Pada rumah dua lantai atau lebih, tangga rumah berfungsi sebagai penghubung antara satu lantai ke lantai lainnya. Dalam prosesnya, desain tangga rumah juga perlu dipikirkan dan disesuaikan dengan keseluruhan konsep rumah. Ini akan mempengaruhi tampilan dan meningkatkan daya tarik visual interior rumah Anda. 

Ada begitu banyak desain tangga rumah yang bisa Anda terapkan dan sesuaikan dengan konsep interior rumah Anda. Berikut ini beberapa ide desain tangga rumah menarik untuk hunian Anda. Simak!


1. Desain Tangga Rumah dengan Granit Bermotif Marmer


photographer: tinnaphop chawatin, chakkraphob sermphasit / architect: vsa group / panoramicstudio.myportfolio.com


menerapkan desain tangga rumah dengan granit bermotif marmer bisa jadi cara gampang untuk menambah nilai estetika rumah anda dalam sekejap. motif marmer memang tidak pernah gagal dalam menghadirkan kesan mewah dan elegan. selain itu, granit juga dikenal memiliki daya tahan yang sangat baik dan lebih tahan lama. 


2. desain tangga rumah dengan keramik motif timur tengah


photography by lori hamilton / interior designers: weglarz design


jika anda ingin menghadirkan kesan unik ke dalam rumah melalui tangga, pertimbangkan untuk menggunakan keramik motif timur tengah. terdapat banyak warna dan corak keramik motif timur tengah yang bisa anda pilih. keramik dengan motif ini bisa menciptakan kesan unik, nyentrik, dan klasik ke dalam rumah anda. 

anda bisa menggunakan lebih dari satu motif keramik motif timur tengah dengan warna senada pada bagian riser tangga dan padukan dengan granit motif marble atau lantai kayu pada bagian tread. desain tangga rumah dengan keramik motif timur tengah sendiri sudah digunakan banyak orang.


3. desain tangga rumah dengan lantai kayu

dinesen.com


jika anda ingin menguatkan kesan hangat, cozy, natural, dan modern pada rumah, memilih tangga dengan lantai kayu bisa anda pertimbangkan. ini juga bisa meningkatkan kesan elegan pada rumah anda. 

untuk daya tahannya, lantai kayu juga sangat bisa diandalkan. jadi, bisa lebih awet dan tahan lama dengan perawatan yang gampang. tangga lantai kayu juga terkenal tidak licin, sehingga aman dan tidak membahayakan seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. 

anda bisa menggunakan parket flooring kayu berbentuk persegi, lalu pasang dengan pola herringbone yang bisa menambah kesan modern pada rumah anda. 



atau, pilihan lainnya yaitu menggunakan conwood dan vinyl yang merupakan material non kayu tapi tampak seperti kayu asli—kedua material ini terkenal bebas rayap. penggunaan material conwood atau vinyl dapat memberi anda tampilan yang clean, gorgeous, dan modern ke dalam hunian. 


4. desain tangga rumah dengan keramik motif / tekstur batu alam


kronosceramiche.com


tampilan keramik dengan motif / tekstur batu alam yang unik, elegan, dan mewah hampir mustahil untuk ditandingi dengan jenis keramik motif lainnya. inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari keramik dengan motif / tekstur batu alam. 

saat diaplikasikan pada tangga rumah, tentu saja keuntungan menggunakan keramik dengan motif / tekstur batu alam tidak hanya pada daya tarik estetikanya saja, tetapi juga pada kekuatan dan ketahanannya. jenis ini juga terbukti tidak licin dan mudah dirawat.

keramik dengan motif / tekstur batu alam juga sangat timeless, jadi tetap menawan dari waktu ke waktu, terlepas dari tren desain interior yang selalu berubah. 




5. desain tangga rumah dengan mozaik painting


etsy.com


Untuk menghadirkan tampilan yang unik pada tangga rumah, Anda bisa memilih desain tangga dengan mosaik painting seperti ini. Desain tangga mosaik painting bisa menjadi cara menarik, unik, dan modern untuk meningkatkan daya tarik visual pada tangga dan keseluruhan rumah Anda. 

Anda bisa berkreasi dengan mosaik painting sesuai dengan selera dan konsep interior rumah Anda. Padukan mosaik painting pada area riser dan lantai kayu pada area tread. Benar-benar sangat menarik dan unik! 


Tips Membuat Desain Tangga Lebih Aman

Sebisa mungkin dalam membuat tangga rumah pastikan tidak licin, sehingga lebih aman dan tidak membahayakan anggota keluarga, terutama anak-anak. Berikut ini beberapa tips membuat desain tangga rumah yang lebih aman, antara lain: 


1. Memilih Material Tangga Yang Tepat

Dalam membuat desain tangga rumah yang lebih aman, pastikan Anda menggunakan material lantai tangga yang tepat. Pemilihan material lantai tangga sangat menentukan keamanan tangga hunian. Sebisa mungkin pilih material lantai tangga yang tidak licin, seperti granit, kayu, atau keramik dengan tekstur batu alam yang tidak licin. 


2. Memasang Stair Nosing

Untuk semakin meningkatkan keamanan tangga rumah, Anda bisa memasang stair nosing pada tangga. Stair nosing adalah material khusus anti-slip yang ditambahkan pada setiap pinggiran tread tangga. Dari situ, kadang-kadang, stair nosing disebut juga dengan pinggiran tangga. Penggunaan stair nosing pada tangga bertujuan untuk mencegah slip dan jatuh saat berjalan di tangga. Pemasangan stair nosing tidak hanya mampu meningkatkan keamanan saja, tetapi juga bisa menambahkan keindahan dan karakter pada tangga hunian. 


3. Memasang Railing Tangga

Satu lagi tips membuat desain tangga rumah yang lebih aman, yaitu dengan memasang railing tangga atau pegangan tangga. Ini adalah salah satu elemen penting yang tidak boleh diabaikan saat membuat tangga hunian. Railing tangga berfungsi sebagai fitur keamanan sekaligus bisa dijadikan pegangan saat menaiki atau menuruni tangga. Dan, itu juga bisa menambah daya tarik visual pada keseluruhan desain interior rumah Anda. Ada begitu banyak desain railing tangga rumah yang bisa Anda terapkan untuk menghadirkan estetika ke dalam hunian. 


Itulah beberapa inspirasi desain tangga rumah yang menarik, tidak licin, dan aman, yang bisa Anda terapkan pada tangga rumah. Semoga menginspirasi!







Penulis: Calvin