Fungsi utama pagar rumah yaitu untuk meningkatkan keamanan dan memberikan privasi ke dalam rumah. Namun, pagar rumah bisa berfungsi lebih dari sekedar itu saja. Karena letaknya yang berada di paling depan, pagar rumah juga bisa berfungsi untuk memberi kesan pertama pada hunian. 

Model pagar rumah yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan daya tarik visual rumah Anda. Berikut ini, CASA sudah merangkum beberapa model pagar rumah yang bisa meningkatkan tampilan rumah Anda. 


1. Model Pagar Rumah Kayu


Arsitek: Wittman Estes / Fotografer: Andrew Pogue, Henrybuilt


Model pagar rumah yang terbuat dari kayu adalah pilihan model pagar yang timeless dan indah, yang bisa langsung meningkatkan tampilan depan rumah Anda. Supaya tampilannya tampak senada dengan fasad rumah, Anda bisa mewarnai pagar kayu dengan warna yang sama dengan cat dinding eksterior rumah. Anda bisa susun rapat palet kayu secara vertikal untuk menjaga privasi dan keamanan rumah. 

Model pagar kayu memang terkesan indah, tetapi sayangnya material ini juga sangat rentan. Bagaimana tidak, paparan sinar matahari, hujan, dan debu bisa membuat kayu mudah lapuk, berjamur, dan tentu saja, merusak tampilannya. Untuk mencegah hal itu, atau setidaknya membuat pagar rumah kayu lebih tahan lama dan menjaga tampilannya tetap indah, pilihlah jenis kayu yang tahan lapuk dan tahan di berbagai kondisi cuaca, seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, atau kayu bengkirai. 


2. Model Pagar Rumah Besi 


Arsitek: 6717 Studio / Fotografer: Hiroyuki Oki


Terkenal karena kekuatan dan ketahanannya terhadap berbagai kondisi cuaca, wajar saja jika model pagar rumah besi menjadi pilihan model pagar yang paling populer. Tampilannya yang simple membuatnya cocok untuk hampir semua konsep rumah, dari konsep minimalis hingga klasik. Tapi, untuk membuat tampilannya menjadi lebih unik dan menarik, Anda bisa mengukir pagar besi dengan teknik cutting laser untuk membuat motif yang Anda inginkan. Selain tampilannya yang bisa dibuat semenarik mungkin, model pagar rumah besi juga menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dan mampu menjaga privasi di dalam rumah dengan sangat baik. 


3. Model Pagar Rumah Kombinasi Besi dan Kayu


Arsitek: Wallflower Architecture + Design / Fotografer: Marc Tey


Anda bisa mengombinasikan material besi dan kayu sebagai material utama model pagar rumah. Perpaduan besi dan kayu ini menawarkan kekuatan, ketahanan, keamanan, dan tampilan yang sophisticated. Model pagar rumah kombinasi besi dan kayu ini dapat membuat tampilan depan rumah Anda semakin menarik, tanpa mengganggu keamanan dan privasi di dalam rumah. 


4. Model Pagar Rumah Transparan Kombinasi Carbon Steel dan Wire Mesh


Arsitek: Meius Arquitetura / Fotografer: Mak Cézar




Anda bisa mengombinasikan material carbon steel sebagai bingkai atau rangka pagar dengan wire mesh. Carbon steel merupakan salah satu material pagar yang terkenal kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, dipadukan dengan wire mesh yang memiliki tampilan semi transparan, menciptakan tampilan model pagar rumah yang menarik dan unik. Model pagar rumah ini sangat cocok untuk rumah berkonsep industrial. 


5. Model Pagar Rumah Lipat


Arsitek: Atelier Riri / Fotografer: Andreaswidi


Dari sisi desain, model pagar rumah lipat atau folding gate merupakan model pagar yang menarik, yang dapat mempercantik tampilan depan rumah Anda. Model pagar seperti ini tidak membutuhkan banyak ruang untuk proses buka-tutupnya, dan mampu memaksimalkan rentang bukaan pagar sehingga Anda bisa memanfaatkan area eksterior rumah secara lebih menyeluruh. Model pagar rumah lipat seperti ini sangat cocok untuk semua konsep atau luas rumah, termasuk rumah dengan luas terbatas sekalipun. 


6. Model Pagar Rumah Kombinasi Bambu dan Besi


Arsitek: Studio_GAON / Fotografer: Youngchae Park


Model pagar rumah kombinasi bambu dan besi seperti ini bisa memberikan sentuhan alami dan kesan eco-friendly pada hunian, sekaligus menjanjikan ketahanan dan kekuatan. Besi sebagai rangka pagar yang dipadukan dengan material bambu yang disusun secara vertikal bisa menciptakan tampilan pagar rumah yang ramping dan eksotis. Jarak antar bambu dapat disesuaikan untuk tetap menjaga privasi di dalam rumah Anda. 


Saat Anda mempertimbangkan model pagar rumah, sesuaikan dengan gaya arsitektur rumah Anda, pemeliharaan dan tingkat privasi yang Anda inginkan, serta keseluruhan estetika yang ingin Anda capai. Dengan model pagar rumah yang tepat, itu dapat meningkatkan daya tarik visual rumah Anda, tanpa mengabaikan fungsionalitasnya.