berikan jarak yang cukup antar furnitur dan barang-barang Anda agar terciptanya traffic flow yang mulus supaya penghuni rumah bisa berlalu-lalang dengan mudah tanpa adanya halangan.


7. Gunakan Permadani Dengan Ukuran yang Sesuai


Kate Marker Interiors


Jika Anda merasa ada sesuatu yang kurang memberikan hembusan keindahan pada ruang tengah Anda, mungkin permadani jawabannya. Untuk memaksimalkan keindahan permadani Anda, letakkan permadani di bawah semua furnitur ruang tengah Anda.



Morse Design


Pastikan semua furnitur di area tempat duduk dapat diletakkan di atas permadani. Namun, jika tidak memungkinkan, setidaknya kaki kursi atau sofa bagian depan dapat diletakkan di atas permadani.


8. Gunakan Coffee Table yang Besar


Kate Marker Interiors


Ruang tengah yang nyaman dan indah rasanya kurang lengkap jika tidak ada coffee table. Biasanya, coffee table dengan ukuran yang cukup besar merupakan pilihan yang tepat. Kehadiran coffee table di tengah-tengah area duduk memberikan sentuhan estetika dan fungsional.



Morse Design


Dengan ukurannya yang cukup besar bisa memberikan ruang yang leluasa untuk untuk meletakkan minuman Anda dan menonjolkan aksesori favorit Anda secara bersamaan.

Pastikan untuk menyisakan ruang yang cukup antara tempat duduk dan coffee table agar memudahkan penghuni rumah berlalu-lalang.


9. Letakkan Meja yang Sejajar Dengan Tangan


Brexton Cole Interiors

Ketika Anda sedang bersantai sejenak di ruang tengah sembari menyeduh minuman favorit Anda, tentunya Anda menginginkan meja di sekitar tempat duduk memiliki tinggi yang sesuai dengan sandaran tangan kursi Anda. Tentu ini untuk membuat pergerakan menaruh minum atau barang lainnya menjadi lebih efektif dan nyaman.



Teasel Wood Design

Untuk ukuran tinggi meja yang ada di samping kursi, sebaiknya sejajar dengan sandaran lengan kursi.

Lalu untuk ukuran tinggi coffee table, sebaiknya sejajar dengan dudukan kursi atau sofa yang ada di ruang tengah Anda. Dengan begitu, pergerakan antar meja dan kursi menjadi lebih nyaman.


10. Maksimalkan Pencahayaan


Becca Interiors


Ruang tengah Anda akan terasa lebih homey ketika menggunakan lighting yang sesuai dan variatif. Maka dari itu, pemilihan Anda dalam memilih lighting merupakan salah satu bagian terpenting untuk ruang tengah.



StuckSured Interiors


CASA merekomendasikan untuk menggabungkan beberapa model lampu seperti lampu berdiri, lampu meja dan scones. Untuk dapat memaksimalkan lighting, perlu adanya variasi tipe dan jenis untuk mendapatkan feel yang nyaman untuk ruang tengah.


Itulah panduan dari CASA untuk menata ruang tengah Anda agar lebih nyaman, indah, dan juga tidak luput dari unsur estetika.


Teks oleh: Nadaska Ilyasa Wibowo

Foto teaser: Erin Williamson Design