Jika berbicara tentang destinasi pantai di Indonesia, rasa-rasanya Malang sangat jarang terbesit di kepala. Namun siapa sangka bahwa Malang memiliki banyak pantai indah yang patut untuk dikunjungi. CASA Indonesia telah merangkum beberapa lokasi pantai di Malang yang bisa jadi destinasi wisata Anda untuk liburan berikutnya.


1. Pantai Sipelot




Berlokasi di selatan kota Malang, nama Pantai Sipelot masih belum sering terdengar. Meskipun begitu, sarana dan prasarana seperti toilet dan lahan parkir sudah tersedia di kawasan pantai ini.


@robi.vs


Ombaknya yang cukup besar membuat pantai ini tidak aman untuk berenang, namun Anda bisa nikmati matahari terbenam, serta mengunjungi coban (air terjun) yang ada di sebelah barat pantai ini.


2. Pantai Licin


Dari keunikan namanya saja, Pantai Licin sudah mengundang penasaran. Kata “licin” diambil tidak hanya letaknya yang ada di Desa Licin, namun karena banyaknya vegetasi lumut di sekitar pantai yang membuatnya licin.





Selain itu, pasir pantai di sini berwarna hitam berkat residu dari semburan gunung Semeru yang membuatnya makin eksotis.


3. Pantai Balekambang


Pantai Balekambang yang berjarak 60 kilometer dari kota Malang ini sudah sangat terkenal. Bahkan, pantai ini disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang.



@rbrtriwantono


Sebutan itu hadir karena ada Pura Amerta Jadi di Pulau Ismoyo yang jaraknya tidak jauh dari bibir pantai. Pengunjung pun dapat memasuki kawasan pura berkat jembatan yang dibangun oleh warga setempat.


4. Pantai Ngliyep




Di Desa Kedungsalam atau tepatnya 63 kilometer dari pusat kota Malang, terdapat pantai dengan pasir putih, air laut biru kehijauan dengan ombak tinggi, serta karang-karang besar. Pantai tersebut dikenal dengan nama Ngliyep.


@didin_emelu


Untuk masuk kawasan pantai ini, pengunjung diwajibkan untuk bayar retribusi sebesar 15.000 rupiah. Di dekat pantai terdapat Gunung Kombong yang konon katanya merupakan tempat persembahan untuk Ratu Laut Selatan.



11. Pantai Kondang Buntung


Mengelilingi hutan bakau dengan mengendarai perahu kecil menjadi daya tarik dari Pantai Kondang Buntung.



Perahu tersebut akan mengitari sungai jernih yang berada di tengah-tengah kawasan hutan yang dengan harga 25.000 rupiah. Namun, jika Anda lebih memilih mengitarinya dengan berjalan kaki, tersedia jalan setapak yang layak.



12. Pantai Tiga Warna 


Sesuai dengan namanya, pantai ini memancarkan gradasi warna dari air lautnya. Warna yang bisa anda lihat adalah biru, hijau, hingga warna kemerahan pada pasirnya.



@arnikmlsr


Pantai di kawasan Malang ini juga memiliki konservasi hutan mangrove. Oleh karena itu, jika ingin mengunjunginya, Anda perlu melakukan reservasi kepada pihak terkait untuk menjaga kelestarian hutan mangrove-nya. 


Foto teaser: dok. @rbrtriwantono