Kamar tidur adalah salah satu ruangan paling penting dan favorit di rumah, sebagai tempat bersantai dan beristirahat setelah lelah beraktivitas sehari-hari. Untuk itu, Anda perlu memikirkan secara matang dalam mendesain dan mendekorasi kamar tidur. Misalnya, memilih lampu yang cocok untuk kamar tidur. 

Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih lampu untuk kamar tidur. Anda disarankan untuk menggunakan lampu LED, baik itu untuk kamar tidur ataupun di ruangan lainnya. Lampu LED mampu menghasilkan ambiance yang menenangkan dengan tone pencahayaan yang lebih warmer, sehingga saat pas untuk kamar tidur. 

Itu akan membantu membuat kamar tidur Anda menjadi lebih sejuk dan tenang—bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas. 

Namun kini, beberapa lampu LED sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk menghasilkan tone pencahayaan yang berbeda—diatur pencahayaannya, dari terang, normal, dan redup. 

Ini akan sangat berguna, karena Anda mungkin memerlukan pencahayaan yang lebih terang di kamar tidur saat waktu-waktu tertentu, dan memerlukan pencahayaan yang lebih redup di saat waktu-waktu lainnya. 

Plus, pencahayaan dengan lampu LED juga menggunakan energi yang jauh lebih sedikit sehingga tagihan listrik bulanan Anda tidak akan membengkak. 

Berikut ini beberapa jenis lampu kamar tidur yang bisa Anda pilih sesuai selera dan desain kamar tidur Anda, sekaligus tips memilih lampu kamar tidur. Simak!


1. Wall Lamp


(photo by rachel claire on pexels)


kamar tidur harus menjadi salah satu ruangan paling nyaman dan relaxing di rumah anda, dan lampu dinding atau wall lamp bisa menjadi salah satu pilihan jenis lampu yang cocok untuk kamar tidur anda. wall lamp mampu memberikan pencahayaan tambahan yang baik ke dalam kamar tidur anda, tanpa menghabiskan banyak space. plus, secara dekoratif pun, wall lamp bisa membuat dinding kamar tidur anda lebih menarik dan apik, serta bisa menghadirkan suasana dan mengubah persepsi ruangan. 

anda bisa memasang lampu dinding di sisi kanan dan kiri tempat tidur, di atas headboard tempat tidur, atau di samping tempat tidur. posisikan lampu dinding tidak terlalu tinggi maupun rendah dari tempat tidur sehingga bisa cukup menerangi namun tidak mengganggu saat tidur. 


2. ceiling lamp 


(photo by emma dau on unsplash)



(lumuloxdecor.com)


ceiling lamp memang pilihan lampu yang tepat untuk kamar tidur, karena naungan pencahayaan yang mengarah ke bawah sehingga mampu menerangi seluruh ruangan dengan baik. ceiling lamp bisa memberikan ambience yang tenang dan warm dengan pencahyaan yang cenderung tidak terlalu terang, namun cukup menerangi kamar tidur. 

sesuai namanya, penempatan jenis lampu ini di posisikan di ceiling atau langit-langit kamar tidur, biasanya dipusatkan di ruangan, seringkali di atas tempat tidur.


3. lampu downlight


(photo by sidekix media on unsplash)


(bespokelights.co.uk)


lampu downlight adalah jenis lampu untuk kamar tidur yang mampu menerangi area di bawahnya dengan baik, tapi tidak terlalu terang karena jangkauan penerangannya yang tidak terlalu luas. jenis lampu ini biasanya dipasang tersembunyi di langit-langit sehingga anda hanya bisa melihat sebagian kecil perlengkapan pencahayaan dari bawah langit-langit. itu juga akan membuat area ceiling kamar tidur anda lebih clean serta menghasilkan ambiance yang tenang dan hangat. 

tapi perlu dicatat bahwa, jangan pernah memasang lampu downlight di atas kepala jika anda ingin tidur malam yang berkualitas. lampu downlight yang diarahkan untuk menerangi headboard sebagai gantinya akan menjadi alternatif yang jauh lebih baik.

atau, anda juga bisa memposisikan lampu downlight di area samping ceiling kamar tidur, tapi bukan sudut atau tepian ceiling karena bisa menciptakan bayangan. pasang lampu downlight dengan jarak sekitar 2 meter dari dinding anda. 


4. lampu gantung


(photo by spacejoy on unsplash)


tidak ada yang salah jika anda ingin menambah lampu gantung ke dalam kamar tidur. hanya saja, anda perlu memilih bentuk lampu gantung yang tepat dan dipasang dengan ketinggian yang pas agar kepala anda tidak terbentur saat naik dan turun tempat tidur. serta, sesuaikan juga dengan keseluruhan dekorasi kamar tidur anda. 



hindari memasang lampu gantung di atas kepala. posisikan lampu gantung di area tengah ceiling kamar tidur, agar mampu menerangi seluruh kamar tidur. pilih juga lampu gantung yang bisa diatur pencahayaannya, sehingga anda bisa menyesuaikan pencahayaan lampu sesuai kebutuhan dan keinginan. 


5. lampu meja


(photo by holly stratton on unsplash)


lampu meja adalah salah satu jenis lampu yang tampaknya sering sekali dipilih oleh pemilik rumah sebagai lampu yang cocok untuk kamar tidur. pasalnya, jenis lampu ini dinilai jauh lebih praktis, lebih murah, dan memiliki berbagai bentuk yang bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan. lampu meja memiliki jangkauan pencahayaan yang tidak terlalu jauh, namun cukup untuk memberi penerangan tambahan pada kamar tidur. 


6. lampu string light


(urbanoutfitters.com)


Penggunaan string light di kamar tidur adalah pilihan lain untuk menambah penerangan yang lembut ke dalam ruangan. Anda bisa memasang string light pada tirai atau dinding putih di belakang tempat tidur untuk menciptakan suasana yang warm, lembut, dan romantis. Hampir kebanyakan string light biasanya juga sudah dilengkapi dengan pengatur warna dan tingkat pencahayaan, dari terang, normal, dan redup. 


Tips Memilih Lampu Untuk Kamar

Memilih lampu untuk kamar memang bukanlah hal yang mudah, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari tampilan sampai kualitas pencahayaan lampu agar bisa memberi kesan nyaman dan hangat pada kamar tidur. Ini tipsnya: 


1. Memperhatikan Watt Lampu

Dalam memilih lampu yang cocok untuk kamar tidur, Anda perlu memperhatikan watt lampu. Pilihlah watt lampu yang tidak terlalu terang tetapi juga tidak terlalu redup, sekitar 7-9 watt. Untuk kamar tidur Anda sekaligus tempatnya belajar, Anda disarankan untuk memilih lampu dengan watt yang lebih besar, sekitar 9-15 watt. Itu akan membuatnya lebih nyaman dalam belajar dan tidak akan mengganggu kesehatan matanya. 


2. Memperhatikan Warna Lampu

Memperhatikan warna lampu jadi tips berikutnya dalam memilih lampu yang cocok untuk kamar tidur. Warna lampu itu bisa menghasilkan suasana yang berbeda pada kamar. Anda bisa memilih tone pencahayaan dengan warna lembut dan tenang, jadi Anda bisa beristirahat dengan baik dan nyaman. 


3. Memperhatikan Bentuk dan Ukuran Lampu

Bentuk lampu juga bisa menunjang tampilan kamar supaya lebih menarik dan bisa meningkatkan visual kamar secara keseluruhan. Anda juga perlu memperhatikan ukuran lampu, terutama untuk lampu tempel, lampu gantung, dan lampu meja. Untuk kamar kecil, gunakan lampu dengan ukuran yang lebih kecil, sedangkan untuk kamar yang lebih besar, Anda bisa menggunakan lampu dengan ukuran cukup besar, tapi jangan terlalu besar. 


4. Memilih Lampu dengan Pengaturan Cahaya

Satu lagi, tips memilih lampu untuk kamar tidur yaitu dengan pengaturan cahaya. Ini berguna supaya lampu bisa lebih fleksibel dalam penggunaannya. Saat waktu-waktu tertentu, seperti belajar, bekerja, atau membaca buku, Anda bisa mengatur pencahayaan lampu menjadi lebih terang sehingga bisa melindungi dan menjaga mata. Sementara itu, saat waktu beristirahat, Anda bisa mengatur pencahayaan menjadi lebih redup untuk tidur malam yang berkualitas. 



Itulah beberapa jenis lampu dan tips memilih lampu yang cocok untuk kamar tidur. Semoga bermanfaat!




(Penulis: Calvin)