Ada banyak cara menambahkan pencahayaan ke dalam ruangan. Salah satunya dengan memasang lampu LED ceiling. Selain berfungsi sebagai pencahayaan untuk ruangan, pemasangan lampu LED di langit-langit rumah juga jadi cara yang bagus untuk menonjolkan kesan elegan dan dramatis ke dalam ruangan. 

Sebelum memasang jenis lampu ini di rumah, berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang lampu LED ceiling. Simak!


Apa itu lampu LED Ceiling?


Sesuai namanya, lampu LED ceiling adalah jenis lampu LED (Light Emitting Diode) yang dipasang di ceiling atau plafon ruangan. Lampu LED mampu menghasilkan ambiance yang menenangkan dengan tone pencahayaan yang lebih hangat. Lampu LED ini bisa Anda pasang pada berbagai jenis plafon, termasuk gypsum atau kayu. 


Ada beberapa jenis lampu LED untuk ceiling dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna, yang bisa Anda sesuaikan dengan estetika ruangan Anda, meliputi: 


1. Lampu LED downlight


photo by sidekix media on unsplash


lampu downlight adalah jenis lampu led ceiling yang mampu menerangi area di bawahnya dengan baik, tapi tidak terlalu terang karena jangkauan penerangannya yang tidak terlalu luas. jenis lampu ini biasanya dipasang tersembunyi di langit-langit sehingga anda hanya bisa melihat sebagian kecil perlengkapan pencahayaan dari bawah langit-langit. itu juga akan membuat area langit-langit ruangan anda lebih clean serta menghasilkan ambiance yang tenang dan hangat. 


2. lampu ceiling


arsitek: khuon studio (@khuonstudio)


lampu ceiling adalah jenis lampu led yang naungan pencahayaannya mengarah ke bawah sehingga mampu menerangi seluruh ruangan dengan baik. ditambah, lampu ceiling biasanya dipusatkan di ruangan. ceiling lamp bisa memberikan ambience yang tenang dan hangat dengan pencahayaan yang cenderung tidak terlalu terang, namun cukup untuk menerangi ruangan. 


3. lampu led cove


photo & desain: m3 studio / @m3studiosingapore


jika anda ingin meningkatkan nilai estetika ruangan dalam sekejap, maka lampu led cove bisa anda pertimbangkan. lampu led cove biasanya dipasang tersembunyi di sepanjang langit-langit, di ceruk plafon, yang mengarahkan pencahayaan ke langit-langit atau dinding untuk menciptakan pencahayaan yang menyebar, hangat, dan subtle—bentuk pencahayaan tidak langsung (indirect lighting) dimana cahaya tidak langsung mengenai objek tapi dipantulkan terlebih dahulu. 


4. lampu led track light


photo & desain: m3 studio / @m3studiosingapore


lampu led track light terdiri dari beberapa lampu yang berada di track atau rel yang di pasang di langit-langit, yang memungkinkan masing-masing lampu di track dapat diputar atau disesuaikan ke arah yang berbeda untuk menerangi area yang berbeda. ini adalah pilihan jenis lampu led untuk ceiling yang bagus untuk pencahayaan aksen. 


5. lampu gantung 


Photo: Forefront Interior @forefrontinterior.sg / Designer: Jing Long


Satu lagi jenis lampu LED ceiling untuk ruangan di rumah Anda, yaitu lampu LED gantung. Seperti namanya, lampu LED gantung adalah jenis lampu yang digantung di langit-langit ruangan dengan hanya satu bohlam lampu LED. 

Anda bisa memilih lampu LED gantung dengan berbagai macam ukuran, warna, dan bentuk, yang bisa Anda sesuaikan dengan keseluruhan desain interior ruangan. Anda bisa menemukan lampu led gantung bergaya modern, farmhouse, scandinavian, dan lainnya. Lampu LED gantung yang dipusatkan di ruangan mampu memberikan pencahayaan yang lembut ke area di bawahnya, menciptakan suasana yang hangat dan relaxing. 




Kelebihan Lampu LED 


Dibandingkan dengan jenis lampu pijar, lampu LED lebih banyak memiliki keunggulan. Karena keunggulannya inilah tidak heran jika jenis LED menjadi favorit banyak orang. Kelebihan lampu LED, antara lain: 


1. Hemat energi


Lampu LED terkenal lebih ramah lingkungan, lebih ekonomis, dan hemat energi. Selain itu, lampu LED diketahui tidak mengandung bahan kimia apa pun, menjadikannya sistem pencahayaan yang sangat sehat untuk hunian Anda. Serta, lampu LED juga efektif mengurangi jumlah listrik yang dihasilkan sehingga memiliki efek positif terhadap lingkungan. Plus, pencahayaan dengan lampu LED juga menggunakan energi yang jauh lebih sedikit sehingga tagihan listrik bulanan Anda tidak akan membengkak. Meskipun begitu, lampu LED ini tetap mampu menghasilkan cahaya yang terang untuk penerangan di dalam rumah. 


2. Lebih tahan lama dan tidak panas


Lampu LED diketahui lebih tahan lama daripada jenis lampu pijar. Umur pakai lampu LED bisa mencapai 50.000 jam. Itu artinya, Anda tidak perlu sering-sering mengganti lampu di rumah! Berbeda dari lampu pijar, setelah digunakan, lampu LED cenderung tidak panas sehingga tidak berbahaya saat disentuh.


3. Warna lampu dapat disesuaikan 


Keunggulan lampu LED lainnya yaitu warna lampunya dapat disesuaikan, menghasilkan tone pencahayaan yang berbeda; terang, normal, dan redup. Ini akan sangat berguna, karena Anda mungkin memerlukan pencahayaan yang lebih terang di saat waktu-waktu tertentu, dan memerlukan pencahayaan yang lebih redup di saat waktu-waktu lainnya. 


Perlu diperhatikan, sebelum memasang lampu LED plafon, pastikan Anda menentukan jumlah lampu, posisi lampu, dan sudut pencahayaan. Itu dimaksudkan agar lampu dapat berfungsi maksimal untuk menerangi ruangan, tetapi juga tetap memperhatikan kenyamanan Anda saat beraktivitas di dalamnya. 


Itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang lampu LED plafon, termasuk kelebihan penggunaan lampu LED. Semoga bermanfaat!






Penulis: Calvin