Ketika memilih material lantai untuk rumah, tampilan lantai yang bagus dan mewah seringkali jadi pertimbangan utama. Namun, ketika memilih material lantai untuk kamar mandi, tampilan lantai yang bagus saja tidak cukup. Anda juga harus memperhatikan ketahanan, kekuatan, dan tingkat kelicinan lantai, mengingat kamar mandi adalah tempat yang paling sering basah, terkena air, dan lembap. 

Salah dalam memilih material lantai kamar mandi bisa meningkatkan risiko ditumbuhi lumut sehingga membuat lantai menjadi licin dan bisa membahayakan keselamatan anggota keluarga. 

Berikut ini beberapa pilihan lantai kamar mandi yang tidak licin, tahan lembap, tahan lumut, kuat dan memiliki ketahanan yang baik. Serta, memiliki tampilan yang sangat bergaya untuk meningkatkan nilai estetika kamar mandi Anda. Simak!


1. Ubin Keramik


photo by jean van der meulen on pexels 


ubin keramik adalah pilihan lantai kamar mandi paling populer. itu berkat ketahanan airnya yang sangat baik, tidak licin, tahan lama, tahan noda, mudah dibersihkan, dan hemat biaya. menggunakan keramik warna putih bisa memberikan tampilan yang clean dan klasik pada kamar mandi anda. 


2. ubin porselen


photo: livia 'house of la' (@lahouseid)


sama halnya dengan ubin keramik, ubin porselen juga termasuk pilihan lantai kamar mandi yang tidak licin paling populer. meskipun memiliki tampilan yang hampir serupa dengan keramik, tapi satu hal penting yang membedakan antara ubin keramik dan ubin porselen adalah ketahanan airnya. ubin porselen umumnya lebih padat sehingga lebih sedikit menyerap air, yang artinya ketahanan airnya lebih unggul dibandingkan dengan keramik. 

selain perawatannya yang mudah, ubin porselen juga tersedia dalam banyak desain, gaya, dan warna, yang bisa anda sesuaikan dengan konsep kamar mandi yang diinginkan. atau, anda bisa menyesuaikan skema warna lantai dengan ubin dinding kamar mandi. 


3. lantai vinyl


photo: rumah aila (@rumah_aila)


lantai vinyl sudah terkenal akan ketahanan airnya, kemampuannya dalam menyerap kelembapan, relatif mudah dipasang, dan tampilannya yang dapat meniru kayu, batu, marmer, ceramic, porselen, dan beragam material lantai lainnya. dari segi perawatan, lantai vinyl mudah dibersihkan dan memerlukan perawatan yang terbilang rendah. lantai vinyl merupakan pilihan jenis lantai kamar mandi yang versatile dan hemat biaya, yang bisa anda sesuaikan dengan konsep kamar mandi anda. 

namun, meskipun lantai vinyl tahan air, anda selalu disarankan untuk memasang penghalang kelembaban untuk ketahanan ekstra. 




4. batu alam


photo: shannon mcgrath (@shannonmcgrath7) / arsitek: robson rak architects (@robsonrakarchitects)


jika anda memiliki bugdet lebih dan menginginkan tampilan kamar mandi yang tampak mewah dan elegan, anda bisa mempertimbangkan menggunakan batu alam sebagai lantai kamar mandi di rumah. ini adalah pilihan lantai kamar mandi yang kuat, tahan lama, dan bisa menambah nilai estetika. 

sayangnya, lantai dari batu alam ini bisa sedikit licin, meski itu dapat dikurangi dengan membuat permukaan batu alam menjadi lebih bertekstur kasar dengan teknik sandblasting atau dengan menggunakan batu alam dengan permukaan bertekstur kasar alami. 


5. concrete


Photo: Timothy Kaye / Desain Interior: Dita Studio


Untuk tampilan kamar mandi modern bergaya industrial, jenis lantai kamar mandi dari concrete adalah pilihan terbaik! Namun, dengan teknik pewarnaan terbaru menjadikan concrete sebagai jenis lantai kamar mandi yang bisa disesuaikan dengan hampir semua desain kamar mandi. 

Ini adalah jenis lantai kamar mandi yang tidak mudah mengalami abrasi, tahan lama, mudah dibersihkan dan dirawat, tidak mudah rusak karena paparan bahan kimia, dan tidak gampang mengalami pelapukan. Concrete juga tahan terhadap pembusukan dan karat, sehingga sangat cocok untuk lantai kamar mandi. Lantai kamar mandi dari concrete ini bisa sedikit licin, tapi itu bisa dikurangi dengan membuat tekstur permukaannya lebih kasar atau memoles lantai concrete untuk membuatnya anti selip.



Itulah beberapa jenis lantai kamar mandi yang tidak licin dan sangat bergaya untuk meningkatkan nilai estetika kamar mandi Anda.