Menghias dinding rumah dengan menggunakan cat atau wallpaper, itu sudah biasa. Tapi, ada satu cara unik dan efektif untuk mempercantik tampilan rumah Anda, yaitu dengan memanfaatkan keindahan batu alam. Misalnya, dengan menggunakan batu alam untuk dinding teras. Itu akan memberikan kesan alami dan natural pada hunian. 

Berikut ini beberapa jenis batu alam untuk dinding teras, yang bisa memberikan nuansa alami dan menambah estetika pada rumah Anda. Termasuk, kelebihan batu alam untuk dinding rumah. Simak!


1. Batu Candi


Photo: @peterclarkephoto / Design: @b.e_architecture


Batu candi merupakan salah satu jenis batu alam untuk dinding teras yang cukup populer. Batu candi sebenarnya adalah batu andesit yang berwarna hitam—mirip seperti batu yang biasa Anda jumpai di candi-candi. Batu andesit terbentuk ketika magma meletus ke permukaan dan mengkristal dengan cepat. Oleh karena itu, batu candi sering disebut juga dengan batuan vulkanik. 

Batu andesit memiliki tekstur yang kokoh dan juga tahan terhadap jamur dan cuaca, sehingga tak heran bila batu alam ini banyak dijadikan sebagai pilihan batu alam dinding teras. Batu alam ini dapat menghadirkan kesan natural dan sejuk pada teras rumah Anda. 


2. Batu Palimanan


Photo: @arlostone_ on Instagram


Batu palimanan disebut juga dengan batu palimo. Batu alam ini memiliki ciri khas warnanya yang putih kuning kecokelatan terang dengan pola berserat. Batu palimo merupakan jenis batu pasir yang memiliki tingkat kekerasan paling tinggi dengan tekstur permukaan yang cukup halus. Jenis batu alam ini juga dikenal anti jamur dan anti lumut, menjadikannya sangat cocok untuk digunakan sebagai dinding teras rumah. 

Daya tarik utama batu palimo ini terletak pada corak warnanya yang beragam. Menggunakan batu palimo untuk dinding teras rumah dapat menghadirkan kesan unik sekaligus menonjolkan kesan natural pada teras depan rumah Anda. 


3. Batu Slate


Photo: realstonecladding.co.uk


Batu slate adalah jenis batuan sedimen populer lainnya untuk dinding teras rumah. Batu slate terkenal akan ketahannya yang sangat luar biasa. Bahkan disebut-sebut bisa tahan hingga beberapa dekade, tanpa memerlukan perawatan khusus! Batu alam ini memiliki aksen alami yang menarik dengan cenderung memiliki warna gelap, yakni hitam keabu-abuan dan terkadang sedikit kecokelatan. Menggunakan batu alam ini untuk dinding teras rumah bisa menciptakan visual yang menakjubkan. 


4. Batu Limestone


Photo: limestoneaustralia.com.au


Batu limestone atau batu gamping adalah jenis batuan sedimen yang dapat digunakan sebagai dinding teras rumah. Tekstur dan variasi warnanya memberikan tampilan yang menarik serta daya tahan yang sangat baik, menjadikannya pilihan populer untuk batu alam dinding teras. 


5. Batu Granit


Photo & Design: @b.e_architecture on Instagram


Batu granit adalah salah satu pilihan batu alam paling populer lainnya untuk dinding teras rumah. Batu granit terkenal kuat dan tahan dalam berbagai kondisi cuaca, menjadikannya pilihan yang sangat tepat untuk dinding teras. Batu alam granit tersedia dalam banyak pilihan desain dengan beragam warna, yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya rumah Anda. Plus, batu alam ini juga tidak mudah kotor dan mudah sekali dibersihkan. Keunggulannya sebanding dengan harganya yang terbilang cukup mahal. 




6. Batu Marmer


Architecture by @conradarchitects / Interiors by @laurentarrantdesign / Photography by @timothykaye


Ini adalah pilihan batu alam dinding teras paling mahal yang ada di daftar! Batu marmer merupakan jenis batu alam klasik yang memiliki tampilan halus, elegen, dan timeless. Batu alam ini terkenal akan kekuatan dan ketahanannya terhadap air dan berbagai kondisi cuaca ekstrem yang sangat baik, sehingga menjadikannya pilihan tepat untuk digunakan pada dinding teras rumah. 


Kelebihan Penggunaan Batu Alam untuk Dinding Teras Rumah

Pemilihan batu alam sebagai material dinding teras rumah memiliki banyak kelebihan, antara lain: 


1. Material batu alam biasanya lebih tahan terhadap cuaca

Batu alam terkenal akan keunggulan terhadap jamur, lumut, air, dan berbagai kondisi cuaca, sehingga sangat cocok digunakan untuk dinding teras rumah yang termasuk bagian luar dari rumah Anda. 


2. Material batu alam akan memberikan kesan alami dan segar

Jika Anda ingin memasukan aksen alami ke hunian, penggunaan batu alam untuk dinding teras bisa jadi salah satu caranya. 



Itulah beberapa jenis batu alam untuk dinding teras, yang bisa memberikan nuansa alami dan menambah estetika pada rumah Anda. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan batu alam sebagai dinding teras di rumah?




Penulis: Calvin