Tanggal 11 Januari 2024 banyak dinobatkan sebagai hari patah hati bagi fans Pangeran Mateen dari Brunei Darussalam karena tanggal tersebut berlangsung akad nikah beliau bersama pasangannya Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah. Pangeran Mateen memiliki popularitas yang tinggi di Indonesia yang ditambah pula dengan kehadirannya di beragam event internasional menemani ayahnya, Sultan Hassanal Bolkiah. Konferensi G20 berlangsung di Bali termasuk salah satu hajatan yang keduanya hadiri.


@tmski


royal wedding berlangsung selama sepuluh hari sejak tanggal 7 januari 2024 hingga berakhir pada tanggal 16 januari 2024. masjid omar ali saifuddien menjadi saksi sakral akad nikah pangeran berusia 32 tahun ini. namun, venue acara yang turut mendapat sorotan adalah istana nurul iman yang menjadi lokasi resepsi pernikahan serta dihadiri beragam pemimpin negara, termasuk di antaranya presiden ri joko widodo, perdana menteri malaysia anwar ibrahim, presiden filipina ferdinand bongbong marcos, serta perdana menteri singapura lee hsien loong.



@tmski


bergaya megah yang mengawinkan arsitektur tradisional melayu dan eropa, berikut 5 fakta unik dari istana nurul iman yang menjadi lokasi krusial sebagai tempat pangeran mateen menikah.


1. dirancang arsitek legendaris

tokoh arsitek leonardo v. locsin memiliki rekam jejak karir yang legendaris di filipina hingga beliau turut menerima order of national artist for architecture dari pemerintah filipina. berkarir hingga tahun 1994, locsin merupakan arsitek dari istana nurul iman dengan luas bangunan capai 2,2 juta meter persegi yang ditemani pemandangan alam dari persiaran damuan park.


@cheygotravel


dalam karirnya, karya beliau memiliki visi untuk meraih harmoni antara dua budaya yaitu oriental dan occidental. istana nurul iman butuh dua tahun untuk proses konstruksi dan selesai saat brunei darussalam raih kemerdekaan tanggal 1 januari 1984.



 leonardo v. locsin / wig tysmans


baca juga, 5 fakta kastil balmoral yang disukai ratu elizabeth ii


2. desainer interior yang sama dengan burj al arab

di masa kini, nama desainer khuan chew yang turut andil merancang interior istana nurul iman lebih dikenal lewat karya ikonis, yaitu interior dari hotel burj al-arab berlokasi di dubai. beliau mendirikan kca international pada tahun 1988 dan memiliki portfolio karya yang prestigious, seperti jumeirah guangzhou, caesar’s palace bluewaters island dubai, wardian canary wharf dengan kantor berbasis di london, dubai, hong kong, dan singapura.




pinterest


khuan chew / commercial interior design


3. material serba high-end

terlihat dalam resepsi pernikahan pangeran mateen, ruang hall menampilkan kesan luxurious berkat kehadiran elemen emas dan kristal. tak hanya itu saja, istana menggunakan 38 jenis marble dengan 44 tangga juga terbuat dari material serupa.


sadiq asyraf




4. masuk dalam guinness world records

istana nurul iman tercatat sebagai hunian kepala negara terbesar di dunia. selain menjadi tempat tinggal sultan dan keluarganya, istana juga merupakan lokasi senior goverment of office termasuk kantor perdana menteri brunei. tak hanya dilengkapi helipad, banquet hall di istana mampu menjamu hingga 5000 orang tamu dengan mesjid bisa mengakomodasi hingga 1500 orang


@tmski



Frank Rollitz


Baca juga, Rumah Bagai Istana Versi Modern Ini, Ada di Bandung!


5. Dipenuhi Hal Favorit Sultan

Berangkat dari kegemaran Sultan akan mobil-mobil unik, istana memiliki underground garage yang bisa menyimpan hingga 110 unit mobil. Begitu pula untuk kuda, terdapat fasilitas stable yang dilengkapi air conditioner yang dapat menampung sekitar 200 ekor kuda.


Foto teaser: @tmski