Meletakkan tanaman akan menambah suasana segara di rumah. Namun jika Anda tinggal berdampingan dengan kucing, penting untuk memilih tanaman yang aman bagi kucing.



Damian Lugowski


Kucing sering kali memukul dan menggigit, oleh karena itu pilihlah tanaman yag tidak beracun dan aman bagi kucing. Tidak perlu bingung karena ada banyak tanaman yang bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya redup dan ruang yang terbatas.


Berikut 7 tanaman yang bisa Anda letakkan di rumah untuk berdampingan dengan kucing kesayangan:


1. Maranta Leuconeura


Elizabeth Fernandez


Memiliki pola daun mencolok dengan warna hijau muda, hijau tua, dan merah. Daun tanaman ini akan melipat di malam hari dan tampak seperti tangan yang sedang berdoa, membuat tanaman ini disebut juga sebagai tanaman doa.


Penting untuk memberi tanaman ini tanah yang memiliki drainase yang baik karena tanah yang basah dapat menyebabkan akar membusuk dan mati.


2. Peperomia Obtusifolia


Jamaludin Yusup

Daun hijau tebal, berkilau, dan cerah dengan batang bulat berwarna merah, tanaman ini begitu menarik perhatian. Perawatanya juga mudah karena tidak perlu disiram secara teratur.


Merupakan tanaman tropis, tanaman ini menyukai tingkat kelembapan sedang hingga tinggi. Tanaman yang umum disebut tanaman karet bayi ini tumbuh paling baik dalam kondisi cahaya terbatas, untuk itu hindari cahaya langsung yang akan menyebabkan tanaman terbakar.


3. Aspidistra Elatior


Skymoon13


Salah satu tanaman yang tidak memerlukan banyak cahaya dan aman untuk kucing. Memiliki julukan tanaman bar, dapat tumbuh hingga setinggi 3 kaki dengan daun besar yang tumbuh sekitar 2 kaki panjangnya.


Hanya membutuhkan perawatan yang sangat sedikit dan tidak dapat disiram berlebihan, menjadikannya pilihan yang tepat bagi Anda yang jarang memiliki waktu untuk menyiram tanaman.




4. Hypoestes Phyllostachya


Leticia Almeida


Disebut juga tanaman polkadot karena memiliki dedaunan hijau berbintik merah muda, tetapi jenis dengan variegasi ungu, putih, atau merah juga tersedia.


Tanaman ini tumbuh baik dalam kondisi hangat dan lembap dengancahaya terang tidak langsung. Terlalu banyak cahaya justru akan membuat tanaman ini layu.


Baca juga: Rumah Bebas Tikus, Ini 6 Tanaman Pengusir Tikus!


5. Bromelia


Leticia Almeida

Jika Anda menginginkan tanaman hias yang aman untuk kucing, minim cahaya, dan memiliki tampilan bunga yang mencolok dengan daun warna-warni yang memukau, tanaman dari famili bromelia ini menjadi pilihan yang tepat.


Keindahan tropisnya hanya berbunga sekali selama masa hidupnya jika dalam kondisi tepat. Bromelia dapat tumbuh di udara, bebatuan, taman, hingga pot dengan baik.


6. Saintpaulia Lonantha


Leticia Almeida


Tanaman hias ini lebih menyukai kondisi yang hangat, lembap, dan basah, sehingga dapat juga ditanam di air. Tanaman violet Afrika ini menyukai cahaya terang, tetapi terlalu banyak cahaya akan merusak ujung daunnya.


7. Chlorophytum Comosum


Yaoinlove


Merupakan pilihan tanaman hias yang populer karena mudah dirawat, memiliki kualitas pemurni udara, dan pertumbuhan dedaunannya yang unik.


Tanaman yang disebut tanaman laba-laba ini menghasilkan tunas yang menggantung dari tanaman induk. Tumbuh baik dengan sedikit cahaya alami dan dapat tumbuh dalam cahaya redup, hanya saja pertumbuhannya tidak terlalu banyak. 



Teks oleh: Nisrina Zahrani