Perpustakaan umumnya menjadi tempat untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang disusun berdasarkan tata susunan tertentu yang dapat dibaca tetapi bukan untuk dijual. Namun, berkembangnya zaman perpustakaan didesain dengan baik dengan segala kemajuan teknologi yang dapat menghibur suasana hati pembaca.


Berikut ini, 8 perpustakaan di dunia yang punya desain modern dan minimalis yang bikin Anda kagum.


1. Tonami Public Library di Jepang


Desainer MIKAMI Architects merancang bentuk perpustakaan dengan sebuah atap besar yang berada di atas perpustakaan. Di balik atap besar itu, terdapat ruangan yang menyambung dan menghadap ke jalan utama kota Tonami.


menarik! ini dia 8 desain perpustakaan paling megah di dunia_1
mikami architects / koji horiuchi  


terdapat dua tangga yang menuju ke lantai dua, anda dapat melihat mozaik dari karpet berwarna merah yang berada di lantai dasar. jika anda melalui sisi barat lantai atas perpustakaan ini, akan terlihat lebih jelas desain interior dari perpustakaan.


desain perpustakaan di dunia paling modern yang mengikuti perkembangan zaman. dibangun dengan konsep yang unik hingga paling megah._1.1


2. ningbo new library di tiongkok


perpustakaan megah karya shl ini memiliki taman yang indah di luar bangunan dengan danau yang juga berada di sekelilingnya. pemandangan tersebut juga berfungsi sebagai meditasi yang memungkinkan orang untuk bersantai dari kesibukan sehari-hari.


menarik! ini dia 8 desain perpustakaan paling megah di dunia_2

shl / floor plan


Desain perpustakaan di dunia paling modern yang mengikuti perkembangan zaman. Dibangun dengan konsep yang unik hingga paling megah._1.2


3. Santa Cruz Library di Brazil


Ruangan utama perpustakaan ini unik karena seperti rumah panggung. Ruangan yang didesain dengan bentuk kotak besar ini, memungkinkan untuk diselenggarakannya berbagai event.


menarik! ini dia 8 desain perpustakaan paling megah di dunia_3

andrade morettin arquitetos / andre scarpa


struktur bangunan yang dibuat oleh andrade morettin arquitetos ini, dengan bahan baja dan plat yang dikelilingi oleh rangka beton, alumunium dan sambungan-sambungan kaca yang disusun untuk menambah keindahan bangunan.


Desain perpustakaan di dunia paling modern yang mengikuti perkembangan zaman. Dibangun dengan konsep yang unik hingga paling megah._1.3


4. Samling Library di Norwegia


Desain perpustakaan yang dibuat oleh Helen dan Hard  menempatkan ruang terbuka besar dengan atap tertutup yang berada di tengah. Arsitektur bangunan ditentukan dari geometri radial yang saling menghubungkan.


menarik! ini dia 8 desain perpustakaan paling megah di dunia_4

helen dan hard / sindre ellingsen


fasad atau muka bangunan dibalut dengan bilah kayu berbentuk horizontal. bilah berbentuk horizontal tersebut memberikan efek kedalaman pada struktur.


Desain perpustakaan di dunia paling modern yang mengikuti perkembangan zaman. Dibangun dengan konsep yang unik hingga paling megah._1.4


5. Whitehall Library di Amerika Serikat


Fasad dari bangunan perpustakaan terdiri dari panel logam berbentuk persegi panjang dan jendela kaca. Lapisan terakota di bagian depan memanjang dari luar ke dalam dengan dibalut kayu yang terintegrasi dengan cahaya.


Menarik! Ini Dia 8 Desain Perpustakaan Paling Megah di Dunia_5

Jonathan Barnes Architecture / Brad Feinknopf


Ruang inti dari perpustakaan ini berbentuk melengkung dan memanjang, pada bagian dinding juga terdapat kolom baja beton yang terekspos. Desainer dari bangunan perpustakaan megah ini adalah Jonathan Barnes Architecture.


Desain perpustakaan di dunia paling modern yang mengikuti perkembangan zaman. Dibangun dengan konsep yang unik hingga paling megah._1.5


6. Public Library Vallecas di Spanyol


Desain bangunan perpustakaan ini dibuat dengan empat lapisan yang diaplikasikan secara berbeda. Fasad dibuat tertutup pada bagian bawah dan di bagian atas seluruhnya dilapisi oleh kaca untuk mendapatkan cahaya alami pada siang hari.


menarik! ini dia 8 desain perpustakaan paling megah di dunia_6

exit architects / miguel de guzman


terdapat enam ruangan yang dibangung melingkar yang padat dan kedap suara. ruang tersebut juga dapat menyerap cahaya secara alami sebagai area baca terbuka. bangunan yang dirancang oleh exit architects ini terletak di kota madrid.


Desain perpustakaan di dunia paling modern yang mengikuti perkembangan zaman. Dibangun dengan konsep yang unik hingga paling megah._1.6


7. Kirkkonummi Library di Finlandia




Perpustakaan ini dibuat oleh JKMM Architects dengan rancangan ruang baca utama yang terdiri dari pola ritmis tiang dan balok beton. Cahaya alami masuk ke dalam ruangan melalui rongga tiang yang dibuat serupa pada satu sisi bangunan.


menarik! ini dia 8 desain perpustakaan paling megah di dunia_7

jkmm architects / tuomas uusheimo


interior yang dibuat senada dengan bangunan yang terlihat minimalis ini merupakan hasil dari pengaruh wilayah pesisir barat finlandia. bagian dalam ruangan memberikan kesan nyaman dengan sentuhan kayu pada atap dan dinding.


Desain perpustakaan di dunia paling modern yang mengikuti perkembangan zaman. Dibangun dengan konsep yang unik hingga paling megah._1.7


8. Deichman Library di Norwegia


Struktur perpustakaan yang tampil dengan kesan modern, Anda akan melihat kantilever pada fasad bangunan. Dari masing-masing kaca yang membalut gedung membuat poros cahaya, sehingga memotong struktur bangunan.


menarik! ini dia 8 desain perpustakaan paling megah di dunia_8

atelier oslo dan lund hagen / einar aslaksen


bangunan yang dirancang oleh atelier oslo dan lund hagen menampilakn pemandangan interior di dalam ruangan dari luar perpustakaan. kaca buram pada interior menghasilkan cahaya yang lembut dan merata ke seluruh ruangan.


Desain perpustakaan di dunia paling modern yang mengikuti perkembangan zaman. Dibangun dengan konsep yang unik hingga paling megah._1.8



Itulah beberapa perpustakaan dengan desain modern dan minimalis yang ada di dunia, menciptakan tampilan megah dan tetap nyaman bagi pembaca. 


Sumber foto: archdaily.com
(Penulis: Rafi Fadillah)