Menjadi seorang profesional dalam bidang industri desain interior dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, Diana Nazir kini meluncurkan bukunya yang bertajuk Undesigned! Pada 24 Januari 2024 lalu di Art & Science, Astha.




Sang pendiri kantor konsultan interior yang dikenal dengan nama Artura, Diana Nazir telah memenangkan berbagai penghargaan desain sepanjang perjalanan karirnya.

Sering kali berpartisipasi dalam kegiatan yang memiliki hubungan erat dengan seni, salah satunya berkolaborasi selama beberapa tahun dengan CASA Indonesia sebagai creative director pameran CASA yang diadakan di The Ritz-Carlton, Jakarta, Pacific Place. Lalu Diana Nazir menjadi salah satu pelopor Indonesia Contemporary Art and Design (ICAD), sebuah ajang pameran berskala besar yang menjembatani seni dan desain.




Buku yang diinisiasi oleh Diana Nazir dan ditulis bersama Stephanie Mamonto ini berasal dari kecintaan terhadap seni, memasukan kreativitas ke dalam pemikiran desainnya selama tiga dekade kariernya.

Buku ini didesain oleh Studio Woork yang berfokus mengembangkan desain menjadi sesuatu yang berani, kontemporer serta berdampak.




Menawarkan refleksi sifat mendesain sebagai pemecahan masalah, menampilkan proses dan praktik kreatif yang luar biasa dalam menantang gagasan konvensional desain. Berangkat dari percakapan dengan para desainer, seniman, pekerja media, akademisi dan pemangku kepentingan, kemudian dijadikan sebagai gagasan atau kutipan dalam buku ini.






buku ini menampilkan 12 tokoh, beberapa diantaranya, adi panuntun yang mendirikan sembilan matahari, sebuah biro yang berfokus pada desain, film dan kreatif. kesuksesannya ini diawali dengan mempertunjukan video mapping kali pertama di museum fatahillah, jakarta.

dewi lestari yang dikenal luas sebagai penulis fiksi dan telah menerbitkan 18 buku best-seller di indonesia. lalu giulio cappellini sebagai sosok dibalik jenama furnitur italia legendaris yang identik dengan desain yang menakjubkan.




Raul Renanda, seorang Arsitek Gedung Teater TIM ini dikenal juga sebagai seniman multitalenta yang mencakup arsitektur dan desain produk. Sukses merilis piano SR1928-The Awakening, Raul Renanda juga pernah membawakan acoustic piano SR1928 pada pameran CASA di tahun 2017.

Io Woo, seorang Creative Director yang berhasil memamerkan karyanya di Worldwide Graphic Designers di Gallery Iang, Seoul, Korea Selatan. Serta, Menteri Pariwisata dan Ekoonomi kreatif yang dipenuhi dengan pola pikir dan semangat kewirausahaannya yang mengakar, Sandiaga Uno





Tidak hanya berisi gagasan dan kutipan saja, Undesigned! juga diperkaya dengan karya-karya dari Fotografer Kavin No'eman. Buku ini tersedia untuk di jual di Art&Science dalam jumlah yang terbatas, serta terdapat juga instalasi seni yang mengajak pengunjung menjelajahi perbaduan seni dan desain dan budaya,  berlangsung hingga 11 Februari 2024 di Astha.




Sumber Foto: CASA, ICAD
Teks Oleh: Asnaura