Kejutan menarik hadir di tengah mall terbesar se-Indonesia, yaitu pameran desain interior bertajuk Beyond Living yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 20 Oktober 2024 di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya, Jawa Timur.


Pertama kali diselenggarakan di Surabaya, pameran menampilkan karya 4 desainer lokal ternama dimulai dari Hadiprana, PAI Design, Endramukti Design, dan KantorGG yang merancang rumah mewah dengan total luas 1.200 m2. Rumah mewah ini memiliki ukuran serta layout yang serupa dengan dua unit apartemen Lancaster yang merupakan properti teranyar dalam fase 5 Pakuwon Mall.


Yudi D Hertanto / La Palma Landscape


Beyond Living


“Yang membuat publik harus mampir ke pameran adalah karena selama ini belum pernah diadakan acara seperti ini di Surabaya dan kita harapkan mereka mampir untuk melihat dan merasakan bagaimana suatu desain yang nyaman untuk di rumah mereka” - Hidajat Endramukti (Endramukti Design)


St. Germain des Prés (Living room oleh Endramukti Design)


Tim Endramukti Design / Beyond Living


Desain yang nyaman versi Endramukti Design turut dicerminkan dalam living room dengan double-height ceiling bergaya modern eklektik. Ruang dihiasi dengan dekorasi bergaya vintage serta sentuhan tradisional demi berikan kesan homey yang juga menjadi ciri khas desainer.


Rue St. Honoré (Master Suite oleh Endramukti Design) /  Hidajat Endramukti



Le Marais (Gym & Powder oleh Endramukti Design) / Yudi D Hertanto - La Palma Landscape


Baca juga, 17 Ruang Tamu Minimalis yang Super Nyaman


Rumah mewah ini terbagi atas 12 tipe ruang yang menampilkan berbagai ambience mencerminkan karakter desain para desainer. William K. Patty selaku Interior Design Principal dari Hadiprana mengatakan bahwa,”Beyond Living menghadirkan empat konsultan ternama Indonesia yang sudah cukup berumur dengan segala karakter desain serta market segmentation. Sehingga pengunjung di Surabaya maupun Indonesia dapat melihat sekaligus menikmati bagaimana design vocabulary, eksekusi, dan approach para desainer.”


Tim Hadiprana / Beyond Living


Turut diinisiasi oleh Game Plan dan didukung oleh CASA sebagai media partner, pameran diharapkan mampu memperlihatkan local artistry serta inovasi desain yang meleburkan batasan antara kreativitas dan zona nyaman.


Contohnya saja interior living room dan kamar tidur anak ciptaan Hadiprana yang terapkan dark tones dengan sentuhan budaya Indonesia bagian Timur diolah kembali menjadi elemen interior. Desainer mengeksplorasi bentuk alat tenun menjadi partisi dinding serta skylight yang selaras dengan desain interior masa kini.


Bangga Darti (Living room oleh Hadiprana) / Beyond Living


“Hal terpenting, justru kita ingin masyarakat bisa belajar bahwa kita mau memberikan satu pembicaraan baru kepada publik, terutama di Surabaya. Di sini kita merepresentasikan atau mendefinisikan luxurious yang ternyata memiliki banyak arti. Ini terlihat dari karya 4 desainer yang ikut serta, tiap desainer bisa menciptakan luxurious rooms yang berbeda-beda.” - Giovanni Gunawan (Managing Director KantorGG) & Joel Ludong (Interior Design Principal KantorGG)


Tim KantorGG / Beyond Living


Bagi KantorGG, personalisasi dan fungsional adalah hal krusial dalam menerapkan arti luxury dalam desainnya. Visi ini terpotret dalam ruang kerja, kamar tidur, pantry, hingga outdoor dining room yang miliki desain berkesan bold, sophisticated, sekaligus eksotis.


Si' Re'treat (Office & Library oleh KantorGG) / Beyond Living





Gucci Cucinne (Pantry & outdoor dinging oleh KantorGG) /  Yudi D Hertanto - La Palma Landscape


Baca juga, Bisa Dicoba! Tips Dekor Rumah Modern ala Rumah Mewah


Desainer turut berkesempatan untuk eksplorasi dengan bebas dalam menginterpretasikan makna nama pameran dalam karyanya. Salah satunya adalah PAI Design yang menciptakan persona khusus demi membangun ruangan yang unik bernama Guarida de Dama.


Tim PAI Design / Beyond Living


“I think we were just in that room designing a space that is maybe something you wouldn't have heard of before. We often work with clients. But in the Guarida de Gama, I was able to create a client and somebody that maybe was a bit braver than we normally meet. I would like people to see that there is room for people to take a risk and do something that is really about them while not worrying about what other people think” - Thomas Elliot (Director of Design PAI Design)

Guarida de Dama (Cigar room oleh PAI Design) / Beyond Living


Selain itu, PAI Design juga menampilkan inspirasi apartemen berkonsep open space terdiri dari pantry, dining room, dan terrace yang terkoneksi dengan outdoor space melalui lanskap.


Skyline Paradise (Pantry, dining, powder, dan terrace oleh PAI Design)


Berlangsung selama 2 minggu, pameran menyuguhkan beragam talkshow inspiratif. Begitu pula immersive experience yang unik, terutama bagi pengunjung yang sedang membangun rumah impiannya, karena dapat berinteraksi dan melihat langsung penerapan beragam produk dimulai dari finishing hingga furnitur yang berkualitas.


Beyond Living





Sumber foto teaser: Yudi D Hertanto - La Palma Landscape