Sansevieria merupakan nama latin dari tanaman hias lidah mertua yang banyak disukai oleh para pecinta tanaman hias di Indonesia. Sansevieria juga dikenal dengan beragam nama lainnya, seperti snake plant dan mother in law tongue

Berbicara mengenai asal tanaman Sansevieria, tanaman hias ini berasal dari negara yaitu Afrika, Afrika Selatan, India, Arab, dan juga Indonesia.

Di Indonesia sendiri, Sansevieria dikenal sebagai tanaman lidah mertua, karena bentuknya yang mirip lidah dan tajam. Tanaman hias ini dapat tumbuh baik di kawasan tropis. 

Dalam artikel ini, CASA akan menjelaskan secara detail tentang tanaman sansevieria, beserta manfaat dan budidayanya. Simak!

Apa Saja Manfaat dari Tanaman Sansevieria?


vladimir gladkov / pexels

ada beberapa manfaat dari tanaman sanseviera, antara lain: 

1. menyerap polusi udara

sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika tanaman lidah mertua mampu membersihkan dan menyegarkan udara. tanaman hias ini akan menyerap polusi dan bakteri udara, sehingga rumah akan terasa lebih bersih dan segar. 

2. menetralkan bau tidak sedap

selain mampu menyerap polusi udara, menempatkan tanaman lidah mertua di dalam ruangan ternyata juga mampu menetralkan bau tidak sedap di ruangan. selain itu, getah dari lidah mertua ini juga dapat digunakan sebagai penghilang bau tidak sedap di dalam kulkas.

3. mengurangi radiasi peralatan elektronik

peralatan elektronik menjadi salah satu perabot yang tidak bisa dilepaskan dalam sebuah hunian rumah. sayangnya, pemakaian peralatan elektronik ini memberikan efek radiasi yang tidak baik untuk tubuh. namun, menempatkan tanaman lidah buaya bisa jadi salah satu solusinya!

tanaman sansevieria dipercaya mampu mereduksi gelombang elektronik, sehingga dapat mengurangi radiasi akibat penggunaan peralatan elektronik. anda dapat meletakan tanaman hias ini di dekat televisi atau di atas kulkas, yang tak hanya berfungsi sebagai dekorasi ruangan tetapi juga mampu menangkal gelombang radiasi dari peralatan elektronik. 

4. obat pusing

sudah sejak lama, tanaman sansevieria dikenal sebagai alternatif obat luar efektif untuk meredakan pusing atau sakit kepala. caranya, anda hanya perlu membakar daun dari tanaman sansevieria ini sedikit saja dan hisap asapnya.

5. aroma terapi

tanaman hias lidah mertua juga dikenal memiliki aroma yang segar dan therapeutic, sehingga sangat cocok untuk dijadikan aroma terapi. manfaat menanam lidah mertua ini tidak hanya berdampak untuk lingkungan saja, tetapi juga baik untuk psikologi.

lidah mertua sebagai tanaman berbunga yang selalu mekar pada sore hari. aroma yang dikeluarkan dari bunga lidah mertua ini sangat memberikan ketenangan dan mampu meredakan stres.

6. mengatasi masalah rambut

akar lidah mertua memberikan manfaat yang cukup baik untuk mengatasi masalah rambut. cukup mengambil sari dari akar lidah mertua ini, lalu dioleskan pada rambut dan kepala secara merata.

pemakaian sari akar lidah mertua secara rutin akan membuat rambut lebih sehat dan berkilau. dengan begitu, lidah mertua ini bukan hanya bagus untuk pernafasan juga bisa digunakan dalam mengatasi masalah rambut.

7. pengharum ruangan

tanaman hias lidah mertua ini sering kali dijadikan sebagai pengharum ruangan alami. aroma yang dihasilkan dari lidah mertua ini membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan membuat tenang.

dengan wangi yang khas dan alami, tanaman hias ini cocok diletakan di beberapa sudut ruang yaitu ruang tamu, dapur dan toilet. ruangan yang sangat direkomendasikan untuk meletakan tanaman ini adalah ruangan yang sering mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

8. menurunkan trauma gedung

istilah trauma gedung memang diperuntukkan bagi orang-orang yang berada pada sebuah ruangan yang tidak sehat. hal ini bisa saja terjadi karena pemakaian ac yang terlalu berlebihan dan asap rokok yang berasal dari orang merokok di ruangan tersebut. dengan meletakan tanaman lidah mertua ini di dalam ruangan tersebut maka secara perlahan akan mengurangi trauma gedung.

bagaimana cara membudidayakan tanaman sansevieria?


Kelly Sikkema / Unsplash

Dengan banyaknya manfaat yang bisa dirasakan, seharusnya tanaman hias sansevieria menjadi salah satu tanaman yang harus ada di taman rumah Anda. Ciri-ciri dari tanaman lidah mertua ini adalah memiliki daun yang keras, tegak, sukulen dan bagian ujungnya meruncing. Bentuknya yang unik ini sangat cocok dijadikan sebagai hiasan ruangan.



Berikut beberapa cara untuk menanam sansevieria:

1. Ambil daun sansevieria yang sudah tua dengan ukuran 5 - 10 cm.

2. Oleskan perangsang akar pada bagian daun, perangsang akar ini dapat Anda peroleh pada penjual tanaman dengan mudah.

3. Tanam daun pada media tanam, media tanam tersebut berupa campuran sekam bakar, sekam mentah, pakis dan pasir. Masing-masing campuran tanam tersebut memiliki perbandingan satu banding satu.

4. Letakkan tanaman lidah mertua dengan posisi vertikal.

5. Siram dengan air secukupnya dan pastikan mendapatkan cahaya sinar matahari secara cukup.

6. Biarkan tanaman sampai tumbuh akar.

Berapa Harga Tanaman Hias Sansevieria?

Langkah dalam membudidayakan tanaman hias lidah mertua memang bukan hal yang sulit, sehingga Anda dapat mempraktekkannya di rumah secara langsung. Namun, Anda juga bisa membelinya di pedagang tanaman hias agar lebih praktis. 

Tanaman hias sansevieria ini cukup mudah ditemukan di setiap penjual tanaman hias dengan harga yang terbilang murah. Untuk harga dari masing-masing penjual mungkin terdapat perbedaan. Akan tetapi, secara umum tanaman lidah mertua Rp 15.000 dan harga tanaman lidah mertua tiger Rp. 50.000.





(Penulis: Calvin)