Desain rumah tradisional Jawa tidak selalu identik dengan rumah tua yang kuno dan ketinggalan jaman. Faktanya, Anda bisa memadukan desain rumah tradisional Jawa dengan gaya rumah modern, atau sering disebut dengan rumah Jawa modern. Desain rumah seperti ini menampilkan hunian yang nyaman, hangat, klasik dengan sentuhan gaya modern. 

Bagi Anda yang sedang mencari konsep desain rumah klasik-modern, berikut ini beberapa inspirasi desain rumah Jawa modern. 


1. Rumah Jawa Modern Limasan 


Photo: Seafront Villa / airbnb.com


Disebut rumah Jawa modern limasan karena memiliki bentuk atap limas. Desain rumah seperti ini sangat cocok untuk rumah satu lantai yang cukup luas. Anda bisa menambahkan model pintu gebyok berwarna cokelat tua untuk menguatkan kesan klasik pada hunian. Sementara itu, untuk menghadirkan kesan modern, Anda bisa memadukan dengan model jendela minimalis dan furniture modern di dalamnya. Supaya semakin terlihat segar dan lebih hidup, Anda juga bisa menambahkan tanaman-tanaman hijau di taman depan rumah. 


2. Rumah Jawa Modern Minimalis


Photo: Mansyur Hasan (@mansyurhasan @mansyurhasan_photography) / Arsitek: Andyrahman Architect (@andyrahman.architect)


Anda bisa menghadirkan kesan klasik Jawa pada hunian bergaya modern minimalis dengan penggunaan pintu gebyok berwarna cokelat tua. Warna pintu berpadu serasi dengan penggunaan bata pada bagian fasad rumah. Taman depan rumah memberi kesan asri, yang seringkali ditonjolkan dalam rumah tradisional Jawa. 


3. Rumah Jawa Modern dengan Ornamen Ukiran 


Photo & Design: Sigiarchitect / sigiarchitect.com


Penggunaan ornamen ukiran kayu khas Jawa juga bisa Anda pilih untuk menghadirkan kesan tradisional pada rumah modern Anda. Ornamen ukiran kayu khas Jawa ini bisa Anda pasang pada bagian eksterior rumah. Ditambah penggunaan banyak material kayu, seperti pada pintu, railing balkon, jendela, dan pagar rumah, yang semakin menguatkan kesan tradisional Jawa. 


4. Rumah Jawa Modern dengan Banyak Bukaan


Photo: homemydesign.com




Selain asri, rumah Jawa modern juga terkenal memiliki banyak bukaan. Ini dimaksudkan agar sirkulasi udara dan pencahayaan alami dapat masuk ke dalam rumah secara maksimal.

Pada rumah Jawa tradisional juga seringkali memiliki ornamen ukiran khas di bagian atap rumah yang dibiarkan terbuka tanpa plafon—memperlihatkan rangka rumah—dengan empat pilar besar sebagai penyangga utama. Untuk menghadirkan kesan modern ke dalam hunian, Anda bisa memadukan struktur bangunan yang sudah kental dengan nuansa tradisional Jawa dengan furnitur-furnitur modern yang lebih berwarna. Serta, padukan juga dengan material rumah lainnya yang identik dengan kesan modern, seperti batu marmer. 



Itulah beberapa inspirasi desain rumah Jawa modern yang bisa Anda adopsi ke dalam hunian Anda. Tidak melulu kuno dan ketinggalan jaman, Anda bisa mengombinasikan dengan elemen-elemen rumah modern agar lebih terasa modern dan unik. 





Penulis: Calvin