Memilih wastafel cuci piring merupakan salah satu hal penting ketika Anda berencana membuat atau merenovasi dapur. Ternyata, ada banyak model wastafel dapur yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan desain dapur rumah  —dan tentunya budget—mulai dari wastafel single basin, wastafel double basin, hingga wastafel drainboard

Jika Anda sedang mencari ide model wastafel cuci piring untuk dapur rumah Anda, berikut ini beberapa model wastafel dapur yang bisa pilih, termasuk ukuran standar wastafel cuci piring yang juga penting Anda perhatikan. 


1. Undermount Sink


 architecture: kdh residential designs / builder: @newoldcustomhomes / photographer: @mb_productions_nc - / sink product: kallista


model wastafel cuci piring undermount sink, atau juga disebut dengan bottom-mount sink, biasanya dipasang di bawah countertop, sehingga memberikan tampilan seamless dari countertop ke sink—tepian sink tidak terlihat di permukaan countertop. ini juga membuat tampilannya tampak lebih elegan dan mewah. 

model wastafel cuci piring seperti ini juga memungkinkan anda untuk membersihkan area countertop dari air atau remah-remah langsung ke wastafel, karena tidak memiliki tepian yang menghalangi. tetapi, model undermount sink seperti ini biasanya lebih mahal untuk dibeli dan dipasang daripada model wastafel dapur lainnya. 


2. drop-in sink


photo by max rahubovskiy on pexels

drop-in sink, atau disebut juga dengan top-mount sink, overmount sink, atau overlay sink, termasuk salah satu model wastafel dapur paling populer. jika undermount sink dipasang di bawah countertop, drop-in sink justru dipasang di atas countertop, membuat tepian sink tampak terlihat di permukaan countertop

model drop-in sink seperti ini cenderung lebih mudah dipasang, tanpa perlu keahlian khusus dari profesional. inilah yang membuat keseluruhan biaya pembelian dan pemasangan model wastafel dapur ini relatif rendah. tetapi, tepian sink yang berada di permukaan countertop bisa menghalangi anda untuk membersihkan air dan remah-remah langsung dari meja langsung ke wastafel.


3. double basin sink


photo by curtis adams on pexels


sesuai namanya, double basin sink adalah model wastafel dapur yang dilengkapi dengan dua baskom. ukuran baskom pada model wastafel cuci piring ini bisa bervariasai: kedua baskom berukuran sama besar atau satu baskom berukuran lebih besar dari baskom lainnya. double basin sink bisa menjadi pilihan wastafel dapur yang sempuran untuk melakukan dua tugas sekaligus, seperti mencuci piring di satu sisi dan membilas di sisi lainnya. 


4. single basin sink


photo by cup of couple on pexels 


sesuai dengan namanya, model wastafel dapur ini terdiri dari hanya satu baskom saja. model wastafel cuci piring ini ideal untuk dapur kecil dengan space countertop terbatas. single basin sink juga termasuk model wastafel cuci piring yang populer karena desainnya yang modern dan praktis. 

namun, tergantung pada ukurannya, single basin sink mungkin memiliki area pencucian yang terbatas, terutama untuk perlengkapan dapur yang berukuran besar.


5. apron sink


photo by anna shvets on pexels


apron sink adalah model wastafel cuci piring dengan satu baskom besar yang dibedakan berdasarkan dinding depannya, yang membentuk bagian depan wastafel dan juga bagian depan counter. model wastafel dapur ini juga dikenal dengan sebutan farmhouse sink. ini merupakan model wastafel dapur yang bisa menambahkan kesan classic warmth, baik itu pada dapur bergaya modern atau pun dapur bergaya farm

model apron sink yang biasanya menonjol melebihi kedalaman kabinet anda akan menghindari kerusakan signifikan pada material kabinet, karena air, busa, atau tumpahan apa pun yang keluar dari bagian depan wastafel saat proses pencucian akan mengalir perlahan ke lantai alih-alih ke kabinet. anda bisa meletakan kain lap lembut di bagian bawah wastafel untuk menjaga kebersihan area dapur dan membuat lantai dapur tidak licin. 




6. wastafel drainboard


photo by max rahubovskiy on pexels


seperti namanya, wastafel drainboard menggabungkan baskom untuk pencucian di satu sisi dengan drainboard counter-level di sisi lainnya. ini adalah model wastafel dapur yang multifungsi dan tidak memakan banyak space di counter anda, sehingga ideal untuk dapur kecil. pada bagian drainboard biasanya memiliki permukaan yang bisa mengalirkan air kembali ke baskom wastafel. 


7. wastafel terintegrasi


Photo by Max Rahubovskiy on Pexels


Model wastafel cuci piring ini terbuat dari material yang sama dengan countertop, yang bisa meningkatkan estetika dapur Anda. Model wastafel dapur seperti ini bisa memberikan tampilan yang clean, elegan, dan neat pada dapur Anda. 

Namun, model wastafel terintegrasi biasanya memiliki harga yang agak mahal, karena perlu dibuat secara khusus. Dan, jika terjadi kerusakan pada satu bagian wastafel atau countertop, itu tidak bisa dilepas atau diganti begitu saja,  mungkin perlu mengganti keseluruhannya. 


Ukuran Standar Wastafel Dapur


Mengenai ukuran standar wastafel cuci piring, ukurannya bisa bervariasi tergantung pada model wastafel dapur dan space yang tersedia pada counter. Serta, tujuan penggunaan dan preferensi Anda. Lebih besar tidak selalu lebih baik; tentukan ukuran wastafel cuci piring yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan ruang yang Anda miliki. 

Namun, ukuran standar wastafel dapur yang paling umum untuk single basin sink, yaitu panjang 70-77 sentimeter, lebar 48-55 sentimeter, dan kedalaman wastafel sekitar 20-25 sentimeter. Untuk model double basin sink, ukuran standar paling umum yaitu panjang 80-120 sentimeter, lebar 48-56 sentimeter, dan dengan kedalaman serupa. 



Itulah beberapa model wastafel cuci piring yang bisa Anda sesuaikan dengan dapur rumah Anda, termasuk ukuran standar wastafel cuci piring.