Red dunes playtopia merupakan taman dengan konsep topografi alam untuk menciptakan lanskap berbentuk gelombang, taman ini terletak di Kota Baru Huanggang, Tiongkok. Inspirasi bangunan taman juga diambil dari gunung dan rumah pohon yang berada di dalam hutan.


Desain arsitektur dari XISUI Desain, dengan membuat lahan terbuka yang luas untuk anak-anak berlari, melompat dan berguling bebas agar memberikan kemampuan eksplorasi dan relaksasi pada anak.


playtopia di china sajikan bukit bergelombang untuk anak_1


Proyek red dunes playtopia menggabungkan desain canggih, termasuk desain dengan parameter, sistem drainase secara optimal dan algoritma untuk bentuk struktural agar bagian taman dan alam sekitarnya terintegrasi. Tata letak taman menciptakan ruang yang cocok untuk segala usia.


Arsitektur yang dibangun oleh XISUI meniru topografi gua alami, dengan begitu anak-anak akan melakukan eksplorasi taman bermain yang ditambah dengan area untuk memanjat.


Red dunes memiliki struktur yang sangat melekat antara satu bagian dengan bagian lain, sehingga terlihat alami.


playtopia di china sajikan bukit bergelombang untuk anak_2


XISUI Desain menggunakan teknik pembuatan lanskap secara digital, sehingga memiliki kesesuaian kemiringan medan yang kompleks. Hasilnya adalah area yang dapat digunakan oleh seluruh kelompok usia.




Sistem drainase yang dibuat dapat secara efektif menanggulangi aliran air hujan, meskipun area taman bergelombang. Sistem ini memungkinkan air hujan meresap secara alami ke ruang hijau dan keluar ke saluran yang diinginkan.




Arsitektur hijau dan struktur organik memiliki peran dalam bentuk taman. Struktur cangkang beton menggabungkan lebar bangunan dan ketebalan yang tipis, sehingga terlihat seperti gua.




Melalui perhitungan dan analisis struktur bangunan, serta efisiensi material telah menghasilkan konsumsi bahan bangunan sekitar dua pertiga lebih sedikit untuk area yang sama dibandingkan dengan struktur balok kolom pada umumnya.


Sumber foto: archello.com
(Penulis: Rafi Fadillah)