Para pecinta drama Korea tentu sering melihat visual kamar tidur yang tampak sangat rapi, minimalis, dan estetik—meski, itu bukanlah kamar yang luas. Jika Anda berencana untuk mengubah layout dan nuansa kamar tidur, beberapa ide desain kamar ala Korea ini bisa jadi inspirasi Anda. Simak!


1. Menggunakan warna cat dinding bernuansa lembut


@dear._.hyunjee


Salah satu ciri khas desain kamar ala Korea yakni menggunakan warna cat dinding bernuansa lembut, seperti putih, krem muda, atau warna pastel. Penggunaan warna-warna soft ini akan membuat kamar terlihat lebih luas, clean, dan lebih menarik. Cukup jarang ditemukan warna-warna cat dinding yang cenderung berani dan gelap pada desain kamar ala Korea. 


2. Menggunakan furnitur kayu


@mogmog_you


Jika Anda perhatikan, penggunaan furnitur kayu cukup mendominasi desain kamar ala Korea. Furnitur kayu dibiarkan dengan warna aslinya, atau dicat menggunakan warna cokelat muda—tampak seperti warna aslinya. Penggunaan warna-warna soft pada dinding membuat furnitur kayu tampak lebih menonjol tanpa terlihat berlebihan. 

Beberapa furnitur kayu yang bisa Anda pilih untuk menciptakan desain kamar ala Korea, yakni dipan atau alas kasur meja, kursi, bahkan lemari. Selain kayu solid, Anda juga dapat menggunakan furnitur dari anyaman dan rotan untuk memberikan kesan yang lebih unik.


3. Penggunaan cermin yang estetik


@65.48.k


Penggunaan cermin juga jadi salah satu elemen penting untuk menciptakan desain kamar ala Korea. Jika biasanya, cermin dipasang di dinding, tetapi berbeda dengan kebanyakan kamar ala Korea yang lebih memilih menyandarkan cermin pada dinding. Penggunaan cermin pada kamar tidur ini bisa memberikan efek ruangan yang lebih luas. 

Untuk membuat desain kamar ala Korea yang lebih menarik dan kekinian, pilih cermin full body dengan frame yang tidak terlalu tebal. Anda dapat meletakkan cermin tersebut di salah satu sudut ruangan sehingga terlihat lebih menarik dan tidak meninggalkan fungsinya.


4. Letakkan tempat tidur di dekat jendela


@dear._.hyunjee


Salah satu ciri khas lain dari desain kamar bernuansa Korea yakni dengan meletakkan tempat tidur di dekat jendela. Selain memberikan sirkulasi udara yang lebih baik, pada pagi dan siang hari, kamar juga akan terlihat lebih terang. Jika memungkinkan, Anda dapat membuat sliding window yang cukup besar untuk menambah sirkulasi udara ke dalam kamar. 

Gunakan gorden vitrase sebagai layer pertama, lalu gunakan blackout curtain sebagai layer kedua. Jadi, pada pagi dan siang hari, kamar tetap mendapatkan sinar cahaya yang memadai, sedangkan pada malam hari, Anda tetap mendapatkan privasi dan kenyamanan. 


5. Gunakan cahaya lampu yang lembut


@maerang




Ciri lain dari desain kamar ala Korea yakni penggunaan cahaya yang terkesan lembut. Pilihlah lampu yang tidak memancarkan cahaya terlalu terang guna menciptakan suasana yang nyaman dan cozy. Beberapa kamar ala Korea juga kerap menambahkan lampu di setiap sudut.

Supaya lebih menarik, Anda dapat menggunakan string led atau lampu LED yang dipasang di beberapa bagian kamar, misalnya di bagian langit-langit atau dekat tempat tidur. Kombinasi warna cat dinding yang lembut, penggunaan furnitur kayu, dan tambahan lampu-lampu lembut, semakin menambah nuansa tenang dan nyaman ke dalam tidur. 


6. Gabungkan dengan elemen tradisional Korea


Selain mendesain kamar yang terlihat modern, Anda juga dapat menggabungkan unsur tradisional ke dalam desain kamar tidur ala Korea. Anda dapat mengambil referensi dari drama-drama Korea bertema sejarah yang kerap menampilkan bentuk jendela atau hiasan dinding ala Korea tradisional. 

Penggunaan dipan yang rendah juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kesan estetik ala tradisional Korea. Anda juga dapat menempatkan karpet bermotif klasik untuk mempercantik kamar minimalis yang mirip dengan drama-drama Korea.


7. Kurang lengkap jika tidak ada tanaman


@dear._.hyunjee


Salah satu ciri lain dari desain kamar ala Korea yakni dengan adanya tanaman hias indoor di area kamar. Tidak perlu tanaman dengan ukuran yang besar, Anda dapat menambahkan tanaman hias indoor dengan ukuran yang kecil-sedang untuk membuat suatu ruangan menjadi lebih hidup.

Anda dapat memilih tanaman hias indoor yang mudah dirawat, seperti lidah mertua hingga tanaman pothos. Kalau merasa repot untuk merawat tanaman hias, Anda dapat menggunakan tanaman artifisial yang terlihat nyata. Letakkan di sudut tertentu atau di meja rias sebagai elemen dekorasi.


8. Aksesori tambahan yang estetik


Untuk memberi kesan estetik, Anda juga dapat memberikan nuansa kamar yang berbeda. Salah satunya dengan menambahkan karpet lembut di bawah kasur. Selain berfungsi sebagai dekorasi, penggunaan karpet lembut juga bisa memberi rasa hangat dan nyaman. 

Selain itu, gunakan juga beberapa aksesoris seperti rak atau pajangan dinding untuk mendukung estetika kamar ala Korea seperti yang Anda inginkan. Di dalamnya bisa diletakkan sejumlah barang kecil seperti pengharum ruangan, pot kecil, lilin aromaterapi, hingga foto-foto.



Itulah beberapa ide desain kamar ala Korea yang bisa Anda terapkan di kamar tidur. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang tepat buat Anda yang sedang mendekorasi ulang kamar. Selamat mencoba!




(Teks: Calvin)