Beberapa pemilik rumah mungil sering kali merasa ragu untuk menambahkan ruang laundry minimalis. Padahal, Anda bisa memanfaatkan sisa ruang di rumah—yang tidak terlalu luas—untuk dibuat menjadi ruang laundry minimalis. Dengan penataan yang tepat, sisa ruang di rumah bisa disulap menjadi ruang laundry dan jemuran yang nyaman, tampak menarik, dan minimalis. Berikut ini beberapa ide memanfaatkan sisa ruang di rumah menjadi ruang laundry minimalis.


1. Ruang laundry di bawah tangga




arsitek: whiting architects (@whitingarchitects) / fotografer: shannon mcgrath

anda bisa memanfaatkan area bawah tangga menjadi ruangan yang bermanfaat, laundry room, misalnya. jika anda memiliki area di bawah tangga berukuran sekitar 1-2 meter persegi, cobalah memanfaatkannya sebagai ruang laundry minimalis, alih-alih hanya membiarkannya sebagai area mati (dead space). 

anda bisa meletakkan mesin cuci front load, yang jika anda mau bisa tambahkan table top di atasnya untuk untuk menyimpan barang-barang. di sudut lain, tambahkan ambalan atau rak minimalis yang dapat dipakai sebagai wadah penyimpanan sabun dan perlengkapan kecil lainnya.


2. ruang laundry bergaya semi-outdoor


interior built: worksoul.co.id (@interlook.co.id)

anda dapat membuat ruang laundry dan jemuran minimalis dengan konsep semi-outdoor, yang bisa ditempatkan di sisi belakang atau samping rumah anda. pada bagian atapnya, anda bisa menggunakan atap bening yang tetap memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah, namun tetap melindungi pakaian atau jemuran anda dari hujan. 


3. ruang laundry yang menyatu dengan kamar mandi


desain interior: balnei and colina / balneiandcolina.com.au

ide lain yang juga bisa anda lakukan yakni menyatukan ruang laundry dengan kamar mandi. pilihan seperti ini biasanya banyak dipraktikkan karena dianggap praktis dan mempermudah pengelolaan air maupun limbah cucian.

selain itu, menyatukan ruang laundry dengan kamar mandi juga dianggap lebih efisien. misalnya, saat mandi, anda bisa langsung mencuci pakaian kotor dan mengeringkannya sekaligus. 

untuk peletakan ruang laundry ini juga dibebaskan, misalnya di bagian pojok yang menghadap kloset atau bathub. kendati demikian, pastikan lantai kamar mandi dibuat dari material tahan air yang tidak terlalu licin, sehingga tidak membahayakan anda dan anggota keluarga di rumah


4. ruang laundry minimalis di teras belakang


@interlook.co.id

selain dimanfaatkan sebagai taman belakang rumah, anda juga bisa menggunakan sedikit space di teras belakang rumah untuk digunakan sebagai ruang laundry dan jemuran. untuk menyimpan dan meletakkan barang dan perlengkapan mencuci, anda bisa memasang kabinet atas dan table top dengan drawer samping. 




5. ruang laundry yang menyatu dengan dapur


sweeten project / sweeten.com

anda juga bisa memanfaatkan sisa space di dapur menjadi ruang laundry dan jemuran minimalis. pasang table top di atas mesin cuci front load yang bisa anda gunakan untuk meletakan barang-barang dan kabinet atas untuk menyimpan perlengkapan mencuci. sisakan sedikit space di bagian samping—atau area yang paling dekat dengan masukknya sinar matahari—untuk dibuat menjadi jamuran minimalis. gantungkan beberapa pakaian di jemuran minimalis tersebut setelah selesai dicuci. 


6. ruang laundry di rooftop


@interlook.co.id 

Punya area rooftop di rumah? Selain bisa dimanfaatkan sebagai area bersantai dan taman, Anda juga bisa memanfaatkan area rooftop sebagai ruang laundry dan jemuran minimalis. Supaya terhindar dari hujan, namun tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup, Anda bisa menggunakan atap bening pada bagian atapnya. 


Itulah beberapa ide memanfaatkan sisa ruang di rumah menjadi ruang laundry minimalis.





(Penulis: Calvin)