Di pertengahan tahun 2022, semakin banyak warga Indonesia yang menghabiskan hari libur atau long weekend untuk travelling kembali. Jika tahun sebelumnya hanya mengunjungi destinasi domestik, kini Anda dapat mengunjungi beberapa negara asing asal telah memenuhi syarat. Salah satunya adalah telah mendapatkan vaksin covid-19 minimal dua dosis.

Negara apa saja yang telah mulai buka border dan menarik untuk Tetangga Online kunjungi? Simak dulu daftar nama negara serta persyaratan yang diperlukan untuk memasuki negara tersebut.


1. Singapura

Bagi warga Indonesia yang telah mendapatkan minimal 2 dosis vaksin sesuai standard WHO, tidak diwajibkan karantina setibanya di Singapura. Walaupun demikian, Anda tetap perlu mengunggah beberapa dokumen agar melancarkan proses pemeriksaan saat melewati imigrasi.

Maka dari itu, sebelum berangkat jangan lupa mengunggah sertifikat vaksin di Vaccination Check Portal (Cek halaman visitsingapore.com). Beli tiket pesawat ke Singapura dan kemudian download aplikasi Trace Together serta registrasikan profil Anda. Setelah itu, Anda perlu mendaftarkan SG Arrival Card serta e-health declaration melalui website Immigration & Checkpoints Authority (ICA) 3 hari sebelum berangkat.


Jewel Changi Airport


2. Thailand

Jangan lupa packing paspor Anda dan registrasi melalui Thailand Pass. Dalam website tersebut, Tetangga Online musti melampirkan bukti vaksinasi minimal dua dosis dan tidak perlu melakukan tes RT-PCR, baik sebelum maupun sesudah tiba di Thailand. Yang perlu diingat adalah musti memiliki asuransi kesehatan dengan minimal coverage senilai USD 10.000.


Travel Daily


Baca juga, 7 Taman Bunga Terindah Di Dunia, Pernah Kesana?


3. Maldives

Permukaan laut biru yang menutupi kawasan Maldives seolah memanggil kita untuk segera dikunjungi. Namun sebelumnya Anda perlu melengkapi Traveler Declaration di website imigrasi Maldives 72 jam sebelum keberangkatan. Ini berlaku bagi penumpang yang datang melalui jalur udara maupun air.

Hasil tes PCR negatif sudah tidak diwajibkan bagi yang sudah mendapatkan vaksin lengkap ataupun yang belum divaksin. Begitu pula dengan karantina, pengunjung tidak perlu melakukan karantina setibanya di Maldives.


Business Traveller


4. United Kingdom

Sejak Maret 2022, negara Inggris telah membebaskan wisatawan dari kewajiban tes covid-19, karantina, hingga penggunaan UK passenger locator saat tiba di negara ini. Hal ini berlaku bagi pengunjung yang belum dan sudah vaksin. Walaupun demikian, Anda masih wajib daftar visa dan belakangan ini prosesnya bisa mencapai 6 minggu. Maka dari itu, rencanakan sejak lama jika Tetangga Online ada yang berencana ingin berliburan ke Inggris.


EHEF


Baca juga, Berlibur ke Whitby, Kota Pesisir Indah di Inggris


5. Perancis

Sebelum berangkat, Anda perlu mengisi fomulir EU-PLF. Sejak 14 Maret 2022, Perancis telah meniadakan vaccine pass yang sebelumnya perlu dimiliki jika ingin memasuki venue, trade show, dan lain sebagainya. Walaupun begitu, Anda tetap perlu menunjuk travel certificate saat melewati imigrasi, yaitu bukti bahwa telah divaksin dengan lengkap. Bagi pengunjung yang sudah vaksin, Anda tak perlu melakukan tes covid-19 sebelum berangkat.




Edubridge


6. Swiss

Semenjak 2 Mei 2022, pemerintah Swiss telah meniadakan peraturan seperti menunjukkan bukti vaksin dan melakukan tes covid-19 saat berkunjung ke negara ini. Saat ini, telah berlaku kembali regulasi selayaknya sebelum pandemi seperti wajib memiliki visa untuk memasuki area Swiss.


Unsplash


7. Amerika Serikat

Selain visa, Anda masih perlu menunjukkan bukti negatif hasil tes covid-19 maksimal 1 hari sebelum berangkat. Ini berlaku bagi pengunjung yang telah mendapatkan dua dosis vaksin.


Easy Science for Kids


Selain peraturan memasuki negara asing, Anda juga perlu rajin memeriksa kabar terbaru untuk syarat memasuki kembali Indonesia usai travelling. Sejauh ini, pemerintah telah membebaskan warga yang sudah vaksin lengkap hingga booster dari kewajiban tes covid-19 sebelum kembali ke Indonesia.

Jadi, rencanakan perjalanan Anda dengan baik dan negara manakah yang ingin dikunjungi terlebih dahulu?



Foto teaser: Expatica