Menentukan tema acara pernikahan jadi salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan sebelum menggelar pesta pernikahan. Untuk itu, Anda dan pasangan perlu mempertimbangkannya dengan matang. Terdapat banyak tema pernikahan yang bisa Anda jadikan inspirasi, misalnya, tema pernikahan outdoor bergaya rustic. 

Tema pernikahan outdoor bergaya rustic adalah tema yang sangat diminati oleh pasangan muda yang ingin menggelar pesta pernikahannya. Pasalnya, tema pernikahan ini bisa memberikan kesan hangat, alami, dan intim, tanpa mengurangi kesan elegan. 

Jika Anda dan pasangan tertarik untuk menggunakan tema pernikahan ini pada pesta pernikahan nanti, ini beberapa tips dekorasi wedding outdoor bergaya rustic, agar tema rustic itu sendiri bisa semakin menonjol, antara lain: 


1. Gunakan warna-warna khas gaya rustic


(photo by valorie darling photography / valoriedarlingphotography.com)


tema pesta pernikahan outdoor bergaya rustic sangat kental dengan warna-warna hangat (warm tone color), seperti putih, coklat kayu, dan hijau yang dipadukan dengan warna-warna pastel. hindari penggunaan warna-warna mencolok dan bold, karena bisa mengurangi nuansa atau tema rustic itu sendiri. 


2. gunakan dekorasi khas tema pernikahan gaya rustic


(photo by abraham garcía photography / chicandstylishweddings.com)


selain menggunakan warna-warna khas rustic untuk menguatkan kesan gaya ini, dekorasi wedding outdoor yang anda gunakan pun juga harus khas rustic. untuk warna coklat bisa didapatkan dari elemen kayu, entah itu berasal dari pepohonan asli sekitar venue pernikahan, kursi pelaminan, wedding sign board, sekaligus juga kursi dan meja para tamu. untuk warna pastel dan hijau bisa didapatkan dari elemen bunga serta dedaunan sebagai dekorasi pelaminan. 


3. pasang penerangan yang memadai


(photo by jennifersee studio / @jennifersee.studios on instagram)


jika anda berencana menggelar pesta pernikahan secara outdoor pada siang hari, lokasi terbuka yang disinari cahaya matahari tampaknya sudah cukup terang. 

namun, jika anda berencana menggelar pesta pernikahan secara outdoor pada malam hari, anda perlu memastikan venue pernikahan mendapatkan penerangan yang cukup baik. akan tetapi, hindari lighting yang terlalu berlebihan agar nuansa hangat dari gaya rustic tetap terasa dan lebih terlihat natural, romantis, dan intimate. 

untuk itu, anda bisa memasang lampu-lampu gantung yang cukup terang di sekitar venue pernikahan dan juga pada ranting dan pepohonan. 


4. buat pelaminan sederhana


(photo by mary dougherty / marydougherty.com)


tema pernikahan outdoor bergaya rustic lebih mengedepankan sisi kasual daripada formal, sehingga model pelaminan sederhana akan sangat cocok untuk tema pernikahan yang satu ini. anda tidak perlu menyiapkan model pelaminan mewah bentuk panggung, cukup siapkan saja backdrop sederhana atau square stand dari kayu yang didekorasi bunga-bunga khas rustic.

nantinya, anda dan pasangan bisa lebih leluasa bergerak atau berjalan mengelilingi venue sembari menerima ucapan pernikahan dan merayakan hari bahagia bersama keluarga dan sahabat secara lebih dekat dan akrab. 



untuk lebih melengkapi keceriaan, kebahagiaan, dan kehangatan pesta pernikahan, anda dan pasangan bisa mengajak tamu undangan untuk berdansa dan bernyanyi bersama.


5. pilih venue pernikahan bernuansa alam


(photo by jennifersee studio / jenniferseestudios.com)


supaya tema rustic pada pesta pernikahan outdoor semakin terasa, pilihlah venue pernikahan yang memiliki nuansa alam yang kental. misalnya, taman terbuka dengan hamparan rumput dan pepohonan hijau, atau tempat-tempat lainnya dengan panorama alam yang sangat cantik. 


6. pilih souvenir ramah lingkungan


(Photo by Jennifersee Studio / jenniferseestudios.com)


Satu lagi, untuk mendukung tema pernikahan bergaya rustic yang mengedepankan kesan alami, alih-alih menggunakan pembungkus souvenir berbahan plastik, Anda bisa menggantinya dengan pembungkus souvenir berbahan yang lebih alami, bisa didaur ulang, atau bisa digunakan kembali. 

Untuk isi souvenirnya, Anda bisa memilih souvenir pernikahan yang lebih natural, seperti tanaman hias mini, bibit tanaman, sabun alami, dan masih banyak lagi. Sebisa mungkin hindari souvenir yang terlalu modern, buatlah souvenir yang bermanfaat tapi tetap terdapat esensi alami di dalamnya.


Itulah beberapa tips dekorasi wedding outdoor bergaya rustic, agar tema rustic itu sendiri bisa semakin menonjol. Happy wedding!





(Penulis: Calvin)