Meskipun kelihatannya sepele, namun pemilihan warna cat rumah yang tepat dapat mempengaruhi tampilan eksterior rumah Anda secara keseluruhan. Asal dalam memilih warna cat luar rumah dapat memberikan efek buruk bagi tampilan rumah Anda. Misalnya, rumah jadi terlihat sempit, tampak tidak “hidup”, terlihat berlebihan, dan tampak kurang estetik. Bahkan, pemilihan warna cat luar rumah yang kurang tepat juga bisa berpengaruh terhadap suhu di dalam rumah, membuatnya terasa lebih panas. 

Kondisi rumah yang panas tentunya bisa menghambat segala aktivitas di dalamnya. Maka dari itu, CASA akan memberikan beberapa pilihan warna cat luar rumah yang sejuk. Simak!


1. Krem


photo & design: willow homes / gowillowhomes.com


krem merupakan salah satu pilihan warna populer dan subtle untuk warna cat luar rumah. ini juga termasuk warna cat luar rumah yang sejuk dan bisa menambah kesan menawan dan welcoming pada rumah anda. 

krem adalah warna cerah yang sangat baik untuk memantulkan cahaya, daripada menyerapnya. jadi, ketika anda mengaplikasikan warna krem pada bagian luar rumah anda, otomatis bagian dalam rumah anda menjadi lebih dingin karena cahaya akan dipantulkan, dan tidak terserap. 


2. putih


photo: @andhyprayitno @mariowibowo_ / design: dform @dformco @mondododo


warna putih, termasuk broken white, juga merupakan pilihan warna cat luar rumah terbaik yang bisa membuat area dalam rumah lebih sejuk. ketika diaplikasikan di bagian luar rumah, warna putih bisa memantulkan sinar matahari dengan baik hingga 99 persen, dan hanya sedikit menyerap panasnya, menurut banyak penelitian. ini juga termasuk warna versatile yang cocok untuk semua konsep rumah; modern, klasik, atau apapun itu. ditambah, mengecat bagian luar rumah dengan warna putih jika bisa membuat rumah tampak lebih clean, elegan, welcoming, dan timeless


3. abu-abu muda


photo: jumpei suzuki / arsitek: farm


semua orang pasti setuju bahwa warna abu-abu muda bisa memberikan kesan elegan, modern, dan sophisticated pada bagian luar rumah anda. mengaplikasikan warna ini juga bisa membuat bagian dalam rumah anda terasa lebih sejuk dan dingin, karena mampu memantulkan hingga 95 persen cahaya matahari. 


4. hijau


photo by brian babb on unsplash


warna hijau, baik itu yang sedikit lebih gelap seperti teal atau yang lebih terang seperti pale green, dapat membantu menurunkan suhu di dalam rumah menjadi lebih dingin. ini karena hijau termasuk warna dingin yang dapat memantulkan panas dan membuat bagian dalam rumah lebih sejuk. dan tentunya, mengaplikasikan warna hijau sebagai warna eksterior akan membuat rumah anda semakin menonjol!


5. biru


photo: matthew digati (@matthewdigati) / buffalo homes (@buffalohomes)


warna cat luar rumah yang sejuk lainnya dalam daftar ini, yaitu warna biru. warna biru identik dengan air, maka mengaplikasikan warna ini bisa menghadirkan nuansa damai, tenang, dan sejuk pada hunian. untuk bagian luar rumah, anda bisa memilih shade warna biru yang lebih terang seperti light blue atau pale blue, karena lebih baik dalam menyerap panas sinar matahari. itu bisa membuat bagian interior rumah terasa lebih sejuk dan dingin. 


6. kuning


Photo: Matthew Digati (@matthewdigati) / Buffalo Homes (@buffalohomes)


Warna kuning, khususnya pale yellow yang lebih light, adalah alternatif lain warna cat luar rumah yang sejuk. Sama seperti warna yang lebih terang lainnya, pale yellow juga merupakan warna subtle yang akan menjaga interior rumah Anda tetap sejuk.


Selain memilih warna cat eksterior yang tepat, Anda juga bisa melakukan beberapa tips ini untuk membuat bagian dalam rumah lebih sejuk, meliputi: 


1. Buat taman hijau




Jika area tanah yang Anda miliki cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya menjadi taman hijau. Itu lebih dari sekedar membuat halaman rumah Anda terlihat lebih indah, tapi juga merupakan cara cerdas dan efisien untuk mendinginkan bagian dalam rumah Anda—dan, hemat energi. 

Pepohonan yang tinggi dapat menghalangi sinar matahari yang masuk dan menaungi rumah dari teriknya sinar matahari yang bisa menaikkan suhu di dalam rumah. Tambahkan juga beberapa tanaman hias penyerap panas di ruangan untuk semakin mendinginkan rumah Anda. 

Jika Anda tidak memiliki cukup lahan untuk membuat taman hijau, membuat vertical garden bisa menjadi alternatif. 


2. Beri pelapis reflektif anti panas pada jendela


Menurut ulasan dari National Renewable Energy Laboratory, sekitar 40% panas yang terkumpul di dalam rumah berasal dari jendela. Maksudnya, suhu panas di dalam rumah bisa disebabkan karena sinar matahari yang masuk melalui jendela rumah Anda, apalagi jika rumah Anda memiliki banyak bukaan jendela. Untuk mencegah suhu panas di dalam rumah, Anda bisa melapisi jendela rumah dengan pelapis reflektif anti panas pada jendela. Pelapis reflektif anti panas ini berfungsi untuk memantulkan sinar matahari, sehingga bagian dalam rumah Anda terasa lebih dingin dan sejuk. 


3. Pasang kanopi jendela


Mencegah hawa panas masuk ke dalam rumah bisa Anda lakukan dengan cara memasang kanopi di jendela. Tak hanya untuk nilai estetika saja, memasang kanopi pada jendela juga dapat menghalangi sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. 


4. Matikan elektronik yang tidak terpakai


Hawa panas yang terkumpul di dalam rumah tidak hanya berasal dari sinar matahari yang masuk melalui bukaan-bukaan, seperti jendela dan pintu, tetapi juga bisa berasal dari alat elektronik di dalam rumah. Karena alasan itu, sebaiknya matikan alat-alat elektronik yang tidak digunakan, untuk membantu membuat bagian dalam rumah terasa lebih sejuk dan dingin. 




Itulah beberapa pilihan warna cat luar rumah yang sejuk untuk hunian Anda, serta tips untuk membuat rumah Anda terasa lebih dingin. 






Penulis: Calvin