Libur telah tiba! Untuk mengisi momen liburan keluarga kali ini, tidak perlu jauh-jauh ke luar kota apalagi ke luar negeri, karena ada beberapa tempat wisata edukasi di Jabodetabek yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan anak-anak. 

Buat Anda yang sedang mencari tempat wisata edukasi terbaik di Jabodetabek, CASA punya beberapa rekomendasinya buat Anda. Simak!


1. Youreka World 


Youreka World merupakan wahana bermain seru bagi anak-anak dengan konsep edukasi entertainment (edutainment) playground. Tempat wisata ini mengusung tema yang dapat menyempurnakan imajinasi dunia anak, sehingga anak-anak dapat menambah pengetahuan dan wawasan melalui bermain.

Playground edukatif pertama yang berhasil diluncurkan oleh Youreka World yaitu Youreka Kids Farm, sebuah first indoor playground yang berada di Kuningan, Jakarta Selatan. Sesuai namanya, playground edukatif pertama ini mengusung konsep perkebunan dan peternakan.

Pada akhir tahun 2022, tempat ini meluncurkan playground edukatif kedua yaitu Youreka Kids Garden yang berkonsep indoor dan outdoor, sebagai tempat beraktivitas melakukan gardening dan mengolah makanan. Playground edukatif ini berlokasi di Kedoya, Jakarta Barat.


2. Planetarium dan Observatorium Jakarta


@planetariumjkt 

di momen liburan kali ini, anda bisa mengajak anak-anak dan keluarga untuk melihat keindahan planet dan bintang di tata surya di planetarium dan observatorium jakarta. 

planetarium dan observatorium merupakan tempat wisata edukasi terbaik di jakarta untuk belajar tentang astronomi. di sini akan menampilkan teater bintang yang menginformasikan simulasi tentang rasi bintang, tata surya, dan hal-hal seputar astronomi lainnya.

tidak heran jika planetarium menjadi salah satu alternatif eduwisata anak terbaik, terutama jika anak anda memiliki ketertarikan dalam dunia astronomi. lokasi tempat wisata ini juga sangat strategis, berada di daerah cikini, kecamatan menteng, jakarta pusat. 


3. rumah energi

jika anda tertarik untuk mengajak anak dan keluarga belajar tentang energi ramah lingkungan secara menyenangkan, maka bisa mengunjungi tempat wisata edukasi rumah energi, yang masih berada di area taman impian jaya ancol, jakarta.

anak-anak bisa mengenal berbagai jenis energi alternatif biogas, lampu organik, pembuatan pupuk organik, dan energi ramah lingkungan lainnya. terdapat banyak permainan yang dapat dicoba dan menjadi sarana belajar bagi anak-anak. 

tidak hanya untuk anak-anak, eduwisata ini juga sangat cocok untuk berbagai kalangan, termasuk remaja dan dewasa. ada tutor yang akan mengajari tentang pembuatan energi alternatif sederhana. jadi ilmu sederhana tersebut nantinya bisa dipraktikkan di kehidupan sehari-hari, sehingga sangat bermanfaat.


4. taman bunga nusantara indonesia


taman bunga nusantara bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di akhir pekan bersama anak. taman bunga seluas 35 hektar ini adalah taman display pertama di indonesia dengan ribuan koleksi tanaman bunga lokal maupun mancanegara. ada berbagai taman tematik yang menarik diantaranya taman prancis, taman mawar, taman air, taman bali, taman labirin, taman palem, taman mediterania, dan lain-lainnya. 

area taman bunga ini sangat sejuk dengan atmosfer khas pegunungan, yang bisa membantu mengurangi kepenatan anda setelah menjalani kesibukan di kota. jadi, anak-anak senang, anda pun bisa ikut merasa rileks!




5. pasar seni


@pasarseni_ancol

Pasar Seni jadi rekomendasi tempat wisata edukasi di Jakarta berikutnya yang bisa Anda kunjungi bersama anak-anak dan keluarga. Di tempat ini, Anda dan keluarga bisa belajar langsung tentang kesenian di Indonesia dengan mengikuti workshop pembuatan batik, lukisan, wayang, patung, ukiran, dan karya seni lainnya. Serta menikmati berbagai pameran seni yang bisa menambah pengetahuan. 

Selain belajar tentang berbagai kesenian, Anda dan keluarga juga bisa berpiknik di tempat ini. Pasar Seni berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Anda juga tidak perlu membeli tiket terpisah, hanya cukup membeli tiket masuk Ancol saja. 


6. Oceanarium BXsea

Mulai tanggal 15 Desember 2023 lalu, Bintaro Jaya Xchange Mall 2 telah resmi dibuka dan meluncurkan objek wisata keluarga serta edukasi baru, yakni Oceanarium BXsea. Tempat wisata edukasi ini menjadi yang pertama di Tangerang Selatan untuk mendapatkan wawasan seputar biota air dan kehidupan bawah laut. Saat ini, Oceanarium BXsea memiliki 140 spesies biota laut dan 54 display aquarium, dan akan terus bertambah. Lokasinya tepat di bawah basement yang menghubungkan BXc 1 dan BXc 2.


7. Kidzania Jakarta


Tempat wisata edukasi yang satu ini dijamin sangat disukai oleh anak-anak! Di Kidzania Jakarta, anak-anak bisa bermain peran dan belajar tentang profesi-profesi yang ada di dunia. Misalnya, belajar dan berperan sebagai dokter, pemadam kebakaran, polisi, dan berbagai profesi lainnya. Dengan begitu, ia bisa mengenal, belajar, merasakan, dan memiliki pengalaman layaknya pekerja di kehidupan nyata dalam versi anak-anak. Kidzania Jakarta berada kawasan strategis yaitu di Pacific Place Mall lantai 6. Kidzania memang tempat wisata edukatif terbaik untuk mengisi waktu liburan anak Anda!


8. Taman Mini Indonesia Indah


Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan tempat wisata edukasi yang berlokasi di Jakarta Timur. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan keberagaman flora, fauna, dan budaya Indonesia, yang bisa memberikan pembelajaran edukatif dan menumbuhkan rasa cinta Indonesia bagi anak-anak.

Di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Anda dan keluarga bisa melihat dan mengangumi replikasi pulau-pulau di Indonesia, yang menjadi salah satu ikon tempat ini. 

Selain itu juga terdapat berbagai wahana dan fasilitas seperti museum, anjungan daerah, tempat ibadah, wahana rekreasi, taman burung, dunia air tawar dan serangga, dan wahana lainnya. Lokasinya berada di Jalan Taman Mini Indonesia Indah Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. 



Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata edukasi untuk mengajak anak-anak dan keluarga mengisi waktu liburan. Untuk pengalaman yang lebih berkesan, persiapkan keperluan rekreasi Anda sebaik mungkin!




(Penulis: Calvin)