Memiliki hunian dengan lingkungan yang asri serta menenangkan, menjadi impian bagi setiap keluarga yang ingin menghabiskan setiap momen kebersamaan dengan keluarga yang dikelilingi kehangatan satu sama lain. Simple namun nyaman, menjadi nilai plus bagi suatu rumah.



Di Australia, terdapat sebuah residen yang bernama Elsternwick Residence. Kawasan pinggiran kota yang berada 9 KM dari CBD Melbourne ini, sudah terkenal sebagai kawasan dengan berbagai macam gaya arsitektur yang unik serta keasriannya. Elad Zohar yang dibantu dengan ADDARC, membangun dua unit rumah dengan konsep matang yang dimana salah satunya digunakan sebagai tempat tinggal dengan keluarganya. 




Hunian ini dibangun dengan pemikiran yang matang, dimulai dari pemilihan dan penataan material juga sangat dipikirkan dengan baik. Sehingga semua elemen-elemen yang ada baik dari eksternal hingga internal pun menyatu secara alami, serta memberikan kesan kohesi dan mengalir.



Material yang digunakan berkualitas tinggi, ADDARC menggunakan kayu yang dimodifikasi secara termal sebagai bahan utama. Material tersebut melewati banyak proses pengujian sehingga meningkatkan stabilitas dan peningkatan daya tahan dengan menghilangkan sumber makanan utama jamur perusak kayu, selain itu juga melalui proses ini dapat menghasilkan corak alami yang membuatnya menarik. Penggunaan kayu pada bangunan ini juga menambahkan nilai estetika yang berkesan tidak akan lekang oleh waktu.





Menerapkan tema monochrome di hunian ini, menambahkan kesan estetika. Bagian luar dan dalam dari bangunan ini menarik pandangan siapapun yang melihatnya. Sang Arsitek menggunakan batu bata Petersen Denmark berwarna abu-abu terang yang ditinggikan, membuat bagian tersebut tampak kontras dengan warna yang lebih gelap dengan begitu dapat memperkuat lantai dasar bawah dan menjadi latar belakang  lanskap yang penuh kekayaan tekstur.



Digabungkan dengan lantai marmer di bagian dalam berwarna abu-abu terang bercorak serta dinding berwarna putih, membuat semua komponen material berpadu dengan baik. Selain itu, bagian dalam rumah ini juga dilengkapi dengan furnitur-furnitur simple dengan warna yang tidak begitu mencolok sehingga sangat cocok untuk menyatu dengan ruangan-ruangan yang ada.




Foto oleh Timothy Kaye
Teks oleh Aretha Aulia Handhini