Anda mungkin sering mendengar istilah ‘room service’ saat menginap di hotel. Tetapi, apa itu room service? Sebenarnya, room service merupakan pelayanan yang disediakan oleh hotel, yang bertujuan untuk memudahkan dan memanjakan Anda saat menginap. 

Berikut ini, CASA telah merangkum semua yang perlu Anda ketahui tentang room service. Simak!

Room Service Menjadi Salah Satu Tolok Ukur Penilaian Hotel


andrea piacquadio / pexels

tidak hanya hotel saja, tetapi beberapa akomodasi lainnya seperti resort atau villa juga biasanya mempunyai layanan room service, hanya saja nama istilahnya yang berbeda yaitu ‘in room dining’. 



baik itu room service ataupun in room dining, keduanya sama-sama merupakan salah satu tolak ukur penilaian hotel atau akomodasi lainnya. jadi, semakin baik dan memuaskannya room service yang diberikan pihak hotel, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan konsumen. sebaliknya, semakin buruk dan kurang memuaskannya room service yang diberikan pihak hotel, maka tingkat kepuasan konsumen pun akan semakin rendah. 

kualitas room service mungkin akan sebanding dengan jenis hotelnya. misalnya, hotel bintang 5 pasti memiliki layanan room service yang sangat baik dan memuaskan, dibandingkan dengan layanan room service di hotel bintang 1 atau 2. 

apa tujuan room service?


cottonbro studio / pexels

tujuan utama dari room service yaitu untuk membantu, memudahkan, dan memanjakan para tamu yang menginap. dengan layanan room service, anda bisa memesan dan meminta pengantaran makanan dan minuman ke kamar hotel. jadi, anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke area restoran hotel. 

di sisi lain, keberadaan layanan kamar ini menjadi sarana bagi pihak hotel untuk memperkenalkan beberapa makanan dan minuman signature hotel. serta, bisa memberikan dampak value lebih besar untuk mutu pelayanan hotel, yang diharapkan bisa memperbesar tingkat dari kepuasan para tamu yang menginap. 

tugas room service


Andrea Piacquadio / Pexels

Sederhananya, tugas room service hampir serupa dengan waiter dan/atau waitress, yaitu menawarkan minuman dan makanan untuk para tamu, mengambil pesanan, mempersiapkan menu yang sudah dipesan, menyajikan, dan mengantarkannya kepada tamu. 

Namun yang membedakannya yaitu, untuk layanan room service berlaku melalui pesanan telepon ataupun door knob menu. Nantinya, tamu hanya perlu menyebutkan pesanannya saja dan pesanan akan langsung diantar ke kamar hotel. 

Misalnya saja, Anda tidak memiliki waktu sarapan langsung di restoran hotel, maka Anda bisa meminta room service membawakan sarapan ke kamar hotel. Ini juga berlaku ketika lunch ataupun dinner.

Pertama, bisa dilakukan secara tertulis yang mana tamu memesan minuman dan makanan dengan menuliskannya di menu list yang sudah disediakan. Cara tersebut umum digunakan saat akan memesan sarapan.

Untuk door knob menu atau breakfast menu sudah disediakan pada kamar tamu, jadi tamu hanya perlu mengisinya sesuai dengan pesanan di malam harinya. Ketika selesai memesan, maka door knob menu digantungkan pada handle pintu kamar bagian luar.

Selanjutnya petugas room service mengambil menu tersebut lalu menyajikan pesanan pada esok paginya. Cara lainnya bisa secara langsung memesan lewat telepon dan pesanan diterima serta dicatat order-taker, selanjutnya diantarkan menuju ke kamar tamu sesuai dengan waktu yang diminta.

Peran Utama dari Room Service

Setelah mengetahui secara singkat apa itu room service, tentunya Anda juga perlu mengetahui apa sebenarnya peran utama dari layanan ini.



1. Layanan Kamar

Untuk tugas utamanya yakni memberikan pelayanan kamar yang mencakup di dalamnya pengiriman minuman dan makanan, serta barang lain yang sudah dipesan tamu, kemudian langsung diantarkan ke kamar tamu.

2. Privasi dan Kenyamanan

Room service ini memberikan kenyamanan untuk tamu yang sedang menginginkan minuman atau makanan tanpa perlu repot-repot untuk pergi ke restoran. Ini sangat memungkinkan para tamu menikmati privasi dan kenyamanan dengan lebih besar.

3. Mengakomodasi Tamu

Layanan kamar di hotel ini biasanya beroperasi sepanjang waktu atau 24 jam, sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan maksimal kapanpun Anda membutuhkannya. 

4. Penawaran Menu Beragam

Umumnya, hotel mempunyai menu beragam untuk disediakan kepada para tamu, termasuk juga hidangan internasional, lokal, makanan ringan, menu sarapan, dan menu lainnya. Petugas room service akan memberikan penawaran menu beragam ini kepada para tamu. 

5. Kualitas dan Presentasi

Meskipun hidangan diantarkan ke kamar hotel, itu tidak berarti kualitas dan presentasi makanan dan minuman akan berbeda dengan yang ada di restoran hotel. Hidangan yang disajikan melalui room service mempunyai kualitas dan presentasi yang serupa dengan yang ada di restoran hotel, bahkan tak jarang presentasinya bisa lebih menarik. 

6. Ketepatan Waktu

Room service perlu untuk memberikan pesanan dari para tamu secara cepat dan tepat, serta memastikan makanan dan minuman yang disajikan tetap dalam keadaan segar, hangat, dan berkualitas baik. 

Tantangan Operasional Room Service

Ada beberapa tantangan operasional room service, antara lain:

1. Konsistensi dan Kualitas

Menjaga konsistensi dan kualitas hidangan di dalam pelayanan merupakan suatu tantangan yang harus bisa diatasi, terlebih ketika pesanan banyak.

2. Ketepatan Waktu

Tantangan lainnya yakni memastikan jika seluruh pesanan disajikan secara tepat waktu dan ini akan menjadi tantangan ketika hotel tengah sibuk.

3. Ketersediaan Menu

Hotel juga perlu memastikan menu room service harus tersedia sepanjang hari serta memiliki banyak pilihan guna memenuhi selera tamu yang beragam.


Itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang room service di hotel. Kesimpulannya, room service merupakan salah satu layanan dan fasilitas yang ditawarkan pihak hotel untuk memudahkan dan memanjakan para tamu yang menginap. Walaupun mempunyai tantangan tersendiri dalam praktik operasionalnya, tetapi room service adalah elemen penting di industri perhotelan dan menawarkan pengalaman menginap di hotel yang menyenangkan dan memuaskan untuk para tamu. 



(Teks: Calvin)