Meletakkan tanaman hias ke dalam kamar mandi dapat menjadi cara praktis untuk menambah sentuhan alami dan segar, sekaligus menciptakan rasa tenang ke dalam kamar mandi Anda. Keberadaan tanaman hias juga bisa membantu menjernihkan udara dan menyerap kelembapan berlebih di kamar mandi. Anda bisa meletakkan tanaman hias di samping wastafel ataupun di sudut ruangan kamar mandi. 

Namun sayangnya, tidak semua tanaman hias bisa diletakkan di dalam kamar mandi. Paparan cahaya yang rendah dan kelembapan tinggi bisa membuat beberapa tanaman hias mati. 

Berikut ini, CASA telah merangkum 8 tanaman hias untuk kamar mandi yang bisa menambah sentuhan alam dan segar, serta memberi kesan tenang ke dalam kamar mandi Anda. Simak!


1. Peace Lily


Elena Golovchenko / Pexels


Tanaman hias berbunga indah ini dapat menjadi salah satu pilihan tanaman hias untuk diletakkan di dalam kamar mandi. Peace Lily adalah tanaman hias berbunga indah yang membutuhkan sedikit perawatan dan dapat tumbuh dengan baik di kondisi paparan cahaya yang terbatas dan kelembapan tinggi, menjadikannya pilihan tanaman hias yang ideal untuk kamar mandi. Hanya saja, tanaman hias ini tetap membutuhkan penyiraman secara teratur dan jangan biarkan tanah kering dalam waktu lama. 

Tak hanya mampu menambah keindahan dan sentuhan alam ke dalam kamar mandi, tanaman hias ini juga dapat membantu menjernihkan udara dengan menghilangkan racun-racun, termasuk formaldehida, benzena, trikloroetilen, xilena, dan amona. 


2. Pothos


Aleksander Duma?a / Pexels


Pothos, juga dikenal sebagai Devil's Ivy, adalah tanaman hias dengan perawatan rendah yang dapat tumbuh subur di kondisi lembap dengan pencahayaan minim seperti di kamar mandi. Pothos biasanya tumbuh merambat ke bawah yang panjangnya bisa mencapai 60 sentimeter, sehingga perlu dilakukan pemangkasan secara rutin. 

Anda bisa menggantung atau meletakkan tanaman hias pothos ini di sudut ruangan kamar mandi untuk menambah sentuhan hijau dan alami. Serta, membantu menghilangkan polutan seperti benzena, toluena, formaldehida, karbon monoksida, dan xilena dari udara, sekaligus membantu menghilangkan bau tak sedap. 


3. Snake Plant

Fabian Stroobants / Pexels


Snake plant, atau lebih dikenal dengan tanaman lidah mertua, adalah tanaman hias untuk kamar mandi berikutnya yang sudah terkenal tangguh dan membutuhkan perawatan rendah. Tanaman hias ini dapat tumbuh subur di kondisi minim cahaya dan lembap, termasuk di dalam kamar mandi. Daunnya yang memiliki kombinasi warna hijau dan putih dengan garis kuning di sepanjang daunnya dapat memberikan kontras yang menarik ke dalam kamar mandi Anda. Snake Plant juga merupakan salah satu dari sedikit tanaman hias yang mampu menyaring udara dan menyerap racun dengan baik. Saat meletakkan Snake plant di kamar mandi, sebaiknya hindari area yang memungkinkan tanaman hias ini terkena banyak air karena bisa membuat busuk akar dan mati. 


4. Spider Plant


36vine.com

Spider plant adalah pilihan tanaman hias sempurna untuk kamar mandi, baik secara visual maupun fungsional. Tanaman hias ini terkenal tangguh dan dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi dan pencahayaan yang rendah. Spider plant memiliki daun panjang dan batang melengkung dengan kombinasi warna hijau dan putih, yang akan membuat kamar mandi Anda terlihat lebih fresh. Selain sebagai dekorasi, Spider plant juga dapat membantu menyaring udara dari racun seperti formaldehida, karbon monoksida, dan xilena


5. Philodendron Heartleaf

bloomscape.com




Philodendron heartleaf bisa menjadi pilihan tanaman hias lainnya untuk diletakkan di dalam kamar mandi. Tanaman hias ini termasuk tanaman yang tidak memerlukan perawatan ekstra dan dapat tumbuh dengan baik di kondisi kamar mandi yang lembap, hangat, dan minim cahaya. Tanaman dengan daun berbentuk hati ini bisa menambah elemen dekorasi yang menawan dan unik ke dalam kamar mandi Anda. 


6. Pakis


wildbunchflorists.co.uk


Pakis merupakan tanaman hias berdaun hijau dengan bentuk daun yang unik dan mencolok. Tanaman hias ini dikenal tangguh dan mampu menoleransi perubahan suhu dan kelembapan tinggi, menjadikannya ideal untuk menambah sentuhan hijau dan alam, serta meningkatkan estetika pada kamar mandi Anda. Ada banyak jenis Pakis seperti Pakis Boston, Pakis Maidenhair, Pakis Kancing, dan Pakis Sarang Burung, yang bisa Anda pilih untuk diletakkan di kamar mandi. 


7. Cast-Iron Plant

easyplant.com


Cast-Iron plant, atau yang memiliki nama ilmiah Aspidistra elatior, adalah tanaman hias kuat dengan perawatan rendah yang cocok untuk kamar mandi dengan tingkat cahaya rendah dan kelembapan tinggi. Daunnya yang berwarna hijau tua mengkilap menawarkan sentuhan elegan dan alami ke dalam kamar mandi Anda. 


8. Lucky Bamboo


Jean da Silva / Unsplash


Lucky Bamboo, atau Dracaena sanderiana, adalah jenis tanaman hias lainnya yang cocok untuk diletakkan di kamar mandi. Pasalnya, tanaman hias ini lebih toleran terhadap pencahayaan rendah dan menyukai suhu yang cenderung hangat, seperti di lingkungan kamar mandi. 

Perawatan tanaman Lucky Bamboo juga tergolong mudah, hanya perlu disirami setiap dua hari sekali untuk menjaga kelembapan tanahnya. Gunakan air kemasan atau air suling, karena tanaman ini sangat sensitif terhadap klorin dan bahan kimia lain yang biasa ditemukan dalam air keran. Sementara itu, jika Anda menanamnya di vas air, maka gantilah air setiap minggu untuk mencegah tanaman bambu hoki terserang penyakit.

Bentuk batang tanaman Lucky Bamboo yang kuat, tegak, dan ramping yang tumbuh secara vertikal dapat memberikan daya tarik tersendiri untuk kamar mandi Anda. 

Anda bisa menanam tanaman bambu hoki di dalam pot berisikan kerikil (batu hias) atau vas berisikan air, dan letakkan di samping wastafel kamar mandi Anda. 


Itulah 8 jenis tanaman hias untuk kamar mandi yang tidak hanya bisa meningkatkan daya tarik estetika kamar mandi Anda, tetapi juga bisa memberikan kesan menenangkan dan menyegarkan.