Memasang teralis jendela bisa menjadi cara efektif untuk mempercantik rumah Anda—Apapun konsep rumah Anda! Teralis jendela juga bisa memberikan keamanan ganda agar pencuri lebih susah masuk ke dalam rumah melalui jendela. Ada banyak model teralis jendela yang bisa dipasang untuk menambah nilai estetika pada rumah.

Berikut ini beberapa model teralis jendela untuk rumah Anda, yang bisa Anda jadikan inspirasi. 


1. Model Teralis Jendela Klasik Ulir Gaya Eropa


photo by pixabay on pexels


model teralis jendela ini sudah ada sejak abad ke-16 sampai abad ke-18 di negara-negara eropa. ukirannya menyerupai daun rambat yang melilit batang besi. sebelumnya, model teralis jendela ini sering digunakan untuk jendela kamar loteng, namun kini penggunaannya sudah lebih bervariasi. 


2. model teralis jendela ala renaisans


model teralis jendela ala renaisans adalah desain teralis yang terinspirasi oleh gaya renaisans—sesuai namanya. gaya desain renaisans pada abad ke-15 hingga ke-17, di italia dan menyebar ke seluruh eropa. gaya desain ini terkenal dengan keseimbangan, simetri, dan harmoni di dalam setiap elemen-elemennya. untuk itu, ciri khas dari model teralis jendela ini adalah bentuk ukirannya yang seperti ukiran dari zaman eropa kuno yang saling simetri. 


3. model teralis labirin


model teralis ini sangat cocok untuk rumah anda yang memiliki konsep minimalis modern. sesuai namanya, model teralis jendela ini bentuknya serupa dengan labirin. meskipun sederhana, tetapi bisa memberikan kesan modern pada rumah anda. material yang biasanya menjadi bahan pembuatan teralis ini adalah besi yang diberi warna hitam atau putih. 


4. model teralis persegi


photo: g.n. murfidho (@murfeeds) / arsitek & desainer interior: tiara citra suksma (@tiaracitrasuksma_cv)


seperti namanya, model teralis jendela persegi adalah model teralis berbentuk persegi yang simple namun bisa menguatkan kesan modern minimalis pada rumah anda. model teralis jendela ini biasa digunakan pada rumah-rumah eropa dan amerika. meskipun kini sudah banyak digunakan pada rumah-rumah modern minimalis di indonesia. 


5. model teralis jendela vertikal 


photo & arsitek: alexander & co (@alexander_andco)


jika anda ingin menghadirkan desain jendela yang minimalis tapi tetap terkesan artistik dan unik, anda mungkin bisa memasang model teralis jendela vertikal yang simetris dengan pagar rumah seperti ini. 


6. model teralis jendela horizontal


photo: hary subastian (@harysubastian)


sama-sama bisa menghadirkan kesan minimalis ke dalam rumah, anda bisa menggunakan model teralis jendela horizontal seperti ini. selain nilai fungsionalnya, model teralis jendela horizontal pada rumah anda juga bisa menciptakan pencahayaan yang dramatis ke dalam ruangan. 




7. model teralis motif wajik


Photo: bronzecasements.com


Model teralis jendela motif wajik ini banyak digunakan untuk rumah-rumah bergaya klasik modern. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi rumah-rumah di Amerika dan Eropa juga banyak yang menggunakannya. Motif yang ada pada desain ini layaknya wajik yang memiliki jarak cukup rapat. Anda juga bisa mengecat teralis ini dengan warna yang sesuai dengan konsep interior rumah Anda. 


8. Model Teralis Jendela Tulang Ikan


Teralis tulang ikan adalah jenis desain teralis yang terinspirasi oleh pola tulang ikan. Desain ini biasanya terdiri dari garis-garis lurus yang saling bersilangan membentuk pola yang menyerupai tulang ikan. 

Teralis tulang ikan biasanya memberikan kesan yang elegan, simetris, dan teratur. Pola tulang ikan memberikan sentuhan visual yang menarik dan dapat menjadi fitur desain yang mencolok pada bangunan. Teralis ini juga memberikan keamanan dan privasi, tetapi memungkinkan cahaya dan ventilasi yang masuk ke dalam ruangan.

Desain tulang ikan yang unik dan menarik dapat menjadi poin fokus visual yang menarik perhatian. Terlebih lagi, teralis tulang ikan dapat diintegrasikan dengan berbagai gaya arsitektur, mulai dari gaya tradisional hingga gaya modern.


9. Model Teralis Jendela Ala Jepang


Pada dasarnya, model teralis jendela ala rumah tradisional Jepang mirip dengan model teralis jendela persegi, karena memang bentuknya sama-sama persegi. Namun yang membedakan adalah penggunaan bingkai kayu alami pada model teralis jendela ala Jepang, sedangkan model teralis persegi umumnya menggunakan material besi. Jika Anda ingin menghadirkan kesan tradisional ala rumah Jepang, model teralis jendela ini adalah pilihan terbaik!



Itulah beberapa model teralis jendela yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk rumah Anda. 






Penulis: Calvin