Menanam tanaman merambat cepat tumbuh di sekitar rumah memang merupakan pilihan terbaik untuk menciptakan nuansa di sekitar rumah menjadi lebih teduh dan asri. Tanaman hias merambat seperti ini juga berfungsi sebagai pembatas dan memberikan sentuhan tekstur pada sisi ruangan yang masih kosong. Beberapa tanaman merambat juga bisa ditanam di dalam ruangan untuk menambah estetika interior.

Berikut ini beberapa rekomendasi tanaman merambat yang cepat tumbuh untuk mempercantik area hijau di rumah Anda.




1. Chocolate vine


evgeniya vlasova / thespruce.com

chocolate vine merupakan tanaman hias merambat yang panjangnya bisa mencapai 6 sampai 12 meter. daunnya berwarna hijau tua mengkilap dengan bunga berwarna ungu kecokelatan, bisa menambah keindahan taman rumah anda. karena pertumbuhannya yang sangat cepat, maka anda perlu melakukan pemangkasan (pruning) secara teratur. itu juga dilakukan agar tanaman chocolate vine dapat tumbuh dengan indah. 

salah satu faktor terpenting dalam keberhasilan pembungaan tanaman chocolate vine adalah sinar matahari yang cukup. tidak cukup mendapatkan sinar matahari akan menghambat pertumbuhan bunganya. 


2. sirih gading


sandra martins / unsplash

tanaman hias sirih gading, atau yang memiliki nama ilmiah epipremnum aureum, merupakan salah satu jenis tanaman hias merambat yang bisa tumbuh dengan baik di dalam maupun luar ruangan—meskipun, seringkali ini jadi pilihan tanaman hias indoor terbaik. 

warna daunnya yang hijau cerah sedikit kekuningan memberikan sentuhan lebih hidup pada ruangan minimalis. di dalam ruangan, tanaman hias sirih gading dapat tumbuh dalam cahaya terang tetapi tidak langsung. terpapar banyak sinar matahari justru bisa menyebabkan daunnya menjadi kering.

dari segi perawatan, tanaman sirih gading terbilang mudah dirawat, sehingga bisa menjadi pilihan tanaman hias merambat yang cocok untuk pemula. jika tumbuh di tempat yang tepat maka ketinggiannya bisa mencapai 3 meter di dalam ruangan. 


3. climbing hydrangea


naturehills.com

climbing hydrangea (hydrangea anomala) merupakan salah satu jenis tanaman hydrangea yang dapat merambat dengan ketinggian mencapai 24 meter. biasanya tanaman ini merambat di pohon besar, pagar, dan dinding.

climbing hydrangea menjadi salah satu tanaman merambat populer karena memiliki bunga berwarna putih yang sangat cantik, sehingga bisa menambah daya tarik visual pada dinding atau pagar rumah yang tampak kosong. 

karena tanaman climbing hydrangea dapat tumbuh merambat hingga besar dan berat, maka penting untuk memastikan bahwa struktur bangunan tempatnya tumbuh dapat menopang berat tanaman, dan anda memangkasnya secara teratur agar tanaman hias ini dapat tumbuh merambat dengan indah. 


4. clematis


oliver ash / unsplash

clematis merupakan tanaman merambat cepat tumbuh yang cocok untuk menghias rumah anda, karena tanaman hias ini berbunga sangat cantik. secara umum, tanaman hias merambat ini menghasilkan tiga warna bunga yang semuanya sangat menawan, yaitu sparky blue, sparky purple dan sparky pink.

bagi anda para pemula yang ingin menanam tanaman hias rambat di rumah, clematis merupakan pilihan tanaman hias terbaik, karena bisa tumbuh dengan baik dengan perawatan yang mudah. meskipun begitu, anda tetap perlu memastikan tanaman hias clematis mendapatkan sinar matahari yang cukup setidaknya empat hingga enam jam per hari, menyiram tanaman secara teratur; biasanya seminggu sekali atau sesuai kebutuhan, dan melakukan pruning secara teratur untuk membantu pertumbuhannya. 


5. english ivy


geoponicsinc.com

english ivy (hedera helix) merupakan salah satu pilihan tanaman merambat yang cepat tumbuh terbaik dan paling favorit. tanaman hias english ivy memiliki karakteristik unik yakni bentuk daunnya yang mirip seperti kaki bebek, dan daunnya berwarna dominan hijau dengan tambahan warna putih di bagian sisinya. english ivy cukup rimbun untuk membuat suasana rumah anda lebih teduh dan asri—dan, pastinya cantik! selain itu, tanaman hias rambat ini juga dapat membantu membersihkan dan menyegarkan udara, sehingga membuat rumah terasa lebih sejuk. anda dapat menanam tanaman hias rambat ini di dalam maupun luar ruangan. 


6. daun dolar

tanaman daun dolar atau disebut dengan daun jawa merupakan salah satu jenis tanaman rambat dinding yang cukup populer. bentuk tanaman hias ini sangat estetik dan memiliki ciri khas tersendiri.

anda bisa menjumpainya di berbagai tempat, misalnya area perhotelan dan tempat wisata. tanaman daun jawa akan menghias dinding eksterior rumah, yang membuatnya terlihat lebih cantik. 

dari segi perawatan, tanaman hias asal afrika ini tergolong mudah karena hanya perlu menyiramnya secara rutin. jika daunnya sudah mulai panjang, maka tetap perlu memangkasnya sehingga tanaman hias ini tetap rapi. jika daunnya sudah mulai panjang, maka tetap perlu memangkasnya sehingga tanaman hias ini tetap rapi. 




7. tanaman terompet


adrienne legault / thespruce.com

sesuai namanya, tanaman terompet merupakan jenis tanaman merambat cepat tumbuh yang memiliki bunga terjumbai berbentuk terompet kecil dengan beragam warna yang sangat cantik, seperti kuning, merah-oranye, dan pink. bunganya yang berwarna cerah dapat membuat area luar rumah terlihat lebih hidup.

jika dirawat dengan baik, tanaman terompet dapat tumbuh mencapai 7 sampai 12 meter. tanaman hias rambat ini cocok ditanam di luar ruangan karena membutuhkan sinar matahari penuh, meskipun tetap bisa tumbuh di tempat yang teduh.


8. passion vine

passion vine dapat anda tanam di area teras rumah karena bisa membuat tampilan teras terkesan lebih elegan. tanaman hias ini memiliki bunga dengan kombinasi warna biru, putih, ungu, kuning, dan hitam. teras rumah merupakan tempat yang tepat untuk menanam tanaman hias ini karena tanaman ini sangat menyukai sinar matahari yang terang. 


9. sukulen tasbih


jennifer burk / unsplash

menanam sukulen tasbih di beberapa sudut rumah dapat membantu menambah daya tarik ruangan tersebut, berkat bentuknya yang unik yakni mirip seperti manik-manik yang menjuntai. bentuknya yang sangat unik dengan batang yang menjuntai ke bawah sehingga menciptakan efek air terjun. jika dirawat dengan baik maka sukulen tasbih bisa mencapai panjang 90 cm.

karena termasuk sukulen, tanaman merambat yang cepat tumbuh ini tergolong memiliki perawatan yang mudah. anda dapat menanam sukulen tasbih di ambalan dinding atau pot gantung, kemudian meletakkannya di area yang mendapatkan sinar matahari cukup. tanaman hias ini juga tidak membutuhkan penyiraman yang terlalu banyak atau sering. 

saat cuaca panas berkepanjangan tanaman ini akan tumbuh bunga yang mekar dengan bentuk seperti terompet kecil yang baunya khas seperti bau kayu manis.


10. air mata pengantin


Lorena Bôsso / Unsplash

Air mata pengantin, atau yang memiliki nama latin Antigonon, merupakan tanaman hias merambat cantik dengan warna bunga pink-keunguan. Sudah sejak zaman kolonial Belanda, Air mata pengantin menjadi pilihan tanaman hias untuk menghiasi area pekarangan rumah. Itu berkat keindahan bunganya. 

Air mata pengantin termasuk tanaman merambat yang cepat tumbuh, sehingga sehingga membutuhkan perawatan yang rutin. Jika dirawat dengan baik, tinggi tanaman Air mata pengantin bisa mencapai 6 meter. 

Anda bisa menanam tanaman Antigonon ini sebagai tanaman hias rambat di pagar, teralis, kanopi, maupun tiang. Jika Anda ingin menghias bagian dinding eksterior yang tampak kosong, tanaman hias ini adalah pilihan yang terbaik!


Itulah beberapa jenis tanaman merambat cepat tumbuh yang dapat menghias area rumah Anda, sehingga lebih indah dan teduh. Selain memiliki nilai estetika, beberapa tanaman rambat ini juga memberikan nilai fungsional, yakni juga dapat membantu membersihkan dan menyegarkan udara. 




(Penulis: Calvin)