TAEP/AAP membangun sebuah kanopi seluas 492meter persegi. Dengan luas yang cukup megah, rancangan kanopi ini dibangun sebagai bangunan multifungsi sebagai restoran dan area logistik berada di Sharq, Kuwait City, Kuwait.



Ide ini memfokuskan pada fungsionalitas dan estetika sehingga menjadikan sebuah bangunan unik yang menciptakan pengalaman menarik pada perkotaan yang dinamis. Kanopi yang berada di pusat jantung kota ini dikenal sebagai tempat berkumpul yang terkenal, karena dapat berbincang dengan menikmati pemandang yang menakjubkan.



Bentuk kotak yang unik dari bangunan ini memang membuat siapapun akan tertuju dan penasaran untuk mengunjunginya.

Instalasi dengan lapangan terbuka di lantai bawah yang menyediakan layanan tempat duduk restoran serta drive-in. Kemudian pada lantai atas bangunan terdapat juga area menakjubkan dengan menawarkan pemandangan panorama.





 Selain itu di lantai atas juga terdapat area bermain anak-anak dan terdapat seluncuran yang mengikuti kecenderungan kemiringan dari kanopi. Tidak hanya bentuk dan fasilitas bangunan yang unik, dalam pemilihan cat warna, bangunan ini juga sangat memperhatikannya.




Pemilihan warna dipilih yang cukup mencolok namun tetap memperhatikan estetika ini dilakukan agar dapat menarik perhatian dan membuat bangunan ini tidak mudah terlupakan.




Penggunaan warna putih pada lantai yang mengkilap, warna merah pada langit-langit dan furnitur seperti kursi, meja dan payung. Serta perpaduan dengan warna kuning pada seluncuran di area bermain anak, merupakan perpaduan warna yang sempurna serta bisa menghadirkan suasana yang semangat dan meriah.




Tidak hanya menjadi restoran, Kanopi ini juga dapat digunakan sebagai pertunjukan teater luar ruangan pada acara pertunjukan tertentu, atau bahkan bisa dijadikan bioskop sesuai dengan infrastruktur yang sesuai.




Sebagai instalasi yang merangkum area logistik dan restoran. Kanopi ini dirancang seperti terbungkus oleh kotak. Interior dari restoran ini menggunakan keramik putih yang mengkilap serta eksterior dengan cat matte dan mesh metalik.






Sesuai dengan mencerminkan inspirasi restoran, sebagai bangunan yang fungsional namun memperhatikan kepuasan pelanggan.

Pemilihan bahan yang digunakan bangunan ini berasal dari bahan dasar baku yang berasal dari alam, dalam pembangunan ini dipadukan dengan teknologi dalam perakitannya.




Desain ini juga memperhatikan pada pencahayaan, dengan menggunakan ventilasi alami ini mencuptakan pencahayaan dengan memastikan akses udara alam dapat masuk dengan baik serta menciptakan ruang nyaman, layak huni dan menyenangkan.




Fokus pada bangunan ini adalah elemen vertical utama restoran, terdapat tangga spiral dengan warna merah berani ini, bagi TAEP/AAP tangga spiral ini menggambarkan arsitek sebagai "lingkaran" penghubung interior serta eksterior restoran.



Selain bangunan gedung yang unik, tangga penghubung ini juga tak kalah uniknya, dengan bentuk spiral yang melengkung seperti masuk kedalam sebuah terowongan kepada interior bawah kanopi.

Hal ini tentu saja meningkatkan istimewanya bangunan ini serta menambah harmoni pada seluruh proyek.




Proyek yang dibangun dengan hati-hari ini tentu saja dilakukan untuk menekankan keinginan melayani pelanggan dengan cara yang modern namun juga sangat optimal.

Tak hanya itu, restoran ini juga memastikan kepuasan pelanggan dengan makanan yang berkualitas dengan waktu yang cepat dan singkat serta dengan pengalaman yang menyenangkan.




TAEP/AAP berhasil menjadikan sebuah mahakarya instalasi yang dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan dan preferensi penduduk kota.


Sumber foto: Fernando Guerra | FG+SG
Teks oleh: Asnaura