Dapur adalah salah satu area penting dan vital di dalam rumah. Tidak peduli seberapa besar atau kecil hunian Anda, rumah tidak akan pernah lengkap tanpa adanya dapur 

Selain digunakan untuk area memasak dan mempersiapkan makanan, saat ini dapur juga digunakan sebagai tempat duduk-duduk santai sambil membaca buku atau bahkan bekerja. Ini jadi salah satu tren hunian modern, dimana Anda bisa menggunakan dapur dengan berbagai cara sesuai dengan keinginan Anda.

Ada banyak ide desain dapur modern untuk lebih dari satu fungsi yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan ketersediaan ruang. Tetapi dalam mendesain area dapur, Anda tetap perlu memperhatikan ukuran kitchen set yang ideal, agar Anda tetap merasa nyaman memasak dan mempersiapkan makanan di dapur. Simak!

Sebelum mengetahui ukuran kitchen set yang ideal, Anda juga perlu memahami luas area dapur yang disarankan. Jika ditanya berapa luas ideal area dapur? Secara umum, luas ideal area dapur adalah 10-15% dari luas hunian, atau sekitar 6 meter persegi. Dengan luar area dapur yang ideal, maka Anda juga bisa mendapatkan ukuran kitchen set yang ideal. 

Apa itu kitchen set? Kitchen set merupakan istilah yang merujuk pada perangkat dapur, yang terdiri dari kitchen sink, kompor, kabinet, dan meja untuk mempersiapkan makanan. Kitchen set ini biasanya bersifat permanen dan tidak bisa dibongkar-pasang. Untuk itu, Anda perlu memastikan ukuran kitchen set sebelum memasangnya pada dapur. 


Ukuran Kitchen Set yang Ideal

1. Tinggi countertop dan kedalaman kitchen sink


photo: dewi lsg (@dewi.lsg)


photo: dimensions.com


sangat penting untuk mengetahui dan memahami tinggi countertop standar, karena ini adalah fitur kitchen set yang paling sering digunakan. banyak kegiatan yang bisa dilakukan memakai countertop, seperti meracik atau menyiapkan bahan makanan. sebagian besar aktivitas tersebut dilakukan dengan posisi berdiri, maka tinggi countertop dapur haruslah diperhatikan. 

dengan asumsi tinggi rata-rata orang adalah 160-170 sentimeter, maka tinggi countertop standar dari lantai yaitu sekitar 85-92 sentimeter dengan lebar countertop ideal sekitar 50-70 sentimeter. pastikan ada jarak antara permukaan countertop dengan siku anda sekitar 15 cm. namun, ukuran tinggi ini masih bisa disesuaikan dengan tinggi badan anda. 


photo: dimensions.com


untuk ketinggian kitchen sink hampir selalu sama dengan tinggi countertop dapur, namun kedalaman kitchen sink yang ideal adalah 20-25 sentimeter. 


2. tinggi dan lebar kabinet dinding


photo: kyle knodell (@kyle_knodell) / desainer interior: meg sharpe (@megsharpeinteriors)


photo: dimensions.com


kabinet atas atau kabinet dinding merupakan solusi untuk menambah ruang penyimpanan extra di dapur. untuk tinggi kabinet atas dapur, idealnya adalah sekitar 36-100 sentimeter dengan lebar 35 sentimeter, yang dilihat dari sisi terluar kabinet dengan sisi yang berhadapan langsung dengan dinding. lebar ini dinilai paling pas agar kepala anda tidak terantuk saat menyiapkan bahan makanan atau memasak. 

untuk panjang kabinet dinding bisa anda sesuaikan dengan seberapa panjang dapur anda. namun, panjang kabinet dinding mempunyai ukuran ideal, yaitu 30-60 sentimeter untuk model kabinet 1 pintu. sementara untuk model kabinet 2 pintu ukuran idealnya adalah sekitar 60-100 sentimeter. 

kemudian, untuk jarak ideal antara kabinet atas dengan countertop, atau dikenal dengan istilah backsplash, adalah sekitar 60-70 sentimeter. ini membuat anda menjadi lebih leluasa menggunakan countertop dan mengakses kabinet diatasnya. 


3. tinggi dan lebar kabinet bawah


photo: @stanzajaczkowskiphoto / arsitek: kohlrabi architektura (@kohlrabi_architektura)




photo: dimensions.com


sama halnya dengan kabinet atas, anda juga harus memperhatikan ukuran standar kabinet bawah. tinggi kabinet bawah ideal adalah sekitar 85- 92 sentimeter dari lantai, termasuk countertop. sementara untuk lebar kabinet bawah sekitar 50-70 sentimeter, atau sama dengan lebar countertop. pada bagian paling bawah kabinet, buatlah lekukan yang menjorok ke arah dalam sekitar 10-15 cm agar anda dapat dengan nyaman berdiri di depan kabinet dan countertop. 


4. area cooker hood


photo: @nicole_frazen / arsitek: sheena murphy @_nunenune_


tidak ada yang suka dengan dapur berasap dan berbau! untuk menyiasati hal itu, anda bisa menambahkan cooker hood di atas kompor anda. jarak antara kompor dan cooker hood dapat menentukan seberapa cepat dan banyak jumlah asap yang dapat terserap dari dapur anda. jarak ideal antara kompor dan cooker hood adalah 66-75 sentimeter. jarak itu tidak akan mengganggu ruang gerak anda saat memasak, dan cooker hood anda bisa bekerja secara maksimal. 


5. ukuran ideal kitchen island


photo: caitlin mills photography (@caitlinmillsphotography) / desainer interior: harrison interiors (@harrisoninteriors) / styling: bek sheppard (@beksheppard)


photo: dimensions.com


jika anda ingin menggunakan kitchen island di dalam dapur, anda juga harus memperhatikan ukuran ideal kitchen island dengan luas dapur anda secara keseluruhan. kitchen island seharusnya sama tinggi dengan countertop yaitu sekitar 85-92 sentimeter, dengan lebar sekitar 60-120 sentimeter. sementara untuk panjangnya bisa menyesuaikan dengan panjang dapur anda. 


6. lebar aisle dapur


photo: jeremy bittermann (@jeremybittermann) / arsitek: jim olson (@olsonkundig)


Photo: dimensions.com


Ada berbagai layout dapur yang bisa Anda pilih untuk rumah Anda, mulai dari layout dapur berbentuk L, berbentuk U, berbentuk G, paralel, satu sisi, atau linear dua sisi. Namun, terlepas dari layout dapur yang Anda pilih, lorong dapur atau aisle harus dirancang ergonomis dan senyaman mungkin. Lebar aisle dapur yang ideal dan nyaman untuk Anda bergerak harus minimal 1-1,2 meter. 


Itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang ukuran kitchen set yang ideal. Mengetahui dan memahami ukuran kitchen set yang ideal akan memudahkan Anda dalam beraktivitas di dapur. 




Penulis: Calvin