Desain furniture kini kian beragam dengan memadukan berbagai kreativitas dan keunikan dalam proses pembuatannya. Salah satunya adalah desain kursi dari kayu palet yang menghasilkan furnitur cantik sekaligus ramah lingkungan.

Kayu palet adalah platform kayu yang biasanya digunakan untuk menumpuk barang dengan dua ujung terbuka yang memungkinkan forklift mengangkat atau memindahkan tumpukan barang-barang dengan mudah. Selain itu, kayu palet juga sering digunakan sebagai bahan dasar furnitur rumah. Salah satunya kursi dari kayu palet. 

Kreasi kursi dari kayu palet bukanlah sesuatu yang baru. Produk daur ulang ini ternyata cukup diminati untuk interior rumah, restoran, café, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa desain kreatif kursi dari kayu palet. 


1. Kursi Santai


Photo: davidgaynordesign.com


Kayu palet dapat dibuat menjadi kursi santai tanpa lengan. Kayu palet dipasang vertikal untuk membuat sandaran. Sementara kayu palet yang dipasang horizontal untuk membuat alas duduk yang nyaman. Perpaduan pemasangan kayu palet secara vertikal dan horizontal ini juga menambah kesan unik pada desain kursi dari kayu palet ini. Model kursi santai seperti ini sangat cocok diletakkan di taman atau halaman belakang rumah. 


2. Sofa


Photo: urbanoutfitters.com


Desain sederhana tetapi lebih elegan dengan penambahan sofa empuk pada bagian dudukan kursi. Sofa berwarna biru navy yang berpadu dengan palet kayu yang dibiarkan dengan warna aslinya. 

Kursi yang terbuat dari kayu palet ini memiliki bagian kaki kursi yang tidak terlalu tinggi. Bisa dipasangkan juga dengan meja dengan ketinggian yang sama.


3. Couch L-Shaped


 Photo: Caitlin McGrath / hunker.com


Kursi couch L-shaped dari kayu palet ini bisa menghadirkan kesan rustic ke dalam area bersantai Anda, baik itu di dalam ataupun di luar ruangan. Gunakan dua papan kayu palet yang ditumpuk dan disatukan dengan sekrup, lalu beri alas duduk yang empuk. Tambahkan bantal cushion supaya sandaran duduk lebih nyaman. 


4. Kursi Kotak


Photo: decorpad.com


Kursi ini dibuat dengan desain seperti biasa dengan tempat sandaran tangan dan punggung. Namun, pada bagian bawah tidak menggunakan kaki kursi yang ramping, melainkan ditutup sepenuhnya dengan papan kayu palet.

Papan kayu palet yang saling mengunci ini membuat kursi terlihat cukup besar dan berat. Pemasangan kayu palet juga dibuat merapat sehingga tidak ada celah-celah pada kursi.




5. Kursi dengan Sandaran Kaki


Photo: target.com


Model kursi dari kayu palet dengan sandaran kaki seperti ini cocok diletakkan di taman atau halaman belakang rumah, yang bisa Anda gunakan untuk bersantai. Desain kursi dan sandaran kaki ini benar-benar memiliki gaya modern dan kontemporer yang sangat sophisticated. 


6. Kursi dengan Kotak Penyimpanan


Photo: Wayfair


Didesain dengan sangat menarik, kursi dari kayu palet ini memiliki fungsi ganda, yakni sebagai tempat duduk sekaligus tempat penyimpanan ekstra. Pada bagian bawah kursi, terdapat 1 drawer besar untuk menyimpan barang-barang berukuran sedang. Misalnya, untuk menyimpan koleksi buku-buku. 


7. Kursi Bar


Photo & Design: Mauricio Arruda Design / mauricioarruda.net

Kayu palet juga bisa dibuat menjadi kursi bar yang unik dan menawan. Kayu palet disusun secara horizontal dan disatukan pada rangka kayu palet yang disusun secara vertikal. Pada bagian bawah kursi sediakan tempat untuk pijakan kaki. 


Itulah beberapa desain kursi dari kayu palet yang menarik untuk furnitur rumah. Kayu palet yang tersedia dalam berbagai jenis kayu dan ukuran yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan pembuatan furnitur kayu palet.




Penulis: Calvin