Memilih dan menata tipe lighting untuk sebuah rumah bisa menjadi hal yang cukup rumit. Seringkali ini menjadi sebuah masalah yang terlihat sepele di permukaan tetapi sebenarnya pelik untuk dipikirkan.

Maka, penting untuk mengetahui tiga tipe lighting dasar agar mempermudah Anda untuk memprioritaskan tipe yang sesuai.

Tipe lighting yang umum digunakan di dalam rumah yaitu ambient lighting, accent lighting, dan task lighting.





Desiree Burns Interior


Perlu diingat bahwa biasanya tiga tipe lighting ini sudah ada di rumah Anda. Yang menjadi pembeda adalah bagaimana Anda paham penempatan dan kegunaan nya.

Ketepatan dalam penempatan dan tipe lighting yang dipikirkan secara terencana dan strategis dapat mengubah suatu ruangan dari biasa menjadi luar biasa. 

Dari mengubah mood suatu ruangan, menaruh penekanan cahaya pada elemen tertentu, sampai menambah fungsionalitas dan estetika suatu ruangan.

Daya magis dari pancaran cahaya lighting tidak dapat ditandingi.



Desiree Burns Interior


CASA akan memberikan pemahaman serta definisi dari tiga tipe lighting, dan tentunya akan ada tips untuk Anda merencanakan tipe lighting yang sesuai dengan kebutuhan dan estetika rumah Anda.

Sudah saatnya Anda mempercantik rumah Anda dengan tiga tipe lighting ini. Simak!


1. Ambient Lighting


desiree burns interior

ambient lighting merupakan tipe general lighting. atau kata lainnya, lampu ini berperan sebagai sumber cahaya utama dalam suatu ruangan.

contoh jenis lampu yang seringkali menjadi ambient lighting adalah lampu recessed dan surface-mount

anda bisa menggabungkan dua jenis lampu ini dalam satu ruangan untuk memperkaya variasi cahaya dan mood ruangan. dengan begitu ruangan anda tidak terasa monotone.



desiree burns interior


tipe ambient lighting yang cocok untuk ruangan utama anda adalah ruang tamu, kamar tidur, lorong dan sebagainya.


2. task lighting



desiree burns interior


task lighting memiliki fungsi untuk menjadi penunjang berbagai aktifitas anda yang membutuhkan cahaya ekstra.

contohnya seperti membaca buku, belajar, memasak dan berbagai aktifitas lainnya. 

jenis lampu yang umum untuk task lighting adalah scones, pendant, dan chandelier. ketiga lampu ini tidak hanya memberikan fungsionalitas tetapi juga menambah nilai estetika tersendiri.





Lauren Taylor


Untuk suatu ruangan, tipe lighting ini memberikan sentuhan spesial di area-area tertentu. Memberikan tambahan estetika pada ruangan di rumah Anda. Bagaikan anting dalam perhiasan, kecil tetapi menawan. 

Hadirnya lighting yang menyorot suatu area spesifik sangat penting. Tetapi, patut diingat bahwa task light juga perlu diiringi dengan ambient light.

Sebaiknya Anda menghadirkan task lighting pada ruangan-ruangan seperti kamar tidur, ruang kerja, dapur, dan ruangan lain nya.

3. Accent Lighting



margaret rose


accent lighting berfungsi untuk memberikan cahaya pada area tertentu atau objek spesial yang ada di rumah anda.

contohnya untuk menonjolkan suatu karya seni atau struktur elemen tertentu. tipe lighting ini dapat membuat safe space anda memiliki hembusan nafas tersendiri.

tipe lighting satu ini seringkali tidak mendapatkan perhatian bagi para penghuni rumah. tetapi jangan salah, accent lighting memiliki peran yang cukup penting untuk estetika rumah anda serta meningkatkan nuansa cozy yang anda dambakan.



margaret rose


intensitas cahaya dari accent lighting umumnya tidak terlalu terang. karena tujuan dari accent lighting adalah untuk menyorot objek atau area dengan kesan yang tidak terlalu gamblang tetapi masih stand out.

maka, ketika ingin memilih accent lighting untuk rumah anda, sebaiknya pilih jenis lampu yang intensitas cahaya nya cukup rendah.

akan lebih baik jika anda memasang dimmer switch untuk lebih fleksibel mengatur intensitas cahaya yang anda inginkan.


tips untuk memilih lighting


desiree burns interior


tentukan area yang ingin anda jadikan pusat perhatian. anda tidak harus memilih model yang mewah dan megah untuk semua lampu di rumah anda. cukup beberapa ruangan saja untuk showcase tipe lampu anda yang paling mewah dan artful.



Margaret Rose


Contohnya, akan indah jika Anda menggunakan lampu yang elegan namun sederhana untuk bagian foyer, lalu pilih lampu yang unik untuk ruang kerja dan beberapa perhiasan tambahan untuk ruang makan Anda, sehingga akan membuat flow ruangan menjadi lebih mulus.

Itulah definisi serta tips tipe lighting yang cocok untuk rumah Anda yang bisa Anda sesuaikan sesuai fungsionalitas dan estetika nya.


Teks oleh: Nadaska Ilyasa Wibowo

Foto teaser: Desiree Burns Interior