Kamar tidur berukuran kecil tidak harus selalu terasa sempit dan berantakan. Dengan menerapkan tips menata kamar tidur sempit yang tepat, Anda dapat mengubah kamar tidur yang sempit menjadi lebih nyaman, rapi, dan terasa lebih luas. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi menginjak atau tersandung barang-barang yang terpakasa ada di lantai kamar tidur. 

Untuk membantu Anda memaksimalkan fungsional kamar tidur yang sempit, berikut ini beberapa tips menata kamar tidur sempit yang bisa Anda ikuti. Ini tipsnya!




1. Rencanakan tata letak dengan baik


photo by taryn elliott on pexels


sebelum memulai menata ulang kamar tidur yang sempit, anda disarankan untuk merencanakan tata letak kamar tidur dengan baik. lakukan pengukuran yang akurat untuk memahami space yang tersedia sebelum anda menata kamar tidur. dengan begitu, anda bisa memilih furnitur dengan ukuran yang tepat dan sesuai dengan ketersedian ruang di kamar tidur. sehingga nantinya, kamar tidur akan terasa lebih nyaman, rapi, dan lebih luas. 


2. pilih ukuran tempat tidur yang tepat


photo by taryn elliott on pexels


salah satu tips penting dalam menata kamar tidur yang sempit adalah memilih ukuran tempat tidur yang ideal dengan luas kamar tidur anda. untuk apartemen ukuran studio atau one bedroom, sebaiknya pilih tempat tidur ukuran full atau queen. atau, anda juga bisa memilih tempat tidur ukuran xl single yang cocok dan nyaman untuk satu orang. 


3. pilih warna-warna terang untuk dinding dan furnitur


photo by anna nekrashevich on pexels

untuk menciptakan ilusi kamar tidur yang lebih luas, anda bisa mengakalinya dengan memilih warna-warna terang untuk dinding dan furnitur. warna-warna terang seperti putih, pale gray, atau soft beige, bisa membuat kamar tidur sempit terasa lebih luas dan lapang. itu juga bisa membuat kamar tidur terasa lebih cozy dan comfort. pilih juga furnitur dengan warna serupa 

warna terang bisa membuat kamar tidur kecil terasa lebih terbuka dan lapang. warnai dinding dengan warna terang seperti putih pudar, abu-abu pucat, atau krem ??lembut, dan pilih furnitur dengan warna serupa untuk menciptakan keserasian pada kamar tidur. 


4. pilih furnitur multifungsi


photo: next.co.uk


dalam menata kamar tidur sempit, anda perlu mempertimbangkan furnitur yang digunakan di kamar tidur. ketika menghadapi keterbatasan ruang, pemilihan furnitur yang tepat adalah kuncinya. 

pilihlah furnitur multifungsi yang memiliki lebih dari satu kegunaan, seperti tempat tidur dengan lemari penyimpanan di bagian bawahnya atau tempat tidur dengan meja samping tempat tidur. atau, kamu bisa miliki keduanya; tempat tidur dengan lemari di bagian bawahnya dan meja samping tempat tidur. 

anda bisa menggunakan lemari di bagian bawah tempat tidur untuk menyimpan banyak barang, seperti pakaian atau pun sepatu. dan, meja samping tempat tidur untuk belajar atau bekerja. 


5. manfaatkan dinding dengan baik


photo by ekaterina bolovtsova on pexels




untuk memaksimalkan ruang yang tersedia di kamar tidur, anda bisa memanfaatkan dinding dengan memasang floating shelf untuk menyimpan beberapa barang (yang sekaligus bisa berfungsi sebagai dekorasi), seperti buku, koleksi benda favorit anda, dan yang lainnya. pasang floating shelf di atas tempat tidur anda atau di atas meja untuk menambah penyimpanan vertikal. 


6. pasang cermin


photo by kate trifo on pexels


tips menata kamar tidur yang sempit berikutnya yaitu dengan memasang cermin, yang bisa membuat kamar tidur kecil terasa lebih besar. ini karena cermin dapat menarik cahaya masuk ke dalam ruangan, membuat ruangan terasa lebih cerah, terang, dan terkesan luas. 

namun, pemosisian cermin di kamar tidur tetap perlu anda perhatikan. anda bisa menempatkan cermin tepat di seberang jendela, agar cermin dapat memantulkan lebih banyak cahaya ke dalam kamar tidur. 


7. jaga kamar tidur tetap rapi!


Photo by Yaroslav Shuraev on Pexels


Kamar tidur yang tertata dengan rapi akan terasa lebih luas dan lapang, sekaligus membuatnya terasa lebih nyaman. Keluarkan barang-barang yang tidak dibutuhkan di dalam kamar tidur. Untuk barang-barang yang tidak Anda butuhkan namun masih dapat digunakan, bisa Anda donasikan. Dan, untuk barang-barang yang tidak Anda butuhkan namun sudah tidak dapat digunakan, bisa Anda buang. 

Setelah menata ulang kamar tidur, hal penting lainnya yang sebaiknya tidak Anda lupakan yakni membersihkan dan merapikan kamar tidur secara rutin. Biasakan selalu merapikan tempat tidur di pagi hari, menaruh pakaian kotor pada tempatnya, selalu kembalikan barang pada tempatnya setelah digunakan, dan bersihkan kamar tidur setidaknya satu hari sekali. 



Itulah beberapa tips menata kamar tidur sempit yang bisa Anda ikuti, untuk menciptakan ruangan istirahat yang lebih nyaman, rapi, dan terasa lebih luas.