Keberadaan tanaman hias indoor bisa menjadi cara paling mudah untuk menambah sentuhan segar dan natural ke dalam rumah Anda. Akan tetapi, menemukan tanaman hias yang tepat untuk diletakkan di dalam ruangan bisa menjadi hal yang sulit. Bagaimana tidak, beberapa tanaman hias tidak dapat hidup atau tumbuh subur di dalam ruangan karena membutuhkan banyak sinar matahari. 

Tapi untungnya, ada beberapa jenis tanaman hias yang dapat hidup di kondisi pencahayaan minim dan tanpa sinar matahari langsung, seperti di dalam ruangan. 

Berikut ini sepuluh tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari yang bisa Anda letakkan di dalam rumah. 




1. Snake Plant


madalyn cox / unsplash


snake plant, atau disebut juga dengan tanaman lidah mertua, adalah tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari yang bisa anda letakkan di dalam ruangan. tanaman hias indoor ini terkenal tangguh dan memiliki perawatan rendah, serta mampu menyaring dan menyerap racun di udara. tanaman lidah mertua dapat tumbuh dengan baik di kondisi cahaya redup dan tanpa sinar matahari langsung. 

lidah buaya memiliki kombinasi warna hijau dan putih dengan garis kuning di sepanjang daunnya, membuatnya terlihat mencolok dan kontras untuk ruangan manapun di dalam rumah anda. 


2. zz plant


feey / unsplash


zz plant adalah tanaman hias yang memiliki tampilan indah dengan daunnya yang berwarna hijau tua mengkilap. tanaman hias ini dikenal mampu tumbuh subur di kondisi minim cahaya dan lingkungan yang kering, menjadikannya pilihan tanaman hias yang ideal untuk diletakkan di dalam ruangan. zz plant ini juga termasuk tanaman hias yang ramah untuk pemula, atau anda yang mungkin memiliki kesibukan tinggi dan sesekali lupa untuk melakukan penyiraman rutin. 

namun perlu diperhatikan bahwa zz plant beracun bagi manusia dan hewan peliharaan. jadi, letakkan tanaman hias ini di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak atau hewan peliharaan di rumah. 


3. pothos


kevin lessy / unsplash


pothos, yang juga dikenal sebagai devil’s ivy, termasuk tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari yang bisa anda letakkan di dalam rumah. ini juga termasuk tanaman hias yang paling mudah dirawat, karena mampu tumbuh subur di kondisi cahaya redup dan lembap. 

daunnya berbentuk hati yang tumbuh menjuntai ke bawah yang panjangnya bisa mencapai 60 sentimeter. pothos adalah pilihan tanaman hias indoor gantung yang tepat untuk menambah sentuhan hijau di rumah anda. serta, dapat membantu menghilangkan polutan di udara dan bau tak sedap. 


4. peace lily


daria ivanenko / pexels


jika anda mencari tanaman hias indoor berbunga yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari, maka peace lily bisa menjadi pilihan yang tepat! peace lily dapat tumbuh subur dalam kondisi cahaya sedang hingga agak redup. 

tanaman hias ini memiliki bunga indah berwarna putih dan daunnya yang berwarna hijau mengkilap. tanaman hias ini tidak hanya bisa menambah keindahan dan sentuhan alam ke dalam ruangan manapun, tetapi juga bisa membantu kualitas udara dalam ruangan. peace lily termasuk tanaman hias yang relatif mudah dirawat, meskipun perlu disiram secara teratur agar daunnya tidak layu dan mati. 


5. philodendron


aleksander duma?a / pexels


philodendron adalah pilihan tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari lainnya yang bisa anda letakkan di dalam rumah. tanaman hias ini termasuk tanaman yang tidak memerlukan perawatan ekstra dan dapat tumbuh dengan baik meskipun dalam kondisi pencahayaan rendah, dan cukup toleran terhadap kekeringan. 



memiliki beragam jenis, philodendron dapat menjadi aksen dekoratif sekaligus memberi sentuhan segar dan alami ke dalam rumah anda. sebagai referensi, anda bisa memilih philodendron heartleaf yang memiliki bentuk daun hati berwarna hijau. 


6. cast-iron plant


easyplant.com 


aspidistra elatior, atau yang lebih dikenal dengan cast-iron plant, adalah tanaman hias kuat dan memiliki perawatan rendah yang dapat menoleransi berbagai kondisi, termasuk pencahayaan rendah. daunnya yang lebar berwarna hijau tua dapat menambah nuansa tropis ke dalam rumah anda. 


7. spider plant


36vine.com


spider plant termasuk tanaman hias merambat yang dapat tumbuh subur di kondisi pencahayaan rendah, yang memiliki tampilan daun yang sangat menarik. spider plant memiliki daun panjang dan batang melengkung dengan kombinasi warna hijau dan putih, yang akan menambah keindahan dan sentuhan alam ke dalam ruangan manapun di rumah anda. spider plant juga termasuk tanaman yang dapat membantu menyaring racun di udara. karena termasuk tanaman hias merambat, anda mungkin perlu untuk melakukan pemangkasan rutin untuk mempertahankan tampilannya dan menjaga pertumbuhannya. 


8. prayer plant


beardsanddaisies.co.uk 


prayer plant, atau lebih dikenal sebagai tanaman doa, adalah tanaman hias tropis yang justru membutuhkan sedikit cahaya untuk tumbuh subur—tetapi sangat membutuhkan kelembapan dan kehangatan yang baik. anda bisa meletakkan tanaman hias ini di dekat jendela. sirami satu sampai dua minggu sekali untuk menjaga pertumbuhannya, dan biarkan tanah mengering diantara penyiraman. 

uniknya dari tanaman hias ini yaitu akan membuka daunnya pada malam hari dan menutupnya pada siang hari, karena adanya perubahan tekanan air di sepanjang tangkai daunnya yang mengikuti pergerakan matahari untuk memaksimalkan penyerapan cahaya. tanaman doa memiliki daun lebar berwarna hijau dengan corak garis-garis berwarna merah muda atau putih, yang membuatnya terlihat sangat indah untuk sudut ruangan di rumah anda. 


9. chinese evergreen (aglaonema)


chinese evergreen, atau juga dikenal sebagai aglaonema atau tanaman sri rejeki, adalah tanaman hias yang terkenal mampu beradaptasi di kondisi cahaya redup dengan sirkulasi udara yang baik. tanaman hias ini memiliki banyak jenis warna dan pola yang beragam, menambah daya tarik visual ke dalam ruangan. umumnya, aglaonema memiliki bentuk daun elips berwarna hijau dengan pola daun yang beragam, seperti perpaduan warna hijau, putih, dan pink. pastikan anda melakukan penyiraman secara rutin setidaknya satu minggu sekali. 


10. dracaena


feey / Unsplash


Dracaena adalah tanaman hias yang terkenal mampu beradaptasi dengan baik di kondisi cahaya yang sedang hingga redup. Dua varietas Dracena seperti Dracaena Janet Craig atau Dracaena Surculosa sangat cocok untuk lingkungan dalam ruangan dengan sinar matahari minimal.

Tanaman hias ini tumbuh dengan daun lebat berwarna perpaduan hijau, yang bisa menambah sentuhan alami ke dalam rumah Anda. Dracena relatif membutuhkan perawatan yang rendah, dan termasuk tanaman pemurni udara terbaik untuk menyaring racun di rumah Anda.



Itulah 10 tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari yang bisa Anda letakkan di dalam rumah. Bahkan, beberapa di antara tanaman hias dalam ruangan di atas termasuk tanaman pemurni udara terbaik untuk membantu menghilangkan racun udara, sehingga udara di dalam rumah terasa lebih segar, sehat, dan bersih. 

Baik itu Anda pemula atau sudah ahli merawat tanaman hias, kehadiran tanaman-tanaman hias indoor yang kuat ini dapat menambah sentuhan alami ke dalam rumah Anda, meskipun dengan pencahayaan dalam ruangan yang minim.