Sebagai pemilik rumah, Anda tentu ingin memiliki taman rumah yang indah dan enak dipandang. Selain untuk mempercantik rumah, taman juga bisa jadi tempat healing untuk menenangkan pikiran. 

Jika Anda berencana untuk menata ulang taman depan rumah, AlaCASA punya beberapa tipsnya untuk Anda. Simak!


1. Menambahkan kolam ikan 


(Photo: Fran Parente (@franparente) / Arsitek: T38 Studio (@t38studio))


Untuk mempercantik taman depan rumah, Anda bisa menambahkan kolam ikan minimalis ke dalam taman. Keberadaan kolam ikan ini juga bisa memberikan suasana rileks dan membantu menenangkan pikiran. Tambahkan pula bebatuan dan tanaman rindang di sekitar kolam ikan untuk meningkatkan kesan sejuk ke dalam taman rumah. 


2. Pakai rak untuk menata tanaman hias


(Photo: Richard Hammond / Arsitek: Inverse Project)


Supaya taman rumah terlihat lebih rapi dan enak dipandang, jangan biarkan pot tanaman hias berantakan. Anda dapat menggunakan rak minimalis untuk menyimpan koleksi tanaman hias Anda atau menggantung pot tanaman hias di pagar, dinding dalam, dan atap rumah. 


3. Tambahkan beberapa patung di taman


(Photo by Tuva Mathilde Løland on Unsplash)

Anda bisa menambahkan beberapa patung pada bagian tertentu di taman Anda, yang dapat meningkatkan kesan artistik dan estetik pada taman. Pilih bentuk patung yang sekiranya sesuai dengan tema taman rumah Anda agar semua elemennya terlihat menyatu dan selaras. 


4. Menambahkan air mancur


(Photo: The Blissful Place @blissfulplace1 on Instagram)

Menambahkan air mancur pada bagian tengah atau samping taman rumah bisa membuatnya terlihat lebih menarik. Ini juga bisa menambah nilai estetika dan meningkatkan kesan elegan.


5. Tambahkan pergola untuk bersantai


(Photo & Arsitek: @designcollectivearchitects)


Jika taman hunian memiliki area yang luas, Anda bisa menambahkan pergola ke dalam taman. Pergola adalah salah satu bagian rumah yang berdiri sendiri ataupun digabung, yang berfungsi sebagai tempat bersantai. 

Perbedaan kanopi dan pergola sangat terlihat jelas pada konstruksi atapnya. Jika bagian atap kanopi biasanya tertutup dengan material plastik polimer atau polycarbonate yang mampu melindungi dari perubahan cuaca, sementara bagian atap pergola modelnya semi terbuka, berupa balok kayu yang disusun tidak rapat secara vertikal atau horizontal —sengaja dibuat memiliki celah-celah. 

Celah-celah itu umumnya digunakan sebagai media untuk tanaman rambat, yang semakin meneduhkan area di bagian bawahnya dan memberikan kesan alami. 

Di sini, Anda bisa bersantai menikmati keindahan taman sambil mungkin membaca buku dan bersenda gurau bersama keluarga. Sangat relaxing


6. Tambahkan furnitur pada taman


(Photo: minotti.com)


??Jika kamu memiliki area taman yang tidak cukup luas, tetapi ingin memiliki area bersantai yang nyaman. Coba pertimbangkan untuk menambahkan furniture outdoor di taman, berupa kursi santai berlengan dan coffee table bermaterial kayu jati yang sangat minimalis namun bergaya. 

Kayu jati ini merupakan salah satu material furnitur outdoor terbaik karena tahan air, kuat, dan tahan busuk, sehingga akan lebih tahan lama dan tahan terhadap segala perubahan cuaca. Material kayu jati juga sangat versatile, yang artinya bisa dipadukan dengan berbagai konsep teras rumah. 

Pilihan material terbaik lainnya untuk furnitur outdoor seperti anyaman rotan, alumunium, polystone, dan polypropylene.



Furnitur outdoor ini akan memberikan kenyamanan ketika duduk-duduk bersantai dan meningkatkan pengalaman dalam menikmati keindahan taman sambil menyisip secangkir kopi hangat. Plus, furnitur outdoor dari Minotti mampu menambah nilai estetika pada sebuah taman rumah. 


7. Berikan pencahayaan yang baik



Agar taman tidak tampak gelap dan menakutkan di malam hari, Anda dapat menambahkan lampu-lampu di beberapa bagian taman hunian Anda. Keberadaan lampu-lampu ini juga akan membuat taman semakin indah dan memberi kesan romantis.

Anda bisa menggunakan lampu gantung atau lampu taman sebagai sumber penerangan di taman rumah. Jika Anda memiliki rooftop, pencahayaan yang serupa bisa Anda pilih. Pastikan menggunakan permainan warna lampu agar rumah terlihat lebih menarik. 


8. Beri sentuhan aksen kayu pada taman 


(Photo: : Jeremy Hartono (@hartonojeremy) / Arsitek & Interior: Tektonik Arsitektur (@tektonikarsitektur) / Kontraktor: Diagonal Design)


Sentuhan aksen kayu pada taman akan meningkatkan kesan natural pada taman. Anda bisa menghadirkan aksen kayu melalui kursi dan meja taman, rak pot tanaman hias, atau lantai kayu, yang akan membuat taman terlihat lebih dinamis dan hangat. Ini akan membuat taman rumah Anda terasa lebih nyaman dan menenangkan. 

Kamu bisa menggunakan beberapa jenis kayu sebagai bahan furniture kamu seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, kayu bengkirai, atau kayu damar laut yang terkenal keras dan tahan akan cuaca dan serangga.


9. Berikan akses jalur setapak pada taman


(Photo: Maria Mira / Arsitek: Arturo Sanz)


Fungsi utama jalur setapak pada taman hunian Anda adalah untuk memudahkan Anda berjalan-jalan menikmati keindahan taman. Anda bisa membuat jalur setapak dari bebatuan, kayu, kerikil, atau concrete. 


10. Menggunakan pot warna-warni


(Photo: Margaret Wright (@margaret.wright) / Desainer: Erin Barrett (@sunwoven))


Jika Anda ingin menghadirkan kesan cheerful pada taman hunian, Anda bisa menambahkan warna-warna yang lebih cerah dan ceria melalui pot-pot tanaman hias. Ini akan membuat taman Anda terlihat lebih menarik dan unik. Agar tidak menimbulkan kesan norak dan berlebihan, Anda bisa memilih warna-warna cerah yang match satu sama lain. Itu bisa menjadi titik focal yang kontras di taman rumah Anda. 



Itulah beberapa tips yang bisa jadi inspirasi Anda dalam menata taman depan rumah. 




Teaser photo by Maria Mira / Arsitek: Arturo Sanz
Penulis : Calvin
Editor : Raisa Benaya Ranti & Zaza