Tanpa disadari, hari demi hari, barang-barang yang kita miliki bisa semakin bertambah banyak. Terlepas dari itu, menyimpan banyak barang di kamar tidur secara acak dan sembarangan bisa membuat Anda sulit mencari barang-barang tertentu saat diperlukan, dan tentunya terasa sangat tidak nyaman. Kamar tidur yang tertata dengan baik dan rapi adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda merasa lebih relax di malam hari. 

Maka dari itu, CASA akan membagikan beberapa cara menata kamar tidur yang banyak barang agar kamar terasa lebih lega dan rapi. 


1. Memahami ruang yang tersedia


photo: @mariowibowo_ @danieljiangg / design: @designbygoya


sebelum anda memulai menata kamar tidur yang banyak barang, menurut meredith goforth, professional organizer, menyarankan untuk meluangkan waktu sejenak untuk membayangkan dan memahami space yang tersedia dan mempertimbangkan apa yang anda inginkan. dengan begitu, anda bisa menentukan cara paling efektif untuk menata kamar tidur yang banyak barang. serta, memahami fungsi dari kamar tidur itu sendiri. 


2. mengeluarkan barang-barang yang tidak dibutuhkan di kamar tidur


photo by deconovo on unsplash


seringkali, kamar tidur menjadi ruang serbaguna, yang tidak hanya digunakan untuk beristirahat tetapi juga bekerja dan berolahraga. itu sangat berlawanan dengan tujuan menata ulang kamar tidur untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan tenang untuk beristirahat di malam hari. 

setelah mengetahui fungsi utama dari kamar tidur, selanjutnya anda bisa mengeluarkan semua barang-barang yang tidak dibutuhkan di kamar tidur. 

anda bisa menggunakan ruangan tidak terpakai atau space lainnya di dalam rumah sebagai area olahraga dan bekerja. gunakanlah kamar tidur hanya untuk beristirahat dan bersantai. 


3. pisahkan barang-barang untuk disimpan, didonasikan, atau dibuang


photo by rdne stock project on pexels


setelah mengeluarkan barang-barang yang tidak diperlukan di kamar tidur, cara menata kamar tidur yang banyak barang selanjutnya adalah memisahkan barang-barang tersebut ke dalam tiga kategori: disimpan, didonasikan, atau dibuang. 

untuk menentukan barang apa saja yang bisa disimpan, didonasikan, atau dibuang, amanda wiss, home organizer, menyarankan anda untuk tidak terlalu terburu-buru. “ini adalah langkah yang sangat pribadi. apa yang terasa sentimental dan spesial bagi satu orang bisa terasa seperti sampah bagi orang lain,” kata wiss. 

oleh karena itu, pikirkan baik-baik mengenai fungsi dan nilai setiap barang untuk diri anda. jika anda merasa menginginkan, mempunyai nilai, dan membutuhkan barang tersebut, jangan merasa tertekan atau bersalah untuk menyimpannya. namun, untuk barang-barang yang mungkin sudah tidak anda butuhkan, baik itu untuk saat ini ataupun di kemudian hari, anda bisa mendonasikannya. dan, untuk barang-barang yang sudah tidak bisa dipergunakan, anda bisa membuangnya. 

wiss menambahkan, “anda bisa memeriksa dua atau tiga kali setiap tumpukan barang berdasarkan kategorinya, untuk benar-benar menyakinkan anda.”


4. gunakan storage dan furnitur multifungsi


photo by next.co.uk


setelah anda selesai memisahkan barang-barang yang benar-benar ingin anda simpan, sekarang saatnya menata barang-barang tersebut agar terlihat lebih rapi. pilih dan gunakan furnitur yang memiliki banyak tempat penyimpanan atau gunakan organizer box untuk menyimpan barang-barang yang anda keep. saat ini sudah banyak pilihan furnitur multifungsi, yang tidak hanya bisa digunakan sebagaimana mestinya tetapi juga bisa digunakan sebagai storage tambahan. 



anda bisa menyimpan barang-barang di dalam kotak atau tempat penyimpanan, kecuali beberapa barang yang bisa berfungsi sebagai dekorasi, untuk membuat kamar tidur terasa lebih lega dan rapi. 


5. tata kamar tidur dengan gaya minimalis


desain interior: stone & walls


berikutnya, tata kamar tidur anda dengan gaya minimalis. pilih warna-warna netral untuk kamar tidur, seperti putih, beige/krem, atau abu-abu, yang bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas. mengatur pencahayaan ruangan yang baik juga bisa membantu membuat kamar kecil terlihat lebih luas dan minimalis. jika diperlukan, anda juga bisa mengefisiensikan penggunaan ruangan dengan tambahan mezzanine. 


6. buat lantai kamar tidur selalu dalam kondisi bersih


photo: hiroyuki oki / arsitek: troung an architecture


cara menata kamar tidur yang banyak barang lainnya dan sering kali diabaikan, yakni membuat lantai kamar tidur selalu dalam kondisi bersih. tentunya kamar tidur terlihat lebih rapi jika lantai tidak dipenuhi dengan tumpukan pakaian, sepatu, dan barang-barang lainnya. sebagai gantinya, anda bisa menggunakan rak sepatu ataupun gantungan baju, agar sepatu dan baju tidak berserakan di lantai. 


7. membersihkan dan merapikan kamar tidur secara rutin


Photo by Chesley McCarty on Unsplash


Setelah menata ulang kamar tidur, hal penting lainnya yang sebaiknya tidak Anda lupakan yakni membersihkan dan merapikan kamar tidur secara rutin. Biasakan selalu merapikan tempat tidur di pagi hari, menaruh pakaian kotor pada tempatnya, membiarkan cahaya dan udara masuk, serta membersihkan kamar tidur setidaknya satu hari sekali. 


Itulah beberapa cara menata kamar tidur yang banyak barang yang bisa Anda lakukan, agar kamar terasa lebih lega dan rapi. 




Penulis: Calvin