Secara umum, teknik cat gradasi yakni suatu teknik yang menggabungkan dua warna, dari rona warna terang ke rona warna yang lebih gelap. Teknik cat gradasi ini bisa membuat warna yang timbul memberi kesan tekstur dan kedalaman. Ini juga merupakan cara yang unik untuk meningkatkan visual ruangan tanpa terkesan berlebihan.

Berikut ini CASA punya beberapa tips menerapkan teknik cat gradasi pada dinding rumah. Simak!


1. Bersihkan dinding


photo by andrew neel on pexels


sebelum menerapkan teknik cat gradasi pada dinding rumah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan persiapan. untuk menghindari kegagalan dan proses pengecatan menjadi lebih mudah, sebaiknya persiapkan dinding yang akan dicat dalam keadaan bersih dan kering, ini termasuk lepas semua wallpaper dan hiasan dinding, serta singkirkan semua cat-cat yang mengelupas. setelahnya, cat dinding dengan warna putih sebagai warna dasar. 


2. siapkan cat


photo by anshu a on unsplash


untuk bisa menghasilkan warna yang menimbulkan kesan tekstur dan kedalaman dengan teknik cat gradasi, anda perlu mempersiapkan dua warna cat, dari rona warna terang ke rona warna yang lebih gelap. anda bisa menggunakan perpaduan warna sesuai keinginan. tetapi perlu diingat, warna pertama adalah cat yang paling terang, warna kedua adalah warna yang lebih gelap dari warna pertama tapi masih dalam spektrum yang sama. 

atau, untuk memperoleh tampilan gradien yang lebih luas, anda bisa menambahkan warna ketiga yang merupakan gabungan warna pertama dan kedua. 

ketika memilih jenis cat, sebaiknya pilih cat yang berbahan dasar minyak. sebaiknya hindari cat berbahan latex ataupun bahan lainnya yang mudah kering, dikarenakan cat bisa bercampur dalam keadaan basah. 


3. tentukan arah gradasinya


photo: anewall.com


sebelum mengaplikasikan cat, maka anda perlu menentukan arah gradasinya. anda dapat membuat arah gradasinya secara vertikal, horizontal, diagonal, atau linear. pilih saja yang sesuai keinginan serta memungkinkan untuk diaplikasikan pada ruangan.

sebagai inspirasi, anda bisa mengecat rona warna gelap ke rona warna terang dari bawah ke atas. ini akan memberikan ilusi ruangan yang terlihat lebih luas dan tinggi. 


4. membuat tampilan gradasi


photo: anewall.com




setelah menyiapkan warna cat yang diinginkan dan sudah menentukan arahnya, selanjutnya buatlah tampilan gradasi pada dinding. 

misalnya, untuk gradasi warna biru, aplikasikan warna biru yang lebih gelap terlebih dahulu dari bagian bawah hingga setengah dinding. kemudian, aplikasikan warna biru yang lebih terang sekitar 50 sentimeter dari bagian paling atas warna pertama hingga menyisakan sepertiga bagian dari keseluruhan dinding. untuk sisa bagian dinding, anda bisa menggunakan warna putih. 

selanjutnya, ratakan warna pertama dan kedua secara halus untuk membuat kedua warnanya bercampur dan menciptakan transisi yang subtle menggunakan kuas kering. lakukan hal yang sama untuk warna kedua dan warna putih. 


5. membuat cat bertekstur


Photo: Etsy.com


Untuk membuat warna cat gradasi tampak lebih bertekstur, Anda dapat menggunakan spon bersih yang sudah dibasahi lalu dikeringkan kembali. Tap..tap…spon ke atas cat untuk membuatnya tampak bertekstur. Atau, Anda juga bisa menggunakan kuas lebar yang disapukan ke atas cat dengan cara silang guna menciptakan efek bertekstur. Lalu tunggu sampai cat mengering. 

Di sini, Anda bisa bereksplorasi dan berkreasi membuat warna yang menimbulkan kesan tekstur dan kedalaman sesuai keinginan. 



Itulah lima tips mendapatkan warna yang menimbulkan kesan tekstur dan kedalaman dengan teknik cat gradasi pada dinding rumah. Sebaiknya, jangan asal memadukan warna. Pasalnya, warna yang Anda pilih memiliki pengaruh tersendiri terhadap psikologi penghuni rumah. Selain itu, pengaplikasian warna yang tepat juga bisa menciptakan ilusi ruangan yang berbeda dan memberikan suasana yang berbeda pula. Untuk itu, lakukan riset terlebih dahulu mengenai berbagai perpaduan warna yang pas untuk digabungkan. Memang tidak ada batasan dalam mengombinasikan warna, tapi sebaiknya tetap pilih perpaduan warna yang tepat agar bisa memberikan tampilan ruang yang lebih baik. 





Penulis: Calvin