Jogja merupakan daerah yang menjadi destinasi wisata populer bagi berbagai kalangan. Pusat kota yang menawarkan atraksi wisata tentang budaya Jawa yang masih dianut hingga saat ini. Selain itu, terdapat peninggalan candi-candi sebagai bukti kejayaan kerajaan di masa lampau, serta pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta.


CASA Indonesia telah menyiapkan daftar pantai-pantai terbaik di Jogja untuk dikunjungi. Namun, sebagai catatan, pantai di kawasan selatan Yogyakarta terkenal dengan ombaknya yang besar, maka sangat dianjurkan untuk tidak berenang meskipun di beberapa kawasan juga memiliki gelombang yang tenang.




1. Pantai Wediombo


Jika Anda gemar berselancar, Pantai Wediombo bisa jadi pilihan yang baik kala berkunjung ke Jogja. Pantai di daerah selatan ini memiliki ombak yang besar dan stabil. Namun hati-hati, karena pantai ini terbentuk dari gugusan karang, maka banyak karang-karang kecil. Selain itu, hembusan angin di sini cukup kencang namun membawa hawa sejuk, sehingga membuat betah untuk menikmati matahari terbenam.


Pantai Wediombo


2. Pantai Drini


Pantai di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta ini memiliki keunikan di antara pantai lainnya di kawasan tersebut. Orang-orang sekitar dan wisatawan menamai Pantai Drini dengan sebutan pantai dua wajah. Hal tersebut bisa dibuktikan ketika Anda berada di barat pantai, terdapat banyak kapal nelayan yang berlabuh. Di timur, pantai ini memiliki laguna kecil yang asri, dengan rumput laut yang subur.


pantai drini / @tiaraaff



9. pantai pok tunggal


nama pantai ini diambil dari satu pohon atau pokok dalam bahasa jawa yang tumbuh di pinggir pantai. jumlahnya yang hanya satu menjadikan pantai ini bernama pok tunggal. menurut warga sekitar keunikan pohon ini ternyata membawa berkah baik, oleh karena itu masyarakatnya sangat menjaga pohon ini dengan baik. 




pantai pok tunggal / @mrkb_id


10. pantai parangtritis


mendengar nama pantai parangtritis tentu tidaklah asing. terletak di kawasan bantul, usut punya usut pantai ini memiliki hubungan erat dengan gunung merapi di utara dan keraton yogyakarta yang berada di pusat kota. jika melihat pada peta, pantai ini menarik garis lurus menyentuh keraton dan merapi dari selatan ke utara.


pantai parangtritis / @fadilamichelia


11. pantai jogan


jika anda ingin melihat air terjun yang berada di bibir pantai, tentu pantai jogan merupakan destinasi yang harus dituju. air terjun setinggi 10 meter ini berasal dari perbukitan yang berada di sebelah utara pantai. hawa panas pantai akan terbayarkan dengan kesejukan dari cipratan air terjun tersebut.


Pantai Jogan / @ignoranteye


12. Pantai Wohkudu


Pantai Wohkudu yang ada di kawasan Gunungkidul ini masih bisa dibilang sebagai best kept secret. Lokasinya yang tersembunyi di antara bukit karang dan memiliki kontur tanah yang datar dan keras membuat pantai ini jadi spot favorit untuk berkemah berkat pemandangan laut biru yang luas.



Pantai Wohkudu


Foto teaser: dok. @mldyasa