Memiliki rumah dengan desain yang menarik akan terasa percuma jika tidak dibarengi dengan menjaga kerapian di dalamnya. Sebagus apapun rumah Anda, tetap akan tampak tidak enak dipandang jika berantakan. 

Bagian teras rumah menjadi area penting yang bisa memberikan kesan pertama pada rumah Anda. Sepatu dan sandal yang berserakan di teras rumah tentunya membuat kesan pertama rumah Anda yaitu tampak berantakan. Solusi utama untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menempatkan rak sepatu di dekat pintu masuk rumah. 

Ada banyak model rak sepatu yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pribadi. Dari rak sepatu plastik, rak sepatu tertutup, hingga rak sepatu kayu minimalis. 



Rak sepatu kayu minimalis menawarkan sejumlah manfaat, terutama dalam hal penataan dan penyimpanan sepatu. Ditambah, desainnya yang minimalis membuatnya tidak membutuhkan banyak space di teras rumah Anda dan tidak memberikan kesan sempit. 

Berikut ini beberapa alasan penting mengapa perlu ada rak sepatu kayu minimalis di area pintu masuk rumah, antara lain:


1. Susunan Sepatu Lebih Rapi dan Nyaman Dipandang


Buat Anda yang memiliki banyak koleksi sepatu, menjaganya tetap rapi akan membuat sepatu lebih awet, dan tentu saja, enak dipandang. Perawatan dan penyimpanan sepatu sangatlah penting untuk diperhatikan. Asal dalam menyimpan dan merawatnya bisa mengurangi umur pakai sepatu tersebut. 

Menggunakan rak sepatu kayu minimalis yang tertutup bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga sepatu Anda lebih awet dan tidak mudah rusak. Serta, membuat koleksi sepatu Anda tampak lebih rapi dan enak dipandang. 


2. Menjaga Kebersihan Sepatu


Sesuai namanya, rak sepatu merupakan salah satu furnitur yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan maupun meletakan sepatu dan sandal agar tampak lebih rapi, tidak cepat kotor, dan tidak cepat rusak, terlebih saat Anda menggunakan rak sepatu kayu minimalis yang tertutup. 

Sepatu yang disusun dengan teratur di raknya, pastinya bisa membantu dalam menjaga keawetan dan kebersihan sepatu yang dimiliki.


3. Membuat Rumah Lebih Menarik


Tanpa mengesampingkan fungsi utamanya, saat ini sudah banyak rak sepatu kayu minimalis yang mempunyai desain menarik, yang bisa meningkatkan tampilan visual rumah Anda. Penggunaan rak sepatu bisa membantu meningkatkan nilai aksen desain menjadi unik pada rumah. Rak sepatu banyak ditemukan dengan banyak pilihan warna, model, materialnya. 

Sebagai inspirasi, Anda bisa menggunakan rak sepatu built-in yang selaras dengan desain interior rumah Anda secara keseluruhan. Ini bertujuan agar tampilan keduanya tampak harmonis dan seamless. 


4. Rak Sepatu Mampu Menghemat Banyak Tempat


Sepatu merupakan bagian dari fashion, yang berfungsi untuk menunjang penampilan seseorang. Buat fashion enthusiast, memiliki lebih dari dua pasang sepatu merupakan hal yang lumrah. Jika Anda memiliki banyak koleksi sepatu, Anda tentu membutuhkan rak sepatu kayu minimalis untuk menata dan menyimpan sepatu-sepatu milik Anda. Itu akan membuat koleksi sepatu Anda terlihat lebih rapi, tidak cepat rusak, dan lebih awet, serta membuat rumah Anda tidak tampak berantakan. 


Tips Mudah Menyimpan Sepatu

Setelah mengetahui beberapa manfaat menggunakan rak sepatu, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menyimpan sepatu dengan baik dan benar berikut ini:


1. Letakan Rak Dekat Pintu Masuk




Area paling utama yang bisa dijadikan tempat untuk menyimpan sepatu yaitu area dekat pintu masuk. Area tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengambil ataupun menemukan sepatu yang akan digunakan, serta menyimpannya kembali setelah digunakan.


2. Kelompokkan Sesuai Jenisnya


charmydecor.com


untuk memudahkan anda, kelompokkan koleksi sepatu sesuai jenisnya. misalnya, simpan koleksi high heels dan sneakers di rak sepatu kayu minimalis bagian atas, dan simpan koleksi flat shoes dan sandal di bagian bawah rak sepatu. pengelompokan semacam ini akan sangat memudahkan anda menemukan sepatu yang ingin anda gunakan. 


3. susun sepatu dengan cerdas


penyusunan sepatu juga harus dilakukan secara tepat. contohnya, anda dapat menyimpan sepatu secara berhadapan supaya lebih menghemat ruang, dibandingkan dengan menyimpannya secara berdampingan. selain itu, pastikan anda membersihkan sepatu setelah digunakan, dan sebelum disimpan di dalam rak sepatu. 


4. gunakan rak sepatu dengan dua fungsi 


charmydecor.com


supaya rak sepatu lebih fungsional, anda bisa membuat rak sepatu minimalis yang menyatu dengan bench. ini pastinya akan memudahkan anda dalam melepas ataupun menggunakan sepatu.

model rak sepatu seperti ini sangat pas jika diletakan di area depan dekat pintu utama, sehingga anda tidak perlu repot mengambil atau meletakkan sepatu dan menggunakan atau melepas sepatu di tempat terpisah. anda hanya perlu duduk di bench untuk melakukan dua hal sekaligus; melepas dan meletakkan sepatu, atau mengambil dan menggunakan sepatu. 


5. gunakan rak sepatu dengan ventilasi


hernest.com


Anda bisa menggunakan desain rak sepatu minimalis yang dilengkapi dengan fitur ventilasi yang memadai. Desain rak sepatu seperti ini bisa menjadi pilihan solusi tepat untuk mencegah sepatu berjamur dan berbau. Selain berfungsi sebagai ventilasi, ventilator pada rak sepatu ini juga menambah nilai dekoratif rak sepatu minimalis Anda. 



Itulah beberapa alasan penting mengapa perlu ada rak sepatu kayu minimalis di area pintu masuk rumah.



(Teks: Calvin)