Memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia desain, Gerard Tambunan seorang arsitektur dan Principal GeTs Architects memiliki pandangan terhadap karya yang menjadi wadah membangun sebuah keharmonisan antara penggunanya sendiri, serta antara pengguna dengan lingkungan fisiknya.




GeTs Architects telah menghasilkan beragam karya, salah satunya The Gritted Grid sebuah hunian nyaman yang terletak di sekitar Tebet, Jakarta Selatan.




Sesuai dengan namanya, karya ini memainkan bentuk grid pada fasad yang mendominasi tampilan luarnya yang menjadi daya tarik karya ini.

Karya ini berhasil memantik ketertarikan dan meraih juara pertama kategori Finished Project Architectur diajang kompetisi tahunan oleh Daikin Proshop Designer Awards 2023, reward yang diperoleh berupa piagam, uang pernghargaan sebesar Rp40.000.000.00, serta reward yang lainnya. Diumumkan saat malam penganugerahan di Hotel The West In Jakarta Java Ballroom, pada akhir bulan November 2023 lalu.




Pada karyanya ini GeTs Architects menampilkan sebuah karya perumahan nyaman yang menjawab kebutuhan sekeluarga di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Tidak hanya memberikan tampilan yang menarik dan unik. Fasad pada bangunan ini mengedepankan fungsional, sebagai penyaring teriknya sinar matahari sekaligus sebagai udara yang memberi kenyamanan bagi penghuninya.




Menjadi hal yang unik, tampilan fasad dapat terlihat seperti pembingkaian pepohonan bagi kedua taman yang berada di area bangunan jika dilihat dari dalam ruangan.

Tidak hanya memperhatikan luar ruangan saja yang mendapatkan tatanan udara yang baik, The Gritted Grid mewakili sebuah perumahan yang seimbang. Mengingat rumah ini melahirkan tiga generasi dengan kebiasaan dan kebutuhan aktivitas yang berbeda.






Memperhatikan sistem pengudaraan dengan penuh perhatian, GeTs Architects menggunakan AC Daikin sistem Multi NX dengan tipe Ceilling mounted Duct, tipe ini dipasang di langit-langit dengan saluran udara berbentuk trox yang disesuaikan dengan pola-pola plafon.




Mempertimbangkan penggunaan sistem pengudaraan yang baik, GeTs Architects berhasil menciptakan ruang yang bersih dengan keunikan AC memungkinkan penggunaan satu unit outdoor tersambung dengan beberapa unit indoor. Serta terkamuflase membuat keseluruhannya menjadi satu kesatuan desain yang baik.




“Sinergi antara DAIKIN PROSHOP dan tim arsitek inilah yang mendukung penciptaan bangunan yang sesuai dengan gagasan arsitektur awal dan fungsional berpadu antara keseluruhan desain dan solusi tata udara di dalamnya,” ujar Gerard Tambunan.




Biro yang telah berdiri sejak 2017 ini memiliki beragam proyek di dalamnya mulai perumahan, perkantoran, perhotelan, bangunan komersial, pendidikan hingga berbagai proyek besar yang berhasil direalisasikan dengan sempurna.


Sumber Foto: Arsitek GeTs
Teks oleh: Asnaura