Pencahayaan lemari merupakan salah satu elemen penting yang sering kali diabaikan dalam desain interior, padahal perannya sangat signifikan dalam meningkatkan fungsionalitas dan estetika sebuah ruang.


Pencahayaan yang tepat di lemari tidak hanya berfungsi untuk mencari barang dengan lebih mudah, tetapi juga dapat menonjolkan keindahan barang-barang yang tersimpan di dalamnya.




Studio McGee


Selain itu, pencahayaan yang baik di lemari dapat menciptakan suasana lebih nyaman dan elegan di ruangan. Namun, jarang ada lemari yang lengkap dengan pencahayaan.


Tidak perlu khawatir, Anda dapat mengatur pencahayaan lemari sesuai keinginan, berikut 8 tipsnya.


1. Gunakan Lampu Meja


Diana Elisabeth


Jika terdapat ruang lebih, Anda dapat meletakkan meja dan lampu di atasnya. Lampu ini akan memberikan cahaya hangat di malam hari atau dapat digunakan sebagai pengganti lampu langit-langit di pagi hari.



2. Cobalah Menggunakan Downlight


Taryn Whiteaker


Lampu berbentuk kepingan kecil ini dapat menerangi rak-rak lemari. Ukurannya yang kecil membuatnya tidak memakan banyak tempat, tetapi tetap dapat memudahkan Anda untuk melihat apa saja yang ada di setiap rak.


3. Gunakan Chandelier


Ashleynicoleinteriors 


Pencahayaan dari chandelier akan mempercantik tampilan ruang, merupakan pilihan ideal jika Anda mencari sesuatu yang tidak memakan banyak ruang, tetapi tetap bisa menghadirkan kesan elegan.


Chandelier merupakan lampu gantung dekoratif yang terbuat dari elemen, seperti kristal, kaca, atau logam. Oleh karena itu, chendelier sangat tepat untuk menambah kesan mewah dalam sebuah ruangan.


4. Manfaatkan Pencahayaan Alami


Casadidenise




Jika ruangan tempat menyimpan lemari Anda memiliki jendela seperti ini, pencahayaannya bisa dibuat lebih minimalis dengan manfaatkan cahaya matahari yang masuk ke dalam. Anda juga dapat meletakkan lampu kecil untuk memberikan penerangan pada ruangan di malam hari.


5. Sematkan LED Strip Light 


Inside_our_nightingale_home

Untuk menghadirkan tampilan modern, Anda dapat memasang lampu LED strip light di lemari. Penempatan yang tepat dapat membantu menerangi setiap sudut lemari dan fokus pada area tertentu. Lampu tersembunyi ini akan memudahkan Anda dalam pengaturan lemari.


6. Maksimalkan Lampu Dinding 


Our_dream_in_the_country


Lampu tempel dinding merupakan salah satu solusi praktis dan fleksibel untuk memberikan pencahayaan tambahan di area yang membutuhkan sorotan lebih. Lampu ini biasanya dipasang langsung pada permukaan dinding, sehingga dapat mempercantik tampilan lemari.


Baca juga: Inspirasi Model dan Desain Lemari Pakaian untuk Kamar


7. Coba Gunakan Lampu Sensor



Smartify


Lampu sensor gerak sangat berguna di berbagai ruang dan memudahkan akses tanpa tangan. Pemasangan sensor di pintu masuk atau dalam lemari dapat meningkatkan visibilitas dan kenyamanan, Anda dapat memilih lampu dengan sensitivitas yang dapat disesuaikan untuk mencegah aktivasi berlebih, terutama di area ramai. 


8. Pakai Trail Light seperti di Butik Baju



The Dedicated House


Pencahayaan dari trail lights menawarkan fleksibilitas untuk menerangi lemari secara efektif dengan lampu yang bisa diarahkan sesuai kebutuhan, seperti rak. Hadir dengan berbagai gaya dan mudah dipasang, pencahayaan ini cocok untuk meningkatkan fungsionalitas dan estetika lemari.


Teks oleh: Nisrina Zahrani