Daikin Proshop Designer Award hadir kembali sebagai event tahunan bagi penggiat desain interior dan arsitektur yang diselenggarakan oleh PT Daikin Airconditioning Indonesia. Puncak penyelenggaraannya dilaksanakan pada Selasa, 24 November 2023 lalu di Hotel Westin, Jakarta.




Tahun ini Daikin telah memilih 18 pemenang dari tiga kategori utama dan tiga kategori khusus yang menjadi representasi karya terbaik di antara lebih dari 350 peserta yang berpartisipasi sejak dibukanya pendaftaran pada Kamis, 1 Juni 2023 lalu.


Daikin melakukan kolaborasi dengan asosiasi besar, yaitu Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), dengan mengusung tema RE:IMAGINE hingga menjadi kompetisi yang unik dan menantang bagi para peserta. 




Peserta yang mengikuti kompetisi ini juga beragam, mulai dari mahasiswa maupun professional yang bertujuan untuk mengimajinasikan kembali hunian ideal dengan menempatkan kenyamanan tata udara dan dekor keseluruhan interior sebagai kesatuan yang padu dalam estetika sebuah ruang.




“Kami sangat bangga dengan semakin meningkatnya jumlah peserta sekaligus beragamnya pendekatan yang digunakan dalam karya-karya pemenang,” ujar Shinji Miyata, Presiden Direktur Daikin sebagai sambutan penyelenggaraan malam penghargaan kompetisi ini.


“Membawa semangat bagi semakin bertumbuhnya ide tentang lahirnya hunian ideal yang memberikan kenyamanan dalam ruang dari paduan estetika dengan tata udara,” jelasnya. 




Tumbuhnya ide tentang hunian ideal ini, sesuai dengan asal mula penyelenggaraan Daikin Designer Award yang ke-3 ini. Lebih dari sebuah kompetisi, penyelenggaraannya bermaksud membuka ruang bagi para pegiat arsitektur dan desain interior dapat berbagi visi yang sama tentang suatu hunian yang tak hanya mementingkan aspek estetika.


Nyatanya, kelengkapan dengan solusi tata udara sebagai pendukung kenyamanan dan kesehatan yang harmoni dengan keseluruhan dekor interior ruang juga sangatlah penting. 




Daikin memiliki ragam teknologi dan inovasi pada lini produknya, salah satunya adalah dengan menjadi spesialis AC global dengan pengalaman yang hampir menyentuh satu abad. Hadir melalui jajaran AC Daikin Home Central yang memungkinkan penyederhanaan instalasi terkait pemipaan karena satu unit outdoor dapat terhubung dengan beberapa unit indoor sekaligus sesuai kapasitas pendinginannya.


AC Daikin Home Central pun memiliki desain unit indoor beragam. Dirancang sedemikian rupa bertujuan untuk dapat berpadu sekaligus menambahkan nuansa elegan bagi interior tiap jenis ruang sesuai peruntukannya.


Konsep baru!




DDA 2023 kali ini menghadirkan beberapa kategori pilihan, meliputi The Most Photogenic Restaurant Design 2023, Finished Project Architectur, Finished Project Interior Design, Conceptual Interior Design Residential For Student and professional, Conceptual Interior Design F&B For Student and Professional, hingga Sarwendah's Choice.


Di tahun ini, DDA melakukan sesi sayembara desain arsitektur dan interior yang bekerjasama dengan Sarwendah. Untuk interior hunian, rumah tinggal Sarwendah beserta suami dan ketiga anaknya yang berlokasi di BSD City Cluster Kanade at The Zora Tipe 10 dengan luas 200 meter persegi menjadi tantangannya. Sementara bagi tata interior ruang komersial, memberi tantangan tak kalah besar.




Dikenal dengan konten yang family friendly dan memiliki tiga orang anak, Sarwendah ingin tiap anaknya memiliki kamar masing-masing dengan warna yang sesuai dengan kesukaan.


Bagi Sarwendah, rumah adalah tempat untuk shooting, oleh karena itu setiap sudutnya harus terlihat estetis bahkan hingga ke sudut F&B yang mendambakan konsep bernuansa Jepang.




Berbasis tempat usaha Sarwendah yang berlokasi di Ruko Daikanyama The Zora BSD, Tangerang, tantangan ini dibuat dengan tingkat kesulitan tinggi untuk menata keseluruhan interior dari bangunan dua rumah toko (ruko) yang dijadikan satu yang memiliki tiga laintai dan satu rooftop dengan luas keseluruhan 200 meter persegi. 



Beberapa daftar pemenang dari kompetisi DDA 2023 adalah:


1. Special Recognition: Yori Antar, Leo Einstein, dan Ary Indra.

2. Finished Project Interior: Cowema Studio.

3. Finished Project Architectur: Gets Architect.

4. Conceptual Professional F&B: PT Allure Cipta Persada.

5. Conceptual Professional Residential: Rons Studio.

6. Sarwendah's Choice F&B: Edylim.

7. Sarwendah's Choice Residential: Morphe Architectur & Interior.

8. Conceptual Student F&B: Darwis Jayadi, Laric Ferdianus, dan Alexandra Lidwina.

9. Conceptual Student Residential: Marvin Luckianto, Drake Agrajalada Liemmore, dan Gerry Leonardo. 




Teks oleh: Nisrina Zahrani 
Sumber foto: Daikin Proshop Designer Award 2023