Eksterior rumah adalah hal pertama yang dilihat orang. Dan, memutuskan warna apa yang akan digunakan untuk mengecat bagian luar rumah merupakan satu keputusan besar. Pasalnya, Anda tidak mengecat bagian luar rumah hanya untuk berhari-hari atau berminggu-minggu saja, tetapi untuk bertahun-tahun yang akan datang. Tidak ada banyak waktu (dan biaya) untuk mengganti warna eksterior rumah setiap satu tahun sekali, bukan? 


Jadi, sangat penting untuk memilih warna eksterior rumah yang bagus dan tepat yang sesuai dengan keseluruhan konsep rumah Anda. Kabar baiknya, AlaCASA punya beberapa pilihan warna eksterior rumah yang bagus yang bisa menginspirasi Anda. Simak!




1. Classic White


ka house (@kahouse_id) / arsitek: mande austriono (@mondododo @dformco) / kontraktor: amin (@aminconstruction)


warna netral seperti putih klasik adalah pilihan warna eksterior yang tidak akan pernah mengecewakan anda. putih klasik adalah warna cat rumah bagian luar yang elegan, clean, dan tidak lekang oleh waktu (timeless). warna putih klasik juga bisa membangkitkan rasa ketentraman, menjadikannya ideal untuk menciptakan lingkungan rumah yang damai dan welcoming. 


2. soft grey


photo & desainer: duy huynh (@893.studio)


soft gray adalah pilihan warna yang versatile dan sophisticated untuk eksterior rumah anda. warnanya yang subtle sangat cocok untuk semua gaya rumah apa pun, dari klasik hingga modern, dan berpadu serasi dengan warna-warna netral lainnya seperti seperti putih, hitam, cokelat, dan beige. 


3. biru


@xomrsmeasom on instagram


jika anda menginginkan tampilan pop of color pada eksterior rumah anda, coba pertimbangkan warna biru sebagai warna cat rumah bagian luar. baik itu warna biru tua yang lebih gelap atau biru muda yang lebih cerah. eksterior rumah berwarna biru akan membuat rumah anda terkesan welcoming, sejuk, dan itu benar-benar akan tampak sangat menarik. selain itu, eksterior biru menciptakan kontras yang menarik dengan tanaman hijau ataupun bunga berwarna-warni di taman depan rumah.


4. broken white


arsitek by arquinoma


warna putih tulang, atau broken white, adalah warna netral yang memiliki kesan sederhana dan minimalis. tidak seterang warna putih, warna broken white memiliki sentuhan tone yang lebih hangat. memilih warna putih tulang sebagai warna cat eksterior rumah akan membuat rumah terkesan welcoming, hangat, dan homey, terlebih bila dipadukan dengan material kayu. 


5. merah bata (brick red)


photo & arsitek: @ferdyapriady @ayyaarchitects


eksterior rumah dengan dinding kamprot yang diberi warna merah bata yang cerah dapat meningkatkan visual bagian luar rumah anda. itu memberi sentuhan pop of color yang unik dan menarik pada fasad hunian. 




6. hitam 


photo: spasial pictures (@spasialpictures) / arsitek: atelier riri (@atelier_riri)


penggunaan warna hitam sebagai warna cat rumah bagian luar sudah menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. warna hitam akan membuat rumah anda terkesan lebih dramatis, menarik, menonjol, dan terlihat lebih modern. warna ini akan berpadu sangat indah dengan tanaman hijau di sekitar rumah. 


7. merah muda (pink)


photo by celvin leowardi (@leowardistudio) / arsitek by studio arsitektropis (@arsitektropis)


anda mungkin tidak pernah terpikirkan untuk memasukan warna merah muda (pink) ke dalam daftar pilihan warna eksterior rumah yang bagus. padahal, warna pink adalah warna yang subtle dan elegan sebagai eksterior rumah, yang bisa mencerminkan karakter penghuni untuk menciptakan rumah yang menyenangkan dengan warna yang kontras dengan tetangga lainnya.


anda bisa memadukan warna pink dengan warna hitam untuk menyeimbangkan kesan vibrant dan playful yang sering dibawa oleh warna merah muda, yang menjadikannya lebih elegan dan menawan. 


8. beige


photo: mohammad ghavamedini / arsitektur: amir shahrad, sadaf qanavizbaf/ awe office (@aweoffice)


beige adalah warna light dan subtle yang dapat menambah kesan sophisticated pada eksterior rumah anda. beige termasuk warna netral yang tak lekang oleh waktu dan cukup versatile untuk dipadukan dengan warna cerah ataupun warna muted. beige merupakan pilihan warna cat rumah ideal yang bisa menghadirkan kesan rumah yang hangat, welcoming, dan homey, tanpa terkesan berlebihan pada fasad hunian. 


9. hijau


Photo by Brian Babb on Unsplash


Satu lagi warna eksterior yang bagus, yakni warna hijau. Baik itu warna hijau tua yang lebih gelap, warna hijau earthy, atau hijau muda yang lebih cerah, semuanya adalah pilihan warna eksterior rumah yang bagus dan cocok untuk semua gaya rumah. Warna hijau akan berpadu sangat indah dengan warna-warna netral, seperti putih dan abu-abu. Warna ini juga akan menyatu dengan lingkungan alam sekitarnya. 



Itulah beberapa ide warna eksterior rumah yang bagus untuk hunain Anda. Semoga menginspirasi!