Ternyata tidak hanya kayu, bambu juga dapat dijadikan bahan interior, bahan baku mebel, kerajinan, serta konstruksi.




Dengan pertumbuhan yang sangat cepat, dan jenisnya yang sangat banyak di Indonesia. Penggunaan bambu sudah menjadi tren sebagai bahan baku pembuatan interior yang alami.

Salah satunya adalah bambu betung, jenis bambu yang paling banyak dimanfaatkan dalam pembuatan furnitur. Karena, bambu betung menghasilkan karbon yang lebih banyak.




Hal ini diterapkan oleh Pring Studio yang terinspirasi dari furnitur yang Khas Jawa. Dennis Plumer, Managing Director Pring memilih bambu untuk mengembangkan rancangan furniturnya. Tertarik karena pertumbuhan bambu yang sangat cepat, Dennis mengatakan bahwa bambu lebih kuat daripada kayu.





Merancang dengan desain yang minimalis dengan konsep kursi yang dapat distacking dan pada bagian bawah kursi menggunakan struktur berbentuk X, ini dicapai dengan proses laminasi dan menjadi fitur yang mencolok pada produk Pring.

Produk ini dalam proses pembuatannya sangat unik, pada mulanya mengambil batang bambu dengan diameter mulai dari 15 hingga 20 sentimeter.




Kemudian dipotong menjadi dua dan dilakukan laminasi serta diamplas sehingga menghasilkan permukaan yang sangat lembut dan juga indah. Desain pada bambu ini tidak hanya meningkatkan kekuatan kursi tetapi juga mengekspos butiran ujung bambu, menambahkan detail yang menarik.






Tidak hanya itu, penggunaan struktur bambu yang digunakan ialah papan ganda pada kaki kursi, ini menciptakan tampilan yang sangat ramping pada kursi namun tetap memperhatikan kerangka yang kokoh. Keunikan lain dari bambu sebagai interior rumah yaitu pada warna alami bambu yang terkena sinar matahari dan oksigen akan mengalami penggelapan karena pematangan.





Koleksi Pring yang paling banyak diminati adalah Kursi Kidul, Kursi dengan sandaran tangan, Meja Alun, Meja Café dan kursi dengan berbagai macam bentuk.









Karya furnitur bambu dari Pring Studio bukan hanya sekadar furnitur saja, namun juga merupakan pernyataan seni yang menggambarkan keharmonisan antara alam dan desain modern. Dengan sentuhan unik dan menambahkan ciri khas mereka, Pring Studio terus mengilhami penggemar desain interior untuk melihat bambu dalam perspektif yang baru dan memukau.


Sumber Foto: Pring Studio
Teks oleh: Asnaura