Saat memiliki waktu luang memang paling pas untuk memanfaatkannya dengan menonton film. Seperti yang diketahui, ada banyak sekali tema film yang bisa Anda tonton. Salah satunya yaitu tema film tentang arsitek. Di samping alur ceritanya yang menarik dan tak jarang memiliki pesan positif, film tentang arsitek seperti ini juga biasanya menampilkan visual karya desain dan arsitektur yang menawan. 

Berikut ini 10 rekomendasi film tentang arsitek yang wajib Anda tonton. Simak!




1. Rem Koolhaas: A Kind of Architect (2008)


imdb


“rem koolhaas: a kind of architect” merupakan film dokumenter biografi yang dirilis tahun 2008. film ini menceritakan seorang arsitek sekaligus penulis dan jurnalis bernama rem koolhaas. ia adalah salah satu tokoh populer yang sangat berpengaruh di dunia arsitektur. 

cerita dalam film ini membedah tentang sepak terjang koolhaas yang luar biasa, dengan karya-karya arsiteknya yang fantastis. dari film ini, anda akan dibawa melihat dari sudut pandang baru mengenai ide visioner dari desain arsitektur yang tentunya bikin terpukau.


2. visual acoustic (2008)


imdb


julius shulman, fotografer arsitek terkenal yang berhasil membawa arsitektur gaya modern ke hadapan amerika, menjadi salah satu panutan bagi para arsitektur dunia di era modern.

bahkan biografinya dikisahkan dalam sebuah film berjudul “visual acoustic” yang menampilkan banyak karyanya dalam bidang fotografi, khususnya tentang evolusi arsitektur modern dunia.

film ini akan membuat anda terpesona oleh karya-karya fotografi julius shulman, yang ternyata memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan arsitektur saat ini. apalagi ia sudah berkarya dan terlibat dalam berbagai perkembangan dunia arsitek sejak 1980 hingga akhirnya meninggal tahun 2009.


3. the grand budhapest hotel (2014)



meskipun “the grand budapest hotel” bukanlah sebuah film tentang arsitek, tetapi film ini menampilkan visual dari the grand budapest hotel yang merupakan hotel terkenal di era 30-an dengan sangat apik. film ini disutradarai oleh wes anderson, dengan teknik pengambilan gambar dan color grading yang khas. film ini berfokus pada seorang staf hotel bernama gustave h yang menjadi tersangka pembunuhan seorang tamu hotel. 


4. midnight in paris (2011)



film “midnight in paris” merupakan film bergenre fantasi yang berlatar kota paris yang sangat indah. kisah dalam film ini didominasi dengan cerita cinta antara gill (owen wilson) dan inez (rachel mcadams) yang tengah berlibur ke kota paris. namun, keindahan arsitektur kota paris dalam film ini benar-benar tervisualkan dengan sangat baik. 


5. how much does your building weight, mr. foster? (2010)


imdb


berkat karya-karya arsitekturnya yang ikonik dan fenomenal, cerita dan perjalanan karir seorang norman foster diangkat ke dalam sebuah film dokumenter berjudul “how much does your building weight, mr. foster?” yang dirilis tahun 2010. norman foster merupakan seorang arsitek ternama yang memiliki banyak karya-karya luar biasa, diantaranya adalah millau viaduct dan beijing airport.

saat menonton film ini, anda akan dibuat kagum karena dapat lebih mengeksplorasi sudut pandang pada sebuah desain arsitektur. norman, dalam ceritanya, memiliki misi meningkatkan kehidupan lewat karyanya yang dapat menginspirasi banyak orang. 


6. the infinite happiness (2015)





“the infinite happiness” merupakan sebuah film dokumenter yang menampilkan kehidupan 8 rumah selama 1 bulan di sebuah bangunan ‘infinite’ karya arsitek jerman terkenal bernama bjarke ingless. 


7. citizen architect: samuel mockbee and the spirit of the rural studio (2010)


imdb


“citizen architect: samuel mockbee and the spirit of the rural studio” merupakan film tentang arsitek yang berfokus pada kisah profesor dan arsitek terkenal bernama samuel mockbee, dan program desain & arsitektur yang didirikannya, rural studio. samuel mockbee sangat populer dengan konsepnya yaitu "everyone deserve a refugee for the soul".

mockbee berhasil memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk lebih bertanggung jawab terhadap profesi arsitek mereka. dapat melihat bagaimana mockbee menjadi inspirasi bagi kelompok komunitas pinggiran di wilayah miskin di amerika.


8. archiculture (2013)



archiculture merupakan film tentang arsitek berdurasi pendek, hanya 25 menit, yang menampilan gambaran tentang dunia pendidikan arsitektur berbasis studio, dengan sudut pandang sekelompok mahasiswa yang sedang menyelesaikan proyek akhir mereka. anda juga bisa melihat kegagalan yang dialami para mahasiswa arsitektur dalam menyelesaikan proyek akhir mereka. 

film ini juga menampilkan wawancara dengan para profesional, dosen, dan sejarawan, tentang pandangannya terhadap arsitektur dan metodologi pembelajaraan di dunia arsitektur untuk menciptakan arsitek-arsitek berbakat di masa depan. 


9. her (2013)


imdb


secara umum, film “her” yang dirilis tahun 2013 ini lebih berfokus pada kisah cinta dari hubungan yang rumit antara twombly dan samantha. namun, film ini bisa memberikan inspirasi tentang desain arsitektur. film ini banyak menampilkan teknologi terbaru dan latar belakang kota yang sangat keren dengan bangunan-bangunan yang sangat futuristik (terutama pada saat itu). 


10. the competition (2013)


IMDb


Satu lagi film tentang arsitek yang bisa Anda tonton, yaitu film The Competition yang dirilis tahun 2013. Sesuai judulnya, ini adalah film dokumenter yang menceritakan tentang bagaimana beberapa arsitek terbaik di dunia, seperti Jean Nouvel, Frank Gehry, Dominique Perrault, Zaha Hadid dan Norman Foster, berjuang, bekerja keras, menyusun strategi, dan membuat proposal desain arsitektur terbaik mereka untuk memenangkan persaingan dalam desain Museum Nasional Seni Andorra. 


Itulah beberapa film tentang arsitek yang bisa Anda tonton di waktu luang, yang sekaligus bisa memberikan Anda inspirasi tentang desain arsitektur. 




(Teks: Calvin)