Taman Bunga Nusantara Indonesia adalah taman display bunga yang berlokasi di Gunung Gede, tepatnya di jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Taman Bunga Nusantara ini dilengkapi berbagai koleksi tanaman hias berbunga yang unik dan juga terkenal dari seluruh dunia, mulai dari Asia, Amerika Selatan, Australia, hingga Afrika. 

Di tempat ini, Anda dan keluarga bisa berwisata sambil menikmati keindahan bunga dari seluruh dunia, serta berswafoto sebagai kenang-kenangan. 

Di Taman Bunga Nusantara dibagi menjadi beberapa taman bunga yang menampilkan koleksi bunga tertentu, antara lain: 


1. Taman Mawar


tamanbunganusantara.com

sesuai namanya, taman mawar banyak menampilkan koleksi bunga mawar dengan berbagai warna yang sangat cantik. di taman mawar, bunga mawar tumbuh dengan sangat baik, sehingga memiliki tampilan yang cantik dan memanjakan mata.


2. taman air

di taman air menampilkan bunga teratai raksasa atau victoria amazonica. victoria amazonica biasanya akan muncul pada pagi dan sore hari saja dengan bentuk menyerupai nampan. selain itu, terdapat pula giant arum (typonodorum lindleyanum) yang berasal dari amerika dengan bentuk daun yang menyerupai daun pisang.


3. taman mediterania


tamanbunganusantara.com

taman mediterania dibuat menyerupai lokasi gurun dengan cuaca yang kering. bunga yang mendominasi dari taman mediterania ini adalah kaktus dan yucca.


4. taman palem

seperti namanya, taman palem ini berisi tanaman palem yang berasal dari berbagai penjuru dunia, terdapat hampir 100 varietas di dalamnya. jenis palem yang cukup unik di sini adalah palem washington robusta atau palem kipas meksiko.


5. taman gaya bali

taman gaya bali didominasi dengan tanaman bunga kamboja, bunga sepatu dan tanaman tropis lainnya. selain bunga, taman ini juga banyak didekorasi dengan ornamen khas bali seperti patung, bengong, bale kulkul dan gapura pintu masuk yang persis seperti bangunan di bali.


6. taman gaya perancis


@tamanbunganusantara

taman gaya perancis sempat tren pada abad ke 17 dan bunga yang menjadi unsur utamanya. taman gaya perancis ini didesain mirip seperti era renaissance dengan bentuk geometrinya.


7. taman labirin

bagi anda yang suka permainan memecahkan teka-teki, anda wajib mengunjungi spot taman labirin di taman bunga nusantara ini. taman yang kerap disebut maze garden ini akan membawa anda menjelajahi labirin.


8. rumah kaca


@tamanbunganusantara

rumah kaca taman bunga nusantara dipenuhi oleh bunga yang berwarna-warni. lokasi ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin terkena paparan sinar matahari secara langsung.




9. display karpet & topiary


tamanbunganusantara.com

display karpet & topiary menjadi objek yang cukup menarik untuk dikunjungi. berbentuk persegi panjang dengan bunga-bunga berwarna cerah dan karya-karya topiary yang mendominasi sangat cocok untuk diabadikan melalui smartphone anda.


10. taman gaya jepang


tamanbunganusantara.com

Sesuai namanya, taman gaya Jepang yang ada di Taman Bunga Nusantara ini menampilan desain taman khas negeri Sakura tersebut. Begitu Anda memasuki taman gaya Jepang ini, Anda akan menemukan unsur-unsur utama taman Jepang yang menonjolkan kesederhanaan, yang terdiri dari batu-batuan, kolam, pepohonan hijau.


Fasilitas di Taman Bunga Nusantara Indonesia

Bukan sebatas taman yang dipenuhi beragam bunga dari penjuru dunia saja, Taman Bunga Nusantara Indonesia ini memiliki beberapa fasilitas dan wahana yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Berikut fasilitasnya adalah:

1. Dotto Train

Dotto train membantu pengunjung untuk dapat menikmati seluruh fasilitas dan objek menarik di Taman Bunga Nusantara. Dengan membeli paket tiket seharga Rp60.000 maka Anda dapat menikmati Dotto train dan free entry ke taman bunga tersebut.

2. Garden Tram

Tidak berbeda jauh dengan dotto train, garden tram ini juga akan membawa Anda mengeliling kawasan Taman Bunga Nusantara. Untuk harga paketnya juga sama dengan dotto train yaitu Rp60.000.

3. Mobil Wara Wiri

Mobil wara wiri diperuntukkan untuk calon pengunjung yang membawa rombongan. Kapasitas untuk menaiki mobil wara wiri ini adalah 14 orang. Mobil wara wiri dilengkapi dengan kaset rekaman berisi tentang objek wisata yang akan diputar selama mengelilingi Taman Bunga Nusantara Indonesia.

4. Menara Pandang

Pada saat berada di menara pandang, Anda akan melihat keseluruhan kawasan Taman Bunga Nusantara yang megah. Menara ini memiliki tinggi 29 meter dengan 3 lantai yang dapat digunakan untuk swafoto menikmati keindahan taman bunga.

5. Poliklinik

Taman Bunga Nusantara dilengkapi dengan poliklinik yang diperuntukkan bagi calon wisatawan yang mengalami sakit atau pun kecelakaan.

6. Nany’s Galleria

Akan terasa kurang lengkap jika berwisata tanpa membeli oleh-oleh. Nany’s galleria menyediakan beragam cinderamata dan souvenir yang menarik.

7. Cafe n Resto

Di Taman Bunga Nusantara jangan khawatir merasa kelaparan. Di sini dilengkapi dengan resto dan cafe yang menyajikan menu makanan enak yaitu Cafe Marigold dan Albustan.

8. Gedung Serba Guna

Gedung serba guna yang berada di kawasan Taman Bunga Nusantara ini juga bisa dijadikan sebagai tempat meeting dan resepsi.

Itulah fasilitas yang bisa dirasakan selama berkunjung di taman bunga terbesar di Indonesia tersebut. Selain itu, apabila Anda memiliki rencana menginap di tempat wisata tersebut, ada penginapan yang mungkin bisa dijadikan pilihan yaitu Wisma Saung Nini. Untuk menginap di sini, calon wisatawan akan dikenakan biaya mulai dari 250 ribuan.


Harga Tiket Bunga Nusantara Indonesia

Dengan fasilitas hingga banyaknya objek menarik dari Taman Bunga Nusantara, untuk dapat masuk dan menikmati semua yang ada calon pengunjung harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara Indonesia sebesar Rp50.000 (usia 4 tahun ke atas).

Sementara itu untuk parkir motor Rp10.000, parkir mobil Rp15.000, parkir minibus Rp20.000 dan parkir bus Rp25.000. Jangan lupa catat jam operasionalnya yaitu weekday 08.00 - 17.00 WIB dan weekend 08.00 - 17.30 WIB agar tidak salah jadwal.




(Penulis: Calvin)