Korea Selatan memiliki cukup banyak jenis kuliner yang berbahan dasar mie, salah satunya yaitu mie dingin. Sesuai namanya, mie dingin adalah hidangan mie yang disajikan dingin, yang cocok disantap saat cuaca panas karena bisa mendinginkan dan menyegarkan tubuh. 

Jika Anda ingin menyantap mie dingin, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Korea Selatan terlebih dahulu, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Ini resep mie dingin Korea buat Anda!




1. Bibim Guksu


(photo and recipe by maangchi.com)


buat anda penggemar drama korea, anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan hidangan mie dingin yang satu ini, yaitu bibim guksu. jika anda ingat, bibim guksu pernah muncul dalam drama korea “start-up” yang menjadi salah satu makanan favorit karakter han ji pyeong (kim seon ho). 

bibim guksu adalah hidangan mie dingin yang disajikan dengan sayuran segar dan saus gochujang yang pedas dan manis. ingin coba membuat bibim guksu sendiri di rumah? ikuti resepnya berikut ini:


bahan:

1 bungkus mie somyeon

100 gram kimchi

2 sdm saus gochujang

1 sdt gula halus 

1 siung bawang putih, cincang halus

1 buah mentimun berukuran kecil, potong korek api

1 sdm minyak wijen

1 sdm biji wijen yang dicincang halus

1 telur rebus, belah dua

1 lembar rumput laut kering, potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil


cara membuat: 

1. campurkan kimchi, saus gochujang, gula halus bawang putih, dan minyak wijen dalam mangkuk besar. aduk rata menggunakan sendok.

2. didihkan air dalam panci berukuran sedang dan rebus mie somyeon kering. masak sekitar tiga menit, atau sesuai petunjuk kemasan. 

3. jika mie sudah matang dan kenyal, angkat dan tiriskan mie menggunakan saringan, lalu bilas dengan air dingin yang mengalir. tiriskan kembali dan tambahkan ke dalam campuran kimchi dan saus gochujang tadi. 

4. campur semuanya dengan baik dan pindahkan ke mangkuk besar. tambahkan mentimun, telur, dan potongan rumput laut kering. taburkan sedikit biji wijen di atasnya. 

5. sekarang, bibim guksu siap dinikmati!


2. mul naengmyeon


(photo and recipe by mykoreankitchen.com)


dalam penyajiannya, mul naengmyeon menggunakan campuran kuah kaldu sapi dan es batu. itu membuat makanan mie yang satu ini memiliki rasa yang ringan, lezat, dan menyegarkan. mul naengmyeon adalah salah satu hidangan mie dingin paling populer di korea selatan selama musim panas. 

kebanyakan orang korea biasa menikmati mul naengmyeon sebagai pre-dessert dish—hidangan penutup yang disantap sebelum hidangan penutup utama— setelah menyantap korean bbq. 

ingin coba membuat mul naengmyeon sendiri di rumah? ikuti resepnya berikut ini:


bahan: 

1 bungkus mie naengmyeon 

1/2 buah pir, kupas dan buang bijinya, lalu iris tipis

daging sandung lamur secukupnya

1 sdm biji wijen

1 sdm minyak wijen

1 telur rebus, belah dua

1 buah mentimun berukuran kecil, potong korek api

sedikit acar lobak (dongchimi radish) sebagai topping

es batu secukupnya

bahan kuah mul naengmyeon:

4 gelas air 

150 gram daging sandung lamur sapi

bawang bombay berukuran sedang, kupas 

1 batang daun bawang, ambil bagian putihnya



10 lada hitam utuh

250 ml air dongchimi radish

2 sdm cuka 

1 sdm jus pir 

1,5 sdm gula halus

1/2 sdt garam halus


cara membuat: 

1. bersihkan daging sandung lamur hingga bersih tidak ada darah

2. dalam panci berukuran sedang, masukkan air, daging sandung lamur, daun bawang, dan lada hitam

3. rebus bahan-bahan tersebut hingga air mendidih. kemudian kecilkan api. masak lagi hingga daging matang dan empuk, sekitar 1 jam. saring kaldu dan dinginkan selama 30 menit.

4. dinginkan daging, kemudian iris tipis

5. dalam mangkuk terpisah, campurkan kaldu sapi dengan air dongchimi radish. tambahkan cuka, jus pir, gula, dan garam. aduk hingga rata. 

6. setelah semuanya sudah tercampur, tutup mangkuk, lalu masukkan ke dalam kulkas hingga dingin. 

7. rebus mie naengmyeon mengikuti instruksi kemasan. mie harus dimasak dengan baik dan teksturnya harus kenyal. setelah itu, tiriskan dan bilas mie di bawah air dingin yang mengalir beberapa kali untuk mendinginkannya. jika mau, anda bisa membilas mie dengan air dingin—menambahkan beberapa es batu. tiriskan kembali dan pindahkan ke dalam mangkuk saji.

8. tuang kaldu naengmyeon dingin di atas mie. taburi dengan irisan daging sapi, dongchimi radish, mentimun, irisan pir, dan telur. taburkan beberapa biji wijen diatasnya. tambahkan es batu secukupnya untuk membuat kuah mul naengmyeon semakin dingin dan segar. 

9. mul naengmyeon siap disajikan! 


3. kongguksu


(Photo and recipe by maangchi.com)

Kongguksu adalah hidangan mie dingin dengan kuah susu kedelai dingin yang sangat cocok disantap saat musim panas. Makanan mie dingin khas Korea ini memiliki cita rasa yang creamy, pedas, dan menyegarkan.

Untuk Anda yang ingin mencicipi Kongguksu dengan kuah susu kedelai ini, ikuti resepnya berikut ini: 


Bahan: 

90 gram kacang kedelai kering, cuci bersih dan rendam di air dingin semalaman

2 sdm biji wijen

1 bungkus mie somyeon

1,5 sdt garam halus

1 telur rebus, potong menjadi 8 bagian

1 buah mentimun berukuran kecil, potong korek api

1 buah tomat kecil, potong menjadi 4 bagian


Cara membuat: 

1. Setelah kacang kedelai direndam semalaman, saring kacang, lalu masukkan ke dalam panci yang sudah diisi 500 ml air. Masak selama 15 menit dengan api sedang, panci terbuka. Kemudian kecilkan api, masak lagi selama 5 menit, panci ditutup. 

2. Matikan api. Angkat dan dinginkan selama 10 menit.

3. Ambil blender, masukkan kacang kedelai yang sudah direbus dan air dari memasaknya tadi (sekitar 125 ml). Tambahkan lagi 3 gelas air dingin dan biji wijen. Blender semua bahan hingga halus dan creamy. Pindahkan susu kacang kedelai ke dalam wadah tertutup. Masukkan ke dalam kulkas seharian untuk mendinginkannya.

4. Didihkan air dalam panci besar dengan api sedang. Rebus mie somyeon mengikuti petujuk pada kemasan. 

5. Jika mie sudah matang dan kenyal, tiriskan dan bilas dengan air dingin

6. Dalam mangkuk besar, masukkan mie, lalu tambahkan susu kacang kedelai yang sudah didinginkan sebelumnya. Tambahkan sedikit garam, mentimun, telur, dan potongan tomat di atas mie. Tambahkan secukupnya untuk membuat kuah kongguksu semakin dingin dan segar. 

7. Sekarang, kongguksu sudah bisa Anda nikmati! Ini juga sangat enak dimakan bersama kimchi. 


Itulah beberapa resep mie dingin Korea yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Selamat mencoba!




Penulis: Calvin
Teaser photo by @natsukinskitchen dan @dabaecafe on Instagram