Atlet dari negara tercinta kita Indonesia telah mengejutkan kita dan mengharumkan nama bangsa, serta mengirimkan banyak perwakilan dari berbagai macam cabang untuk bertanding di kompetisi olahraga dunia yaitu Olimpiade Paris 2024. Namun, apakah ada kejutan lainnya yang menunggu?





Pada tanggal 4 Juli 2024 lalu, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bersama Didit Hediprasetyo Foundation, menyelenggarakan sebuah pameran fotografi dan seni dalam rangka Reveal Jersey Merah Putih di Nusantara Garden, The Dharmawangsa Jakarta.

Jersey Merah Putih ini akan dikenakan oleh Tim Nasional Indonesia yang akan berlaga pada ajang kejuaraan olahraga dunia yaitu Olimpiade Paris 2024. 



Jersey Merah Putih ini dirancang dan dibuat oleh Didit Hediprasetyo yang merupakan desainer berbakat asal Indonesia yang terkenal di mancanegara. Seragam resmi ini dirancang dengan dominasi warna merah dan putih, lambang Garuda Pancasila yang berada di dalam perisai lingkaran berlatar belakang hitam dan ditempatkan di sisi kiri dada.

Hal menarik di balik rancangan jersey menurut Didit Hediprasetyo adalah jersey ini mencerminkan harapan serta kebanggaan, yang melambangkan keberanian dan kesucian sebagai identitas bangsa. 





setiap atlet nantinya akan mendapat 2 set seragam dan merchandise resmi yang digunakan saat acara resmi seperti press conference, pengukuhan-pelepasan, dan keberangkatan-kepulangan kontingen. atlet juga mendapat 1 set seragam yang khusus dikenakan saat penerimaan medali. selain itu, tim indonesia juga mendapatkan set seragam yang digunakan saat latihan atau di area resmi.



selain acara reveal jersey merah putih, juga diadakan pameran fotografi karya davy linggar. tidak hanya fotografi, seni yang terinspirasi dari warna bendera indonesia yaitu merah putih dibuat oleh seniman indonesia juga hadir dalam acara ini.



Sudah siapkah anda untuk melihat atlet kebangaan Indonesia mengenakan jersey merah putih terbaru bertanding di Olimpiade Paris 2024 nanti?



Foto oleh: Komite Olimpiade Indonesia
Teks oleh: Aretha Aulia Handhini