Glass block atau dikenal juga sebagai blok kaca merupakan sebuah material bangunan yang terbuat dari kaca tebal dan kuat, yang umumnya digunakan untuk membangun dinding, partisi ruangan, atau sebagai aksen dekoratif pada rumah Anda. 

Meski terbuat dari bahan kaca, glass block cenderung buram sehingga tetap bisa menjaga privasi suatu ruangan. Saat ini, sudah banyak sekali ide susunan glass block minimalis yang diadopsi dan diterapkan pada hunian Anda. Simak ide susunan glass block minimalis di bawah ini!


Karakteristik Desain Glass Block Minimalis


Glass block lebih banyak digunakan untuk menggantikan fungsi jendela rumah, yang bisa meningkatkan pencahayaan alami masuk ke dalam rumah. Namun, banyak juga yang menggunakan glass block sebagai pengganti dinding utama dan partisi ruangan. Glass block dapat meningkatkan daya tarik pada eksterior dan interior rumah, sekaligus tetap menjaga privasi di dalam rumah. 

Pada umumnya, glass block dibuat dengan ukuran standar 20x20 sentimeter dengan ketebalan kurang lebih 11 sentimeter. Bahan glass block didesain untuk bisa menggantikan jendela, dinding, atau partisi ruangan, yang bisa memberikan pencahayaan alami ke dalam ruangan dengan tetap mempertahankan adanya privasi ke dalam rumah. 

Karakteristik glass block minimalis berikutnya yaitu memiliki bentuk geometris yang tegas dengan bentuk kubus atau persegi panjang. Desain glass block minimalis juga akan menekankan kesederhanaan dalam modelnya, sehingga tidak memiliki banyak bentuk yang berlekuk atau memiliki motif yang rumit.

Penggunaan glass block juga tidak akan menjadikan ruangan di dalamnya terasa lebih panas. Hal tersebut dikarenakan glass block hanya akan membuat pencahayaan alami masuk ke dalam rumah, tapi tidak dengan hawa panasnya. Ketebalan dan rongga yang dimiliki glass block diklaim bisa menahan panas matahari, sehingga yang masuk ke dalam ruangan hanyalah cahayanya saja, bukan hawa panasnya. Dengan begitu, penggunaan glass block minimalis pada rumah Anda juga bisa menghemat penggunaan energi listrik.

Model glass block yang sederhana membuat pemasangannya menjadi lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan cara pemasangan jenis bahan material lainnya. Bahan glass block bisa direkatkan satu sama lain dengan menggunakan campuran air dan semen dengan perbandingan 1:3, seperti cara pemasangan material bata atau roster. Anda juga bisa merapikan bagian sela atau sambungan glass block dengan menggunakan sealant.


Ide Menyusun Glass Block Minimalis yang Estetik


Untuk menggunakan glass block pada rumah Anda sebenarnya bukanlah hal yang sulit, hanya saja harus dipikirkan tentang ide susunan yang tepat sehingga tetap memperhatikan segi estetikanya. Berikut adalah beberapa ide atau inspirasi susunan glass block minimalis di bangunan rumah tinggal untuk mendapatkan pencahayaan alami secara estetik.


Glass Block di Area Kamar Mandi


arsitek: room+ design & build / fotografer: sm art studio

bahannya yang terbuat dari kaca, menjadikan glass block ideal untuk digunakan di area kamar mandi. selain tahan terhadap kelembapan dan air, menggunakan glass block juga bisa memberikan pencahayaan yang baik ke dalam kamar mandi dan menambah nilai estetika, tanpa harus khawatir privasi terganggu. untuk meningkatkan privasi di dalam kamar mandi, anda bisa menggunakan gorden anti air yang terbuat dari bahan pvc atau plastik. 


glass block sebagai partisi ruangan


arsitek: studio11 / fotografer: dmitry tsyrencshikov

glass block juga bisa digunakan sebagai partisi antar ruangan. selain menjadi dinding pembatas, sifat glass block yang cenderung transparan juga akan menjadikan ruangan terlihat lega meskipun memiliki lahan terbatas.


sebagai pengganti jendela


arsitek: nimtim architects / fotografer: french + tye

glass block juga bisa digunakan sebagai pengganti jendela rumah. itu akan memberikan pencahayaan yang baik ke dalam rumah, sekaligus meningkatkan privasi di dalam rumah. ditambah, glass block sebagai pengganti jendela juga bisa menjadi aksen yang menonjol bagi eksterior maupun interior rumah anda. 


sebagai pengganti dinding rumah




arsitek: brad swartz architect & henry wilson / fotografer: tom ferguson & katherine lu 

penyusunan glass block juga bisa dilakukan sebagai pengganti dinding rumah. itu akan membantu memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam rumah, sekaligus meningkatkan daya tarik visual eksterior dan interior rumah anda. untuk memberi privasi ke dalam rumah, anda bisa menggunakan blackout gorden. 


sebagai pengganti skylight window

inspirasi penyusunan glass block berikutnya bisa sebagai pengganti skylight window. glass block bisa disusun secara berderet di bagian ceiling rumah, sehingga bisa memasukkan pencahayaan alami, dengan tetap menjaga privasi di dalam rumah. 


glass block di area tangga


arsitek: tal goldsmith fish design studio / fotografer: amit geron

penyusunan glass block juga bisa dilakukan di area sekitar tangga. itu bisa berfungsi sebagai aksen menonjol di dalam rumah, sekaligus sebagai partisi antar ruangan. 


glass block di area dapur


arsitek: brad swartz architect, henry wilson / fotografer: tom ferguson

penggunaan glass block juga bisa memberikan daya tarik tersendiri pada dapur anda. anda bisa menggunakan glass block sebagai partisi maupun pengganti dinding utama. menggunakan glass block pada area dapur juga bisa memberikan pencahayaan yang memadai masuk ke dalam rumah. 

penggunaan glass block di area dapur juga dinilai lebih menguntungkan, karena permukaan yang terbuat dari bahan kaca yang licin sehingga mudah untuk dirawat dan dibersihkan. untuk membersihkannya dari cipratan air, minyak, atau jenis kotoran lainnya yang mungkin menempel pada permukaan glass block, anda hanya cukup mengunakan kain lap basah. 


sebagai dinding pagar rumah


Arsitek: Junsekino Architect and Design / Fotografer: Spaceshift Studio


Satu lagi inspirasi penggunaan glass block minimalis, yaitu sebagai dinding pagar rumah. Ini merupakan ide yang unik dan menarik untuk memasukan material glass block ke dalam hunian Anda. Anda tidak perlu khawatir karena susunan glass block minimalis ini sebagai dinding pagar rumah tetap akan menjaga privasi ke dalam rumah. 


Itulah beberapa inspirasi susunan glass block minimalis yang bisa Anda gunakan di rumah Anda. Pastikan untuk menggunakan glass block dengan material bahan yang kuat dan berkualitas sehingga lebih awet tahan lama untuk digunakan, dan tetap menjaga privasi di dalam rumah. 





(Penulis: Calvin)